TNI AD di NTB Berkolaborasi Siap Bersihkan dan Hijaukan Gunung Rinjani.

Sinar5news.com – Lombok Timur – Program kick off jajaran TNI AD terhadap pelestarian alam dan lingkungan masih terus dilakukan termasuk di wilayah Kodim 1615/Lotim. Hari ini Komandan Kodim 1615/Lotim Letnan Kolonel Inf Bayu Sigit Dwi Untoro menggelar rapat pemantapan rencana pembersihan Gunung Rinjani dan penghijauan bersama unsur terkait di Makodim jalan Prof. M. Yamin Selong Kabupaten Lombok Timur, Rabu (3/1/2024).

Rapat tersebut juga dihadiri Kasdim Mayor Inf Sarbini, SE., dan Perwira Staf, para Kepala OPD Pemda Kabupaten Lombok Timur seperti Kadis Sosial, Kadis LHK, Kadis Pertanian, Plh. Kasi TNGR Lombok Timur, Kasipam KPH Rinjani Timur dan Kalak BPBD Kabupaten Lombok Timur.

Usai menggelar rapat, Dandim 1615/Lotim menyampaikan rencana pembersihan Gunung Rinjani dari sampah non organik seperti plastik dan botol minuman akan dilakukan selama 3 hari mulai tanggal 16 hingga 18 Januari mendatang.

Kita ketahui bersama, Gunung Rinjani merupakan salah satu gunung tertinggi dan destinasi wisata dunia di Indoensia. Gunung Rinjani merupakan destinasi wisata favorit bagi para pendaki dan para pecinta alam yang tidak hanya dikunjungi masyarakat lokal, namun juga masyarakat internasional karena keindahan alamnya, medannya yang terjal dan cuaca yang ekstrem menjadi tantangan tersendiri bagi para pendaki. 

Dijelaskannya, pembersihan Gunung Rinjani ini sebagai puncak kick off Kodim 1615/Lotim dalam upaya menjaga dan melestarikan alam dan lingkungan yang sudah beberapa pekan dilakukan di beberapa tempat. 

Sebelumnya, Kodim 1615/Lotim dan jajaran menggelar pembersihan pasar, saluran irigasi, pembersihan pantai dan reboisasi termasuk hari ini Koramil 1615-09/Sikur melaksanakan penanaman ratusan bibit pohon di Desa Wisata Jeruk Manis Kecamatan Sikur.

Dalam upaya pembersihan Gunung Rinjani, Kodim 1615/Lotim akan melibatkan semua unsur satuan TNI AD yang ada di Pulau Lombok seperti Korem, Satdisjan, Yonif 742/SWY, Kompi B Zipur 18/YKR, Polres Lotim, Brimob Polda NTB, TNGR, ASN jajaran Pemda Lotim, KPH Rinjani, Pemerintah Kecamatan Sembalun, Komponen Cadangan binaan Kodim, Kelompok Sadar Wisata (Pok Darwis) dan Pramuka Saka Wira Kartika serta masyarakat sekitar. 

“Jadi kami rencanakan ada sekitar 800 orang yang akan ikut berpartisipasi dalam pembersihan Gunung Rinjani,” bebernya.

Selain pembersihan, dalam aksi tersebut juga akan dilakukan penanaman ribuan bibit pohon jenis cemara, beringin dan bakbakan di Kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) dan bibit pohonnya disiapkan langsung oleh TNGR Kabupaten Lombok Timur.

Adapun teknis pelaksanaannya, personel akan dibagi menjadi dua tim yaitu tim aju yang akan naik ke Plawangan Rinjani pada tanggal 16 Januari dengan membawa ratusan bibit pohon dan kantong plastik. Setiba di Plawangan mereka langsung menanam bibit pohon dan bermalam di Plawangan. Pada esok paginya (17/1), tim aju akan melaksanakan pembersihan sampah plastik dan botol minum di sekitar Plawangan yang kemudian dimasukan ke dalam kantong plastik dan dibawa turun hingga ke pos 2.

Sedangkan Tim 2 akan bergerak menuju pos 2, 3 dan 4 mulai tanggal 17-18 Januari untuk melakukan pembersihan sampah dan botol minuman dan sebagian lagi dari tim ini akan melaksanakan penanaman bibit pohon bersama Danrem 162/WB Brigjen TNI Agus Bhakti dan Pj. Bupati Lombok Timur HM. Juaini Taufik serta Forkopimda Lotim yang lain di Pos 2.

Mantan Danyonif 742/SWY itu juga berharap kick off yang diinisiasi oleh Kodim dengan mengusung tema “TNI AD Bersama Rakyat Bersatu Dengan Alam Untuk NKRI” ini agar terus dilanjutkan oleh semua pihak sehingga kedepan seluruh kompnen anak bangsa memiliki komitmen yang sama untuk menjaga dan melestarikan lingkungan dan alam di wilayah NTB khususnya di Lombok.(red)

LAINNYA

- Advertisment -

Khutbah
Khutbah Terbaru & Terlengkap

Terpopuler

#1

#2

#3

#4

#5

Kolom
Kirim Tulisan Anda Ke Kami