Khutbah Jumat Edisi 24 Mei 2024 “Manfaat Ruku’ Dalam Shalat”

 

بِسْمِ اللهِ وَبـِحَمْدِهِ. اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

اَلْحَمْدُ ِللهِ وَكَفٰى، وَسَلاَمٌ عَلٰى عِبَادِهِ الَّذِيْنَ اصْطَفٰى. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلٰهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ. وَأَشْهَدُ أَنّ مُحَمّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ لاَ نَبِيَّ بَعْدَهُ.

اَللهُمّ صَلِّ وَسَلّمْ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمّدٍ وَعَلى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلٰى يَوْمِ الدِّيْنِ, اَمَّا بَعْدُ. فَيَا عِبَادَ اللهِ، اُوْصِيْكُمْ وَاِيَّايَ بِتَقْوَى اللهِ وَطَاعَتِهِ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ. قَالَ اللهُ تَعَالَى فىِ الْقُرْآنِ الْكَرِيْمِ، أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ. يَاأَيّهَا الّذَيْنَ آمَنُوْا اتّقُوا اللهَ حَقّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ.

اَللّٰهُمَّ اَصْلِحْ اُمَّةَ مُحَمَّدٍ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ. وَفَرِّجْ عَنْ أُمَّةِ مُحَمَّدٍ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ. وَارْحَمْ اُمَّةَ مُحَمَّدٍ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ. وَانْشُرْ وَاحْفَظْ نـَهْضَةَ الْوَطَنِ فِى الْعَالَمِيْنَ بِحَقِّ مُحَمَّدٍ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ.

Kaum muslimin sidang jamaah jumat yang berbahagia, Rahimakumullah.

Puji dan syukur Alhamdulillah marilah kita sampaikan kehadirat Allah Robbul’izzati, pada kesempatan jumat ini kita kembali dapat melaksanakan kewajiban sebagai seorang muslim yaitu shalat Jumat secara berjamaah di masjid yang kita cintai ini. Shalawat dan salam marilah kita sampaikan kepada uswatun hasanah kita yaitu baginda nabi besar Muhammad SAW. Juga kepada segenap keluarga dan sahabatnya, semoga kita semua yang hadir di masjid ini, kelak di hari kiamat mendapatkan syafaat dari beliau. Aamiin.

Jamaah kaum muslimin sidang Jumat yang berbahagia rahimakumullah

Selama ini banyak diantara kita beranggapan bahwa shalat yang kita lakukan itu hanya sebatas rutinitas menjadi suatu kebiasaan nyaris tanpa makna. Padahal manfaat shalat itu sangat banyak bagi orang-orang yang mau merenungi dan menggali secara mendalam. Pada khutbah Jumat edisi kali ini salah satu gerakan shalat yang akan kita kaji adalah manfaat ruku’ ditinjau dari berbagai aspek baik aspek secara agama maupun secara medis.

Tujuannya dari segi agama agar kita semakin dekat kepada Allah Sang Maha Pencipta yang senantiasa kita sebut namanya, dan kita agungkan dalam banyak kesempatan oleh karena betapa Maha Besar menciptakan segala-galanya di alam semesta yang luas ini. Dan dari segi medis, in sya Allah badan kita senantiasa akan terpelihara kesehatannya oleh karena berulangnya gerakan ruku’ itu dilaksanakan sebanyak 17 kali dalam 5 waktu.

Hadirin sidang Jumat yang berbahagia rahimakumullah

Apabila kita benar-benar melaksanakan ruku’ ini secara khusyuk dan ikhlas sesuai dengan ilmunya, maka dosa-dosa kita akan berjatuhan dari kepala dan bahu kita. Makin lama kita ruku’, makin banyak pula dosa kita berjatuhan. Dengan banyaknya dosa yang jatuh berguguran, akan mengundang turunnya ampunan Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Nabi kita bersabda memperkuat hal ini;

عَنْ عَبْدِاللهِ بْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ، قَالَ رَسُوْلُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : “إِنَّ الْعَبْدَ إِذَا قَامَ يُصَلِّي أُتِيَ بِذُنُوبِهِ فَوَضَعَتْ عَلَى رَأْسِهِ أَوْ عَاتِقِهِ فَكُلَّمَا رَكَعَ أَوْ سَجَدَ تَسَاقَطَتْ عَنْهُ”

