Idul Fitri Edisi 1 Masjid Jami’ Ibrahim Grand Mahkota 2 “Kemenangan Melawan Hawa Nafsu”

Syiar Sinar5News.com – Bekasi – Hari ini adalah hari yang penuh gembira dan penuh sukacita di mana umat Islam seluruh dunia merayakan kemenangannya atas suksesnya melaksanakan ibadah puasa satu bulan lamanya. Kemenangan itu merupakan suatu anugerah atas begitu besarnya godaan hawa nafsu untuk menggagalkan puasa kita. Tetapi Alhamdulillah berkat kebesaran dan pertolongan Allah puasa yang sangat berat dan melelahkan itu akhirnya dapat terselesaikan dengan baik.

Untuk merayakan kegembiraan tersebut hari ini Rabu, 1 Syawal 1445 H bertepatan dengan 10 April 2024 M umat Islam melaksanakan kegiatan salat Idul Fitri di seluruh dunia. Termasuk salah satu masjid yang ikut merasakan kebahagiaan yaitu masjid Jami’ Ibrahim yang terletak di Kedungjaya, Babelan Bekasi. Untuk diketahui bahwa kegiatan salat Idul Fitri di Masjid Jami Ibrahim ini adalah merupakan edisi yang pertama. Masjid Jami Ibrahim adalah masjid yang diresmikan penggunaannya sekitar satu bulan yang lalu tepatnya pada tanggal 9 Maret 2024.

Pada salat Idul Fitri edisi pertama ini yang bertindak selaku imam dan khotib adalah Ustadz Amrullah, S.Ag, MM atau populer dikenal dengan Abu Akrom di media sosial adalah salah seorang staf pengajar Tahsin Al Quran di Pondok Pesantren Nahdlatul Wathan Jakarta. Juga mengajar BK (Bimbingan dan Konseling) di SMP Nahdlatul Wathan Jakarta dan SMP Laboratorium Islamic Technology (Labitech) Jakarta.

Diantara materi khotbah yang disampaikan terkait dengan makna dari Idul Fitri dilihat dari segi harfiah dan istilah secara ilmiah. Juga disampaikan bahwa semua ujian berat yang dihadapi selama berpuasa pada bulan suci Ramadan, ternyata mampu untuk menghadapinya. Demikian juga gejolak hawa nafsu angkara murka yang mengajak untuk berbuat hal-hal yang buruk dapat terkendali dan ditaklukan secara maksimal. Ini semua tiada lain bukan karena kehebatan dan kecerdasan kita, tetapi ini adalah semata-mata kebesaran Allah SWT. Maka untuk merayakan kemenangan besar ini, tidak ada lain kalimat yang keluar dari bibir kita selain kumandang takbir yang dilantunkan secara terus menerus semenjak magrib tanggal 1 Syawal hingga pelaksanaan salat Idul Fitri hari ini.

Para jamaah yang hadir pun cukup padat hingga meluber keluar dari ruang utama. Padahal ini adalah salat Idul Fitri yang pertama kali dilakukan. Mereka dengan khusyuk dan khidmat mengikuti prosesi salat Idul Fitri ini dan mendengarkan dengan seksama materi khutbah Idul Fitri yang disampaikan oleh khotib.

LAINNYA

- Advertisment -

Khutbah
Khutbah Terbaru & Terlengkap

Terpopuler

#1

#2

#3

#4

#5

Kolom
Kirim Tulisan Anda Ke Kami