SUARA ORANG YANG GA PERNAH KAU DENGAR.

Saudaraku Sebangsa dan Setanah Air.

Dipenghujung tahun 2023 ini dan dalam hitungan jam dan menit kita akan memasuki tahun 2024.

Saya mengajak kita semua untuk selalu bersyukur terhadap apa yang sudah kita capai dalam tahun 2023, baik yang menggembirakan karena sukses yang kita raih, maupun sedih dan duka karena tidak tercapainya apa yang kita rencanakan

Saya mengajak untuk kita bersikap adil. Mulai berpaling dan mendengar orang lain, selain orang orang yang selalu memenuhi ruang publik selama ini . Orang yang selalu tampil disetiap masalah karena mereka memang tahu dan atau merasa sok tahu.

Saya mengajak untuk mulai “mendengar apa yang dikatakan, bukan melihat siapa yang mengatakan atau siapa yang bicara”. Sikap itu penting saudaraku untuk menghindari “loe lagi, loe lagi”, terdengar renyah dan nyaring tapi hampa dan kosong.

Saya mengajak, jangan lagi dengarkan mereka. Karena sesungguhnya
“extraordinary idea not necessarily comes from extraordinary people”. Ide yang cemerlang tidak mesti datang dari orang yang cemerlang. Bukan dari orang orang yang sering dan rajin tampil.

Suara suara tentang sulitnya kehidupan di masyarakat, tentang mahalnya harga kebutuhan pokok tidak akan pernah datang dari orang orang yang dianggap hebat, karena kaya raya atau dari pejabat tinggi. Tetapi suara itu pasti datang dari rakyat miskin yang papa yang dihimpit oleh kesulitan hidup.

Saya mengajak para pemimpin, mulailah “mendengar untuk belajar dan belajarlah untuk mendengar- Listen to learn and learn to listen”

Suara nyaring kaum papa, serta rintihan mereka adalah idea cemerlang untuk kau dengarkan dan dengan mendengar berarti kau belajar memaknai arti keberadaan serta amanah yang kau emban.

“Apa Yang Mereka Lihat. Apa Yang Mereka Rasakan serta Apa Yang Mereka Alami” , itulah yang menjadi dasar bagi mereka untuk menilai atas amanah yang kau jalankan selaku pemimpin. Nilaimu bukan karena polesan angka dan statistik yang kau sajikan, yang pastinya mereka tidak pahami.

LAINNYA

- Advertisment -

Khutbah
Khutbah Terbaru & Terlengkap

Terpopuler

#1

#2

#3

#4

#5

Kolom
Kirim Tulisan Anda Ke Kami