Dari Abdullah bin  Umar radhiyallahu anhuma berkata, berkata rasulullah shallallahu alahi wasallam : “Sesungguhnya, tatkala seorang hamba berdiri shalat, didatangkanlah seluruh dosanya, kemudian diletakkan di atas kepala dan kedua bahunya, maka ketika ia (dalam posisi) ruku’ dan sujud, dosa-dosa tersebut berguguran.” (HR. Ibnu Hibban no.1734)

Dengan banyaknya dosa yang berguguran dari diri kita, maka kondisi hati dan jiwa kita terasa begitu sangat damai, lapang, tenang dan nyaman seakan-akan semua beban yang menghimpit akibat berbagai tekanan dan masalah dalam hidup, seketika menjadi sirna. Sungguh inilah sumber kebahagiaan yang selama ini banyak dicari oleh manusia, tapi mereka banyak yang tidak menemukan kebahagiaan dalam arti yang sebenarnya. Karena ternyata kebahagiaan itu bukan semata-mata karena banyaknya harta benda dan kepintaran yang kita miliki, tetapi oleh karena kita selalu ingat kepada Allah dan mendekat kepada-Nya melalui ruku’ dalam setiap shalat yang kita lakukan baik itu shalat fardhu maupun shalat sunnah.

Ketahuilah bahwa tatkala kita ruku’ membaca “subhana robbiyal ‘azhimi wabihamdih”  adalah bentuk zikir untuk mensucikan nama Allah dan bersyukur kepada-Nya atas segala nikmat yang tercurah selama ini. Dengan adanya dzikir ini, menjadi metode yang paling efektif untuk menenangkan hati dan jiwa kita. Allah Subhanahu Wa Ta’ala menegaskan dalam salah satu firman-Nya;

ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُم بِذِكْرِ ٱللَّهِ ۗ أَلَا بِذِكْرِ ٱللَّهِ تَطْمَئِنُّ ٱلْقُلُوبُ

Artinya: “(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.” (QS. Ar Ra’du 13:28)

Hadirin jamaah kaum muslimin yang berbahagia rahimakumullah.

Di sisi lain ternyata ruku’ itu tidak hanya menjadi sarana yang sangat efektif untuk mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala, juga dapat dijadikan sebagai media untuk merawat dan menjaga kesehatan kita. Menurut suatu penelitian bahwa diantara manfaat yang tak terbantahkan dari ruku’ ini adalah akan merelaksasikan otot-otot kita yang tegang oleh karena berbagai aktivitas dan tugas yang begitu padat dalam keseharian kita. Maka dengan ruku’ itu akan akan mengendorkan dan menormalkan kembali otot-otot yang tegang sehingga badan kita begitu enjoy, senang dan nyaman.

Di sisi lain, posisi ruku’ juga membantu mengurangi rasa sakit di punggung bawah dengan meregangkan ligament dan otot (mirip dengan yoga), yang juga dapat membantu meredakan rasa sakit pada sumsum tulang belakang dan sendi pinggul. Posisi tubuh ketika ruku’ dan sujud, membantu meringankan persendian. Karena penggunaan sendi secara rutin membuat sendi sehat dan berfungsi dengan baik. Dengan melakukan relaksasi tulang belakang, sakit punggung dan penyakit tulang belakang dapat dihindari. Shalat secara keseluruhan, dapat meregangkan sendi bahu, siku, lutut, pergelangan kaki dan pinggul.

Subhanallah demikian dahsyat manfaat ruku’ ini yang bila benar-benar dilaksanakan dengan baik dan benar, akan mendatangkan manfaat yang sangat banyak baik dilihat dari sisi agama maupun medis. Semoga dengan uraian khutbah Jumat singkat ini, akan makin termotivasi untuk senantiasa melaksanakan ibadah shalat secara tekun dan istiqomah yang didasari dengan niat karena Allah semata. Aamiin.

بَارَكَ اللهُ لِي وَلَكُمْ فِى اْلقُرْآنِ اْلعَظِيْمِ، وَنَفَعَنِي وَإِيَّاكُمْ بِمَافِيْهِ مِنَ الْآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيمِ وَتَقَبَّلَ اللهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ تِلاَوَتَهُ وَإِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ العَلِيْمُ، وَأَقُوْلُ قَوْلِي هَذَا فَأسْتَغْفِرُ اللهَ العَظِيْمَ إِنَّهُ هُوَ الغَفُوْرُ الرَّحِيْم.

