Khutbah Jumat Edisi 26 Januari 2024 “Doa Memohon Berkah Pada Bulan Rajab”

بِسْمِ اللهِ وَبـِحَمْدِهِ. اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

اَلْحَمْدُ ِللهِ وَكَفٰى، وَسَلاَمٌ عَلٰى عِبَادِهِ الَّذِيْنَ اصْطَفٰى. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلٰهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ. وَأَشْهَدُ أَنّ مُحَمّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ لاَ نَبِيَّ بَعْدَهُ.

اَللهُمّ صَلِّ وَسَلّمْ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمّدٍ وَعَلى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلٰى يَوْمِ الدِّيْنِ, اَمَّا بَعْدُ. فَيَا عِبَادَ اللهِ، اُوْصِيْكُمْ وَاِيَّايَ بِتَقْوَى اللهِ وَطَاعَتِهِ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ. قَالَ اللهُ تَعَالَى فىِ الْقُرْآنِ الْكَرِيْمِ، أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ. يَاأَيّهَا الّذَيْنَ آمَنُوْا اتّقُوا اللهَ حَقّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ.

اَللّٰهُمَّ اَصْلِحْ اُمَّةَ مُحَمَّدٍ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ. وَفَرِّجْ عَنْ أُمَّةِ مُحَمَّدٍ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ. وَارْحَمْ اُمَّةَ مُحَمَّدٍ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ. وَانْشُرْ وَاحْفَظْ نـَهْضَةَ الْوَطَنِ فِى الْعَالَمِيْنَ بِحَقِّ مُحَمَّدٍ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ.

Kaum muslimin sidang jamaah jumat yang berbahagia, Rahimakumullah.

Puji dan syukur Alhamdulillah marilah kita sampaikan kehadirat Allah Robbul’izzati, pada kesempatan jumat ini kita kembali dapat melaksanakan kewajiban sebagai seorang muslim yaitu shalat Jumat secara berjamaah di masjid yang kita cintai ini. Shalawat dan salam marilah kita sampaikan kepada uswatun hasanah kita yaitu baginda nabi besar Muhammad SAW. Juga kepada segenap keluarga dan sahabatnya, semoga kita semua yang hadir di masjid ini, kelak di hari kiamat mendapatkan syafaat dari beliau. Aamiin.

Jamaah kaum muslimin sidang Jumat yang berbahagia rahimakumullah

Salah satu bulan yang termasuk kategori bulan haram adalah bulan Rajab. Dikatakan Rajab merupakan bagian dari bulan haram karena pada bulan tersebut hendaknya diisi dengan hal-hal yang mulia, terhormat dan dapat menjaga diri dari perbuatan haram yang sifatnya zalim seperti membunuh, berdusta, menghina dan lain-lain, kemudian hendaknya menyibukkan diri dengan aneka amal saleh seperti berzikir, membaca Al Quran, bersedekah dan berdoa secara khusyu’.

Diantara doa yang kita panjatkan pada bulan Rajab ini sebagaimana yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW adalah memohon kepada Allah agar diberi berkah sempurna yang senantiasa terlimpah pada semua waktu yang ada dari pagi, siang, sore hingga malam hari. Inilah doa Nabi yang hendaknya kita baca secara rutin terutama sehabis shalat 5 waktu;

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ

Artinya; “Duhai Allah, berkahilah kami pada bulan Rajab dan bulan Sya’ban dan pertemukanlah kami dengan bulan Ramadlan.” (Lihat Muhyiddin Abi Zakariya Yahya bin Syaraf An-Nawawi, Al-Adzkâr, Penerbit Darul Hadits, Kairo, Mesir).

Kaum muslimin sidang jamaah jumat yang berbahagia, rahimakumullah.

Dalam doa tersebut hendaknya kita benar-benar fokus, berharap dan memohon agar Allah memberikan berkah yang sempurna kepada kita. Diantara berkah-berkah tersebut, paling tidak ada 4 macam berkah yang kita mohonkan dan menjadi target yang sangat kita butuhkan selama hidup di dunia yaitu;

Pertama, iman semakin kuat dan bertambah kualitasnya.

