Hj.Sitti Rohmi Djalilah Hadiri Rapim PPDI NTB. Desa Ujung Tombak Pembangunan dan Mengatasi Masalah Daerah. 

Sinar5news.com – Lombok Barat – Dr.Hj. Sitti Rohmi Djalillah, menghadiri acara Rapat Pimpinan Daerah (Rapimda) Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) yang dirangkaikan dengan perayaan hari lahir PPDI ke-18 di Lesehan Ujung Landasan, Gerung, Lombok Barat, Sabtu (22/06/2024).

width=300

Dalam sambutannya Ummi Rohmi, mengatakan desa merupakan ujung tombak dalam menyelesaikan berbagai persoalan yang ada di daerah ini, baik itu persoalan kesehatan, sosial, ekonomi, maupun lingkungan.

Masyarakat ini adanya di desa dan dusun, bukan berada di level-level atas. Jadi, kalau kita bisa menyelesaikan masalah berbasis dusun dan lingkungan, selesailah masalah kita, kata Ummi Rohmi panggilan akrab Wakil Gubernur NTB Periode 2018 – 2023.

Hj.Sitti Rohmi Djalilah selama menjabat sebagai Wakil Gubernur NTB menggagas program-program yang langsung menyasar dusun dan lingkungan. Salah satunya, yakni program Posyandu Keluarga.

width=300

Selama menjadi Wakil Gubernur, program yang saya kerjakan, yaitu program Posyandu Keluarga ini, yang memang fokus di dusun dan lingkungan sehingga dampaknya langsung dirasakan masyarakat, paparnya dikutip dari Inews Mataram.

Posyandu Keluarga merupakan suatu program yang digawangi langsung oleh Ummi Rohmi saat menjabat sebagai Wakil Gubernur NTB dalam Upaya Pelayanan Kesehatan Bersumber daya M.asyarakat (UKBM) yang dilaksanakan secara komprehensif dan terintegrasi.

Sebagaimana diketahui Posyandu Keluarga yang di gawangi ummi Rohmi ini tidak hanya melayani anak-anak, melainkan juga melayani remaja, ibu-ibu, dan lansia.

Selain melakukan pelayanan kesehatan, Posyandu Keluarga ini juga menjadi wadah untuk menyelesaikan berbagai persoalan lainnya, baik sosial, ekonomi, maupun psikologi untuk remaja. 

Untuk itu Calon Gubernur NTB 2024 yang khas dengan jilbab hijau ini meminta kepada para perangkat desa yang hadir untuk terus menjalankan program Posyandu Keluarga. Hal itu guna menjadikan desa-desa di NTB ini menjadi desa yang maju dan mandiri.

Selain itu, Putri Sasak pertama yang menjadi Calon Gubernur NTB ini juga meminta kepada para peserta Rapimda untuk tetap menjaga lingkungan dan sumber daya alam yang ada di masing-masing desa, dengan maksud agar potensi alam yang besar di NTB ini tidak hilang. 

Desa kita ini luar biasa, subur, dan indah. Apa pun yang kita tanam pasti hidup. Kita harus jaga bumi ini. Kita jaga sumber daya alam kita, pasti kita sejahtera bapak dan ibu, paparnya. 

Calon Gubernur NTB ini menambahkan, betapa berbahayanya permasalahan lingkungan saat ini, mulai masalah sampah penebangan liar hingga polusi udara yang juga menjadi sorotan dunia. 

Permasalahan lingkungan ini juga berdampak pada permasalahan ekonomi masyarakat, yang mengakibatkan banyak terjadi kelaparan, kekurangan gizi atau stunting, hingga menyebabkan kematian.

Kalau tanah kita rusak, tidak ada sumber air. Apa yang bisa kita tanam untuk makan kita sehari-hari, untuk hidup kita sehari-hari, kita tidak bisa berbuat apa-apa. Namun kalau kita jaga sumber daya alam kita, sejahtera kita, aman anak dan cucu kita,” ungkapnya.

Ummi Rohmi juga berharap apa yang telah dilakukan bersama para perangkat desa selama ini dapat terus berlanjut agar cita-cita bersama menjadi daerah yang maju dapat terwujud ke depannya. 

Harapan kita bersama, mudah-mudahan semua desa kita di NTB ini akan maju dan mandiri. Apa pun yang kita lakukan ini adalah ikhtiar kita bersama untuk masyarakat, pungkasnya.(red)

 

 

 

LAINNYA

- Advertisment -

Khutbah
Khutbah Terbaru & Terlengkap

Terpopuler

#1

#2

#3

#4

#5

Kolom
Kirim Tulisan Anda Ke Kami