Khutbah Jumat Edisi 3 November 2023 “Doa Untuk Palestina”

بِسْمِ اللهِ وَبـِحَمْدِهِ. اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

اَلْحَمْدُ ِللهِ وَكَفٰى، وَسَلاَمٌ عَلٰى عِبَادِهِ الَّذِيْنَ اصْطَفٰى. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلٰهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ. وَأَشْهَدُ أَنّ مُحَمّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ لاَ نَبِيَّ بَعْدَهُ.

اَللهُمّ صَلِّ وَسَلّمْ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمّدٍ وَعَلى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلٰى يَوْمِ الدِّيْنِ, اَمَّا بَعْدُ. فَيَا عِبَادَ اللهِ، اُوْصِيْكُمْ وَاِيَّايَ بِتَقْوَى اللهِ وَطَاعَتِهِ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ. قَالَ اللهُ تَعَالَى فىِ الْقُرْآنِ الْكَرِيْمِ، أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ. يَاأَيّهَا الّذَيْنَ آمَنُوْا اتّقُوا اللهَ حَقّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ.

اَللّٰهُمَّ اَصْلِحْ اُمَّةَ مُحَمَّدٍ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ. وَفَرِّجْ عَنْ أُمَّةِ مُحَمَّدٍ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ. وَارْحَمْ اُمَّةَ مُحَمَّدٍ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ. وَانْشُرْ وَاحْفَظْ نـَهْضَةَ الْوَطَنِ فِى الْعَالَمِيْنَ بِحَقِّ مُحَمَّدٍ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ.

Kaum muslimin sidang jamaah jumat yang berbahagia, Rahimakumullah.

Puji dan syukur Alhamdulillah marilah kita sampaikan kehadirat Allah Robbul’izzati, pada kesempatan jumat ini kita kembali dapat melaksanakan kewajiban sebagai seorang muslim yaitu shalat Jumat secara berjamaah di masjid yang kita cintai ini. Shalawat dan salam marilah kita sampaikan kepada uswatun hasanah kita yaitu baginda nabi besar Muhammad SAW. Juga kepada segenap keluarga dan sahabatnya, semoga kita semua yang hadir di masjid ini, kelak di hari kiamat mendapatkan syafaat dari beliau. Aamiin.

Jamaah kaum muslimin sidang Jumat yang berbahagia rahimakumullah

Salah satu negara yang sampai saat ini masih tertindas dan terjajah oleh bangsa Israel adalah negara Palestina. Penjajahan bangsa Israel ini sesungguhnya sudah dimulai lebih dari 100 tahun yang lalu, tepat pada tanggal 2 November 1979. Ratusan ribu korban dari warga Palestina akibat konflik ini baik itu korban nyawa maupun korban luka-luka. Belum lagi ribuan fasilitas bangunan seperti rumah warga, gedung pendidikan, sarana ibadah dan perkantoran hancur luluh lantah. Rasanya pembangunan kembali hampir mustahil dapat dilakukan, oleh karena pengepungan tentara Israel menghalangi material konstruksi seperti baja dan semen mencapai wilayah jalur Gaza.

Lalu bagaimana perkembangan terkini mengenai keadaan palestina khususnya di jalur Gaza dan apa sikap kita untuk membantu warga palestina agar mereka segera dapat membebaskan diri dari cengkraman kejahatan zionis Israel? Mari kita mengulasnya berdasarkan untaian syair buah karya Abu Akrom yang khatib nukil dari media SinarLIMA (Syiar.Sinar5News.com) yang merupakan Syair Inspiratif ke-418.

Saat ini di Palestina
Kondisi belum aman sentosa
Akibat serangan musuh durjana
Pasukan Israel membabi buta

Untuk saat ini di Palestina semenjak terjadinya perang antara Israel dan kelompok pejuang Hamas dari tanggal 7-30 Oktober 2023, kondisinya belum aman sentosa. Ini semua akibat serangan musuh durjana laknatullah yaitu pasukan Israel dengan melakukan pengeboman dari udara secara membabi buta, sehingga banyak sekali warga Palestina yang terdiri dari anak-anak dan orang tua yang tidak berdosa mengalami luka parah dan meninggal dunia.

Korban dari pihak palestina
Ribuan meninggal dunia
Ribuan korban luka-luka
Ribuan rumah hancur dan rata

Berdasarkan data yang khatib ambil dari databoks.katadata.co.id memberitakan bahwa korban rakyat Palestina paling banyak berada di jalur Gaza yakni korban jiwa 8.309 orang dan korban luka 21.048 orang. Sementara di wilayah tepi Barat korban jiwa 121 orang dan korban luka 2.208 orang. Di luar angka-angka ini diinformasikan ada sekitar 1.950 warga Palestina di Gaza yang dilaporkan hilang, sekitar 1.050 orang di antaranya adalah anak-anak. Mereka yang hilang ini diperkirakan terjebak di timbunan reruntuhan bangunan. Bangunan rumah rusak mencapai 200 ribu unit. Sementara rumah yang hancur total bisa mencapai 32.500 unit. Gedung, segala jenisnya, yang hancur diprediksi mencapai 6.500 unit.

Sungguh berat ujian mereka
Yang tinggal di wilayah Gaza
Mereka ingin segera merdeka
Dari penjajah Israel durjana

Sungguh berat sekali ujian yang menimpa mereka khususnya yang tinggal di wilayah jalur Gaza yang saat ini masih dikuasai dan dikepung oleh zionis Israil dan merupakan penjara terbuka yang membatasi segala gerak gerik kehidupan mereka. Tentu mereka ingin sekali menikmati udara kemerdekaan yang selama ini sudah puluhan tahun dikuasai oleh penjajah Israel durjana laknatullah alaihim. Apapun alasannya merdeka bagi warga Palestina adalah pilihan terbaik, agar situasi dan kondisi senantiasa membaik untuk dapat melakukan berbagai macam aktifitas secara aman, nyaman dan leluasa seperti ibadah, muamalah dan lain sebagainya.

Mari kita berdoa bersama
Semoga para pejuang disana
Dapat kekuatan sempurna
Mengalahkan penjajah durjana

Melihat kondisi yang sangat memperihatinkan dimana banyak korban yang berjatuhan akibat kejahatan zionis Israel kepada warga Palestina, akhirnya marilah kita membantu dengan segala kekuatan yang kita miliki seperti mengirimkan dana atau ikut berjihad jika memang diperlukan. Dan kita semua berdoa, semoga para pejuang Hamas (Harakatul Muqawamatul Islamiyah) mendapatkan kekuatan yang sempurna dari Allah Ta’ala untuk mengalahkan penjajah Israel durjana laknatullah alaihim.

Semoga penjajah Israel durjana
Hancur lebur bala tentaranya
Palestina cepat merdeka
Agar, damai, aman, sentosa

Dengan gigihnya para pejuang Hamas dan pejuang lainnya yang bergabung berjihad melawan penjajah Israel, semoga Allah SWT memberi kemenangan dengan menghancurkan tentara Israel dan tidak mampu lagi berbuat semena-mena yang selama ini mereka lakukan. Semoga rakyat Palestina segera merdeka dari penjajahan sadis ini, agar tercipta suasana penuh damai, aman dan sentosa untuk dapat menikmati indahnya kehidupan di dunia dalam rangka menyempurnakan ibadah kepada Allah SWT.

Hadirin jamaah kaum muslimin yang berbahagia rahimakumullah.

Hendaknya urusan Palestina juga menjadi urusan kita, karena bagaimanpun Palestina adalah bumi para Nabi. Apalagi disana ada tempat suci bagi umat islam yaitu masjid Al Aqsha yang merupakan masjid ke tiga setelah Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Perlu diketahui bahwa kita bersaudara, maka wajib hukumnya kita saling membantu dengan kemampuan apapun yang kita miliki. Nabi menggambarkan seperti tubuh kita, bila salah satu bagian yang sakit, maka akan merasakan sakit tersebut di seluruh tubuh. Nabi bersabda;

مَثَلُ الْمُؤْمِنِينَ فِي تَوَادِّهِمْ، وَتَرَاحُمِهِمْ، وَتَعَاطُفِهِمْ مَثَلُ الْجَسَدِ إِذَا اشْتَكَى مِنْهُ عُضْوٌ تَدَاعَى لَهُ سَائِرُ الْجَسَدِ بِالسَّهَرِ وَالْحُمَّى

Artinya ; “Perumpamaan orang-orang yang beriman dalam hal saling mengasihi, mencintai, dan menyayangi bagaikan satu tubuh. Apabila ada salah satu anggota tubuh yang sakit, maka seluruh tubuhnya akan ikut terjaga dan panas (turut merasakan sakitnya).” (HR. Bukhari no. 6011 dan Muslim no. 2586)

Demikian khutbah singkat yang dapat khatib sampaikan, semoga menjadi suatu pencerahan terhadap kondisi terkini di bumi Palestina dan semoga Allah mengabulkan doa kita untuk kemenangan para pejuang Islam melawan zionis Israel. Aamiin.

بَارَكَ الله لِي وَلَكُمْ فِى اْلقُرْآنِ اْلعَظِيْمِ، وَنَفَعَنِي وَإِيَّاكُمْ بِمَافِيْهِ مِنَ الْآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيمِ وَتَقَبَّلَ اللهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ تِلاَوَتَهُ وَإِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ العَلِيْمُ، وَأَقُوْلُ قَوْلِي هَذَا فَأسْتَغْفِرُ اللهَ العَظِيْمَ إِنَّهُ هُوَ الغَفُوْرُ الرَّحِيْم

Khutbah II

اَلْحَمْدُ للهِ عَلىَ إِحْسَانِهِ وَالشُّكْرُ لَهُ عَلىَ تَوْفِيْقِهِ وَاِمْتِنَانِهِ. وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الدَّاعِى إلىَ رِضْوَانِهِ. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وِعَلَى اَلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كِثيْرًا

أَمَّا بَعْدُ فَياَ اَيُّهَا النَّاسُ اِتَّقُوااللهَ فِيْمَا أَمَرَ وَانْتَهُوْا عَمَّا نَهَى وَاعْلَمُوْا أَنَّ اللهَ أَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ بَدَأَ فِيْهِ بِنَفْسِهِ وَثَـنَى بِمَلآ ئِكَتِهِ الْمُسَبِّحَةِ بِقُدْسِهِ وَقَالَ تَعاَلَى إِنَّ اللهَ وَمَلآئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلىَ النَّبِى يآ اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلِّمْ وَعَلَى آلِ سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَنْبِيآئِكَ وَرُسُلِكَ وَمَلآئِكَةِ اْلمُقَرَّبِيْنَ وَارْضَ اللّهُمَّ عَنِ اْلخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ أَبِى بَكْرٍ وَعُمَر وَعُثْمَان وَعَلي وَعَنْ بَقِيَّةِ الصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِيْنَ وَتَابِعِي التَّابِعِيْنَ لَهُمْ بِاِحْسَانٍ اِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ وَارْضَ عَنَّا مَعَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

اَللهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَاْلمُؤْمِنَاتِ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَاْلمُسْلِمَاتِ اَلاَحْيآء مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ اللهُمَّ أَعِزَّ اْلإِسْلاَمَ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَأَذِلَّ الشِّرْكَ وَاْلمُشْرِكِيْنَ وَانْصُرْ عِبَادَكَ اْلمُوَحِّدِيْنَ وَانْصُرْ مَنْ نَصَرَ الدِّيْنَ وَاخْذُلْ مَنْ خَذَلَ اْلمُسْلِمِيْنَ وَ دَمِّرْ أَعْدَاءَ الدِّيْنِ وَاعْلِ كَلِمَاتِكَ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ. اللهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا اْلبَلاَءَ وَاْلوَبَاءَ وَالزَّلاَزِلَ وَاْلمِحَنَ وَسُوْءَ اْلفِتْنَةِ وَاْلمِحَنَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ عَنْ بَلَدِنَا اِنْدُونِيْسِيَّا خآصَّةً وَسَائِرِ اْلبُلْدَانِ اْلمُسْلِمِيْنَ عآمَّةً يَا رَبَّ اْلعَالَمِيْنَ. رَبَّنَا آتِناَ فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. رَبَّنَا ظَلَمْنَا اَنْفُسَنَا وَاإنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ اْلخَاسِرِيْنَ

عِبَادَاللهِ ! إِنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِاْلعَدْلِ وَاْلإِحْسَانِ وَإِيْتآءِ ذِي اْلقُرْبىَ وَيَنْهَى عَنِ اْلفَحْشآءِ وَاْلمُنْكَرِ وَاْلبَغْي يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ وَاذْكُرُوا اللهَ اْلعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْهُ عَلىَ نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرْ

Bekasi, 19 Rabiul Akhir 1445 H/3 November 2023 M

Penulis : Marolah Abu Akrom (087887270732)

Bagi para khatib yang membutuhkan teks khutbah jumat ini, dapat mendowoload di sini:

Khutbah Jumat Edisi 3 November 2023 doa untuk Palestina

LAINNYA

- Advertisment -

Khutbah
Khutbah Terbaru & Terlengkap

Terpopuler

#1

#2

#3

#4

#5

Kolom
Kirim Tulisan Anda Ke Kami