Dewan Kesenian Lotim Dipercaya Sebagai SC Pada Munas Dewan Kesenian dan Budaya Nasional. 

Sinar5news.com – Lombok Timur – Ketua Dewan Kesenian (DK) Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB) Ashwan Kailani mengatakan, Dewan Kesenian Lotim akan mengikuti Musyawarah Nasional Kesenian dan atau Dewan Kebudayaan Indonesia 2023, yang akan digelar di Jakarta, dari tanggal 10 – 14 Desember 2023 mendatang.

Munas akan digelar dari tanggal 10 hingga 14 Desember di Jakarta, tetapi kegiatan pra Munas digelar dari tanggal 28 November kemaren, seperti kegiatan webiner dengan seluruh pengurus DK se Indonesia,kata Ashwan. Kamis (30/11/2023)

Dalam zoom metting dengan seluruh pimpinan DK se Indonesia itu membahas tentang persiapan pelaksanaan munas. Dalam pembahasan soal susunan acara Dewan Kesenian Lombok Timur dipercayakan sebagai tim SC dan Perumus pada kegiatan Munas tersebut.

“Alhamdulillah kita dari Dewan Kesenian Lombok Timur di percayakan sebagai Steering Committee (SC) dan Perumus pada kegiatan Munas di Jakarta pada bulan Desember 2023 mendatang, ungkap Ashwan Kailani

Ashwan Kailani menjelaskan, Musyawarah Nasional Dewan Kesenian dan atau Dewan Kebudayaan nanti akan membahas beberapa hal yang penting soal kesenian dan kebudayaan Indonesia. 

Dimana pada sidang pleno akan dibahas tema Transformasi Peran dan Fungsi Dewan Kesenian dan atau Dewan Kebudayaan. Setelah itu, peserta dibagi dalam beberapa komisi untuk membahas lebih detail lagi mengenai tema tersebut.

Peserta agenda Pra Munas kemarin terlihat antusias memperhatikan paparan Rence,ujarnya.

Selain itu, saat sesi tanya jawab, mereka juga aktif bertanya serta memberi pendapat. Lutfi dari Dewan Kesenian Ternate misalnya, mengusulkan agar ada dana abadi kebudayaan di daerah. Bahkan dia mengungkapkan bila regulasi tentang itu sudah ada, tinggal mendorong pemerintah daerah untuk mewujudkannya.

Ikut memberi masukan pada acara tersebut perwakilan dari Kemendikbud yang juga Tim Perumus Anom Astika dan perwakilan dari Tim Pengarah Irawan Karseno.

Kegiatan tersebut mengundang seluruh Dewan Kesenian dan atau Dewan Kebudayaan di Indonesia baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota.

Musyawarah itu merupakan tindak lanjut dari Kongres Kebudayaan Indonesia 2023. Pada maklumat yang dikeluarkan pada kongres di Jakarta baru-baru ini, disebut bila transformasi tata kelola Dewan Kesenian dan atau Dewan Kebudayaan menjadi prioritas kelembagaan untuk membangun pemajuan kebudayaan.(red)

LAINNYA

- Advertisment -

Khutbah
Khutbah Terbaru & Terlengkap

Terpopuler

#1

#2

#3

#4

#5

Kolom
Kirim Tulisan Anda Ke Kami