Diantara semua berkah yang ada, ternyata yang paling utama adalah mendapatkan berkah iman yaitu manakala kondisi iman kita semakin kokoh dan kuat bersinar demikian terang di dalam hati dan senantiasa bertambah kualitasnya setiap hari terutama pada bulan rajab ini. Harapan dan doa kita semoga dengan semakin bertambahnya kualitas iman kita pada bulan rajab ini akan terus terjaga selamanya hingga datangnya ajal menjemput suatu saat nanti. Apalagi kita akan berpuasa pada bulan Ramadhan yang kedatangannya tidak lama lagi, tentu dengan modal iman yang berkualitas, akan sempurnalah puasa kita dan akan mendorong untuk meraih derajat taqwa yang tinggi disisi Allah SWT.

Kedua, rumah tangga senantiasa bahagia diliputi samara

Bagi orang yang sudah menikah tentu berharap dalam proses menjalani kehidupan rumah tangga dari awal menikah hingga seterusnya, ingin sekali mendapatkan rasa bahagia dalam arti yang sesungguhnya yaitu manakala tercapai suasana samara (sakinah, mawaddah, warahmah). Perlu disadari bahwa rumah tangga yang sakinah adalah rumah tangga yang senantiasa dipenuhi rasa tenang dan tenteram menyelimuti segenap jiwa, sehingga tercapailah rasa mawaddah (cinta yang tulus bergelora demikian kuatnya) dan tercapai juga warahmah (kasih sayang yang sempurna dari dunia hingga ke surga).

Apabila setiap pasangan suami istri dalam menjalani kehidupan rumah tangga mendapatkan keluarga yang samara, maka itulah suatu berkah yang sangat besar yang Allah anegerahkan kepada mereka. Oleh karena itu melalui momen bulan Rajab ini, kita semua berdoa memohon kepada Allah agar rumah tangga yang kita bina ini senantiasa diliputi suasana samara hingga akhir kematian nanti.

Ketiga, rezeki semakin lancar dan banyak jumlahnya

Semua kita pasti menginginkan agar nikmat rezeki yang kita cari di dunia ini senantiasa mudah, lancar dan semakin banyak jumlahnya, karena inilah berkah Allah yang diberikan kepada orang yang dikehendaki. Tentu ini tidak mudah, mesti ada upaya secara sungguh-sungguh dan gigih untuk mendapatkannya dengan segenap kemampuan dan keahlian yang ada pada diri kita. Apalagi pada bulan rajab ini disamping kita berusaha untuk meningkatkan keimanan kita dan menjaga keluarga kita agar senantiasa samara, juga yang tak kalah pentingnya kita juga berusaha lebih giat dan lebih tekun mencari sumber-sumber rezeki yang Allah bentangkan di muka bumi. Semoga Allah senantiasa menganugerahkan kepada kita rezeki yang halal, banyak dan luas seluas samudera untuk menunjang terlaksananya ibadah secara sempurna di alam dunia yang fana’ ini.

Keempat, badan senantiasa sehat dan jauh dari penyakit

Badan sehat dan jauh dari penyakit merupakan suatu berkah yang Allah berikan kepada setiap diri manusia yang hidup di dunia ini. Berbagai upaya yang dilakukan agar hidup senantiasa sehat, seperti menjaga pola makan, istirahat yang cukup dan berolah raga secara rutin. Terlebih pada bulan rajab  ini, mari kita berusaha menjaga kesehatan tubuh kita secara maksimal untuk menyongsong datangnya bulan suci Ramadhan. Ketahuilah bahwa syarat puasa itu diantaranya badan kita mesti sehat dan tidak sakit-sakitan, karena mana mungkin kita bisa berpuasa secara maksimal dan sempurna kalau badan kita sakit.

Demikian khutbah singkat yang dapat khatib sampaikan, semoga keempat berkah ini dapat kita raih dan capai secara maksimal selama bulan rajab ini untuk kita bawa menghadapi bulan-bulan selanjutnya terutama bulan Ramdhan yang tidak lama lagi akan datang menemui kita. Aamiin yaa Robbal’aalamiin.