Khutbah II

اَلْحَمْدُ للهِ عَلىَ إِحْسَانِهِ وَالشُّكْرُ لَهُ عَلىَ تَوْفِيْقِهِ وَاِمْتِنَانِهِ. وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلَهَ إِلاَّ اللهُ  وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الدَّاعِى إلىَ رِضْوَانِهِ. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وِعَلَى اَلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كِثيْرًا.

أَمَّا بَعْدُ فَياَ اَيُّهَا النَّاسُ اِتَّقُوااللهَ فِيْمَا أَمَرَ وَانْتَهُوْا عَمَّا نَهَى وَاعْلَمُوْا أَنَّ اللهَ أَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ بَدَأَ فِيْهِ بِنَفْسِهِ وَثَـنَى بِمَلآ ئِكَتِهِ الْمُسَبِّحَةِ بِقُدْسِهِ وَقَالَ تَعاَلَى إِنَّ اللهَ وَمَلآئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلىَ النَّبِى يآ اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلِّمْ وَعَلَى آلِ سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَنْبِيآئِكَ وَرُسُلِكَ وَمَلآئِكَةِ اْلـمُقَرَّبِيْنَ وَارْضَ اللّهُمَّ عَنِ اْلخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ أَبِى بَكْرٍ وَعُمَر وَعُثْمَان وَعَلي وَعَنْ بَقِيَّةِ الصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِيْنَ وَتَابِعِي التَّابِعِيْنَ لَـهُمْ بِاِحْسَانٍ اِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ وَارْضَ عَنَّا مَعَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ.

اَللهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَاْلـمُؤْمِنَاتِ وَاْلـمُسْلِمِيْنَ وَاْلـمُسْلِمَاتِ اَلاَحْيآء مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ اللهُمَّ أَعِزَّ اْلإِسْلاَمَ وَاْلـمُسْلِمِيْنَ وَأَذِلَّ الشِّرْكَ وَاْلـمُشْرِكِيْنَ وَانْصُرْ عِبَادَكَ اْلـمُوَحِّدِيْنَ وَانْصُرْ مَنْ نَصَرَ الدِّيْنَ وَاخْذُلْ مَنْ خَذَلَ اْلـمُسْلِمِيْنَ وَ دَمِّرْ أَعْدَاءَ الدِّيْنِ وَاعْلِ كَلِمَاتِكَ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ. اللهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا اْلبَلاَءَ وَاْلوَبَاءَ وَالزَّلاَزِلَ وَاْلـمِحَنَ وَسُوْءَ اْلفِتْنَةِ وَاْلمِحَنَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ عَنْ بَلَدِنَا اِنْدُونِيْسِيَّا خآصَّةً وَسَائِرِ اْلبُلْدَانِ اْلمُسْلِمِيْنَ عآمَّةً يَا رَبَّ اْلعَالَمِيْنَ. رَبَّنَا آتِناَ فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. رَبَّنَا ظَلَمْنَا اَنْفُسَنَا وَاإنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ اْلخَاسِرِيْنَ.

عِبَادَاللهِ ! إِنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِاْلعَدْلِ وَاْلإِحْسَانِ وَإِيْتآءِ ذِي اْلقُرْبىَ وَيَنْهَى عَنِ اْلفَحْشآءِ وَاْلـمُنْكَرِ وَاْلبَغْي يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ وَاذْكُرُوا اللهَ اْلعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْهُ عَلىَ نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَر.

 

Jakarta, 16 Dzulqa’dah 1445 H/24 Mei 2024 M

Penulis : Marolah Abu Akrom (087887270732)

Bagi para khatib yang membutuhkan teks khutbah ini, dapat mendownloadnya disini

Khutbah Jumat Edisi 24 Mei 2024 manfaat rukuk dalam shalat (1)

LAINNYA

- Advertisment -

Khutbah
Khutbah Terbaru & Terlengkap

Terpopuler

#1

#2

#3

#4

#5

Kolom
Kirim Tulisan Anda Ke Kami