Khutbah Jumat Edisi 27 Oktober 2023 “Manfaat Berdiri Tegak Dalam Shalat”

 

بِسْمِ اللهِ وَبـِحَمْدِهِ. اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

اَلْحَمْدُ ِللهِ وَكَفٰى، وَسَلاَمٌ عَلٰى عِبَادِهِ الَّذِيْنَ اصْطَفٰى. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلٰهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ. وَأَشْهَدُ أَنّ مُحَمّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ لاَ نَبِيَّ بَعْدَهُ.

اَللهُمّ صَلِّ وَسَلّمْ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمّدٍ وَعَلى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلٰى يَوْمِ الدِّيْنِ, اَمَّا بَعْدُ. فَيَا عِبَادَ اللهِ، اُوْصِيْكُمْ وَاِيَّايَ بِتَقْوَى اللهِ وَطَاعَتِهِ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ. قَالَ اللهُ تَعَالَى فىِ الْقُرْآنِ الْكَرِيْمِ، أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ. يَاأَيّهَا الّذَيْنَ آمَنُوْا