SDN 33 Mataram Kembangkan Skill dan Keterampilan Siswa Melalui Pramuka

Sinar5news.com – Mataram – Salah satu pendidikan di luar sekolah yang efektif untuk membentuk karakter peserta didik adalah pendidikan kepramukaan. Kegiatan ini bisa menjadi wadah bagi para peserta didik dalam membentuk jiwa kepemimpinan maupun kedisiplinan.

Atas dasar itulah satuan Pendidikan sekolah dasar ataupun menengah di seluruh Indonesia menyelenggarakan kegiatan ekstrakurikuler pramuka di lingkungan sekolahnya masing-masing, tidak terkecuali dengan SDN 33 Mataram.

Sekolah yang terletak di kelurahan Monjok kota Mataram ini sangat intens melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler pramuka untuk peserta didiknya. Hal ini dilakukan sebagai bentuk ikhtiar sekolah dalam membentuk kedisiplinan dan jiwa kepemimpinan bagi peserta didiknya.

width=300
Suasana penyampaian materi kepramukaan oleh Pelatih Pramuka SDN 33 Mataram, Kak Bobby Irawan

Pelatih pramuka SDN 33 Mataram Bobby Irawan mengatakan betapa pentingnya pendidikan kepramukaan bagi peserta didik dalam membina kepribadian dan pengembangan keterampilannya.

Selain keterampilan yang mereka dapatkan, dengan nilai-nilai kepramukaan peserta didik juga akan terbentuk karakternya menjadi pribadi yang unggul dan berakhlak mulia, ucap Bobby di sela-sela kegiatan latihan pramuka di SDN 33 Mataram, Jumat (02/02/2024).

Menurut Bobby, pramuka mampu memberikan pengalaman hidup yang berharga bagi peserta didik yang tidak mereka dapatkan saat belajar di dalam kelas.
Kebersamaan mereka saat latihan, kekompakan, serta kedisiplinan mereka merupakan nilai yang sangat mempengaruhi kepribadian peserta didik, ujarnya.

width=300

Sementara itu kepala SDN 33 Mataram Samsul Huda mengatakan bahwa kegiatan pendidikan kepramukaan yang dilaksanakan di sekolahnya merupakan bentuk dari pengamalan Undang-Undang tentang gerakan pramuka dan kesadaran akan pentingnya pendidikan kepramukaan bagi peserta didik.

Kegiatan pendidikan ekstrakurikuler pramuka yang dilaksanakan selama ini merupakan amanah dari UU Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka dan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 63 Tahun 2014 tentang Pendidikan Kepramukaan Sebagai Ekstrakurikuler Wajib pada Pendidikan Dasar dan Menengah, jelas Huda.

Oleh sebab itu kata Huda, pendidikan kepramukaan merupakan perkara wajib yang memiliki nilai-nilai positif dalam membina karakter dan kepribadian peserta didik.

Tentu kita berharap kedepan pendidikan kepramukaan di sekolah ini bisa lebih baik dan mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman, kita sadari bersama bahwa era sekarang adalah era digital, harapnya. (Man)

LAINNYA

- Advertisment -

Khutbah
Khutbah Terbaru & Terlengkap

Terpopuler

#1

#2

#3

#4

#5

Kolom
Kirim Tulisan Anda Ke Kami