Survei Presisi: Pasangan ROHMI-FIRIN Di Lotim Tembus 39,5 Persen. Dan 43,2 % Perempuan Akan Pilih Rohmi Firin. 

Sinar5news.com – Mataram – Lembaga Survei Prediksi Survei dan Statistik Indonesia (Presisi) merilis hasil survei untuk Pemilihan Gubernur (Pilgub) Nusa Tenggara Barat (NTB) 2024 khusus di wilayah Kabupaten Lombok Timur, sebagai Kabupaten yang paling banyak pemilihnya 985.385 orang.

Untuk itu Presisi membuat simulasi empat pasangan calon (paslon) yang akan digadang-gadang akan ikut berlaga di Pilgub NTB yang akan di selenggarakan secara serentak di seluruh Indonesia pada 27 November 2024 mendatang.

Paslon pertama yakni Dr.Hj.Sitti Rohmi Djalillah-Dr.H.W. Musyafirin (Rohmi-Firin). Kemudian kemudian Dr.Zulkieflimansyah-H. Suhaili (Zul-Uhel), Lalu Gita Ariadi- Sukiman Azmy (Gita-Sukiman), dan paslon keempat, Presisi menempatkan Lalu Muhamad Iqbal sebagai bakal calon gubernur disandingkan dengan tiga bakal calon wakil gubernur, yakni Bupati Bima Indah Dhamayanti Putri, politikus PKB asal Bima yang juga anggota DPR RI terpilih periode 2024-2029 Mahdalena, dan mantan Ketua Pengurus Wilayah Muhammadiyah NTB Arsyad Gani.

Dalam survei dengan metode Multistage Random Sampling dengan 440 orang responden dengan pola tatap muka wawancara dan kuisioner. Presisi menemukan duet Rohmi-Firin unggul atas kompetitor yang lain. Rohmi-Firin memperoleh angka keterpilihan 39,5 persen, kemudian Gita-Sukiman (12,7%), Zul-Uhel (8,9%), Iqbal-Indah (3,7%), Iqbal-Arsyad Gani (3,1%), dan (Iqbal-Mahdalena 0,7%). Sementara swing voters (pemilih mengambang) di angka 31,4 persen.

Tak hanya itu, Presisi juga memotret kecenderungan pemilih berdasarkan gender (jenis kelamin). Hasilnya, relatif tak berubah. Rohmi-Firin masih unggul ketimbang paslon yang lain.

Dalam survei pada kaum perempuan menghasilkan, Rohmi-Musyafirin 42,3 persen. Gita-Sukiman 8,60 persen. Zul-Uhel 7,30 persen. Iqbal-Indah 2,70 persen. Iqbal-Arsyad Gani 0,50 persen. Iqbal-Mahdalena 0,50 persen. Swing voters (yang belum tentukan pilihan) 38,10 persen.

 

Sedangkan pada pemilih laki-laki. Rohmi-Musyafirin 36,8 persen.

Gita-Sukiman 16,8 persen.

Zul-Uhel 16,8 persen.

Iqbal-Arsyad Gani 1,8 persen.

Iqbal-Indah 0,9 persen.

Iqbal-Mahdalena 0,5 persen.

Swing voters 32,7 persen.

Direktur Eksekutif Presisi Darwan Samurdja menuturkan survei tersebut berlangsung pada 25 Mei sampai 4 Juni 2024 dengan menyasar 440 responden. Presisi menggunakan metode pengambilan random sampling dengan teknik wawancara tatap muka dan kuesioner. Margin of erorr (MoE) survei tersebut ada di angka 4,8 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Ini gambaran terkini yang kami peroleh. Memang ada sambutan yang cukup positif dari masyarakat Lombok Timur terhadap sikap politik dari Rohmi yang memutuskan maju sebagai calon gubernur, bukan lagi wakil, kata Darwan, Jumat (14/6/2024)

Darwan menegaskan survei yang dilakukan tidak berafiliasi dengan pasangan calon atau partai politik tertentu.

Survei (ini) biaya sendiri, sifatnya independen. Bisa dijamin, track record bisa dicek. Bisa dipertanggungjawabkan, baik secara metodologi dan hasil, tegas Darwan.(red)

LAINNYA

- Advertisment -

Khutbah
Khutbah Terbaru & Terlengkap

Terpopuler

#1

#2

#3

#4

#5

Kolom
Kirim Tulisan Anda Ke Kami