بَارَكَ اللهُ لِي وَلَكُمْ فِى اْلقُرْآنِ اْلعَظِيْمِ، وَنَفَعَنِي وَإِيَّاكُمْ بِمَافِيْهِ مِنَ الْآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيمِ وَتَقَبَّلَ اللهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ تِلاَوَتَهُ وَإِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ العَلِيْمُ، وَأَقُوْلُ قَوْلِي هَذَا فَأسْتَغْفِرُ اللهَ العَظِيْمَ إِنَّهُ هُوَ الغَفُوْرُ الرَّحِيْم.

Khutbah II

اَلْحَمْدُ للهِ عَلىَ إِحْسَانِهِ وَالشُّكْرُ لَهُ عَلىَ تَوْفِيْقِهِ وَاِمْتِنَانِهِ. وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلَهَ إِلاَّ اللهُ  وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الدَّاعِى إلىَ رِضْوَانِهِ. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وِعَلَى اَلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كِثيْرًا.

أَمَّا بَعْدُ فَياَ اَيُّهَا النَّاسُ اِتَّقُوااللهَ فِيْمَا أَمَرَ وَانْتَهُوْا عَمَّا نَهَى وَاعْلَمُوْا أَنَّ اللهَ أَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ بَدَأَ فِيْهِ بِنَفْسِهِ وَثَـنَى بِمَلآ ئِكَتِهِ الْمُسَبِّحَةِ بِقُدْسِهِ وَقَالَ تَعاَلَى إِنَّ اللهَ وَمَلآئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلىَ النَّبِى يآ اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلِّمْ وَعَلَى آلِ سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَنْبِيآئِكَ وَرُسُلِكَ وَمَلآئِكَةِ اْلمُقَرَّبِيْنَ وَارْضَ اللّهُمَّ عَنِ اْلخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ أَبِى بَكْرٍ وَعُمَر وَعُثْمَان وَعَلي وَعَنْ بَقِيَّةِ الصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِيْنَ وَتَابِعِي التَّابِعِيْنَ لَهُمْ بِاِحْسَانٍ اِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ وَارْضَ عَنَّا مَعَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ.

اَللهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَاْلمُؤْمِنَاتِ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَاْلمُسْلِمَاتِ اَلاَحْيآء مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ اللهُمَّ أَعِزَّ اْلإِسْلاَمَ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَأَذِلَّ الشِّرْكَ وَاْلمُشْرِكِيْنَ وَانْصُرْ عِبَادَكَ اْلمُوَحِّدِيْنَ وَانْصُرْ مَنْ نَصَرَ الدِّيْنَ وَاخْذُلْ مَنْ خَذَلَ اْلمُسْلِمِيْنَ وَ دَمِّرْ أَعْدَاءَ الدِّيْنِ وَاعْلِ كَلِمَاتِكَ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ. اللهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا اْلبَلاَءَ وَاْلوَبَاءَ وَالزَّلاَزِلَ وَاْلمِحَنَ وَسُوْءَ اْلفِتْنَةِ وَاْلمِحَنَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ عَنْ بَلَدِنَا اِنْدُونِيْسِيَّا خآصَّةً وَسَائِرِ اْلبُلْدَانِ اْلمُسْلِمِيْنَ عآمَّةً يَا رَبَّ اْلعَالَمِيْنَ. رَبَّنَا آتِناَ فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. رَبَّنَا ظَلَمْنَا اَنْفُسَنَا وَاإنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ اْلخَاسِرِيْنَ.

عِبَادَاللهِ ! إِنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِاْلعَدْلِ وَاْلإِحْسَانِ وَإِيْتآءِ ذِي اْلقُرْبىَ وَيَنْهَى عَنِ اْلفَحْشآءِ وَاْلـمُنْكَرِ وَاْلبَغْي يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ وَاذْكُرُوا اللهَ اْلعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْهُ عَلىَ نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَر.ْ

 

Jakarta, 15 Rajab 1445 H/26 Januari 2024 M

Penulis : Marolah Abu Akrom (087887270732)

Bagi para khatib yang membutuhkan teks khutbah ini, dapat mendonwnloadnya disini

Khutbah Jumat Edisi 26 Januari 2024 Berdoa memohon berkah bulan rajab

 

LAINNYA

- Advertisment -

Khutbah
Khutbah Terbaru & Terlengkap

Terpopuler

#1

#2

#3

#4

#5

Kolom
Kirim Tulisan Anda Ke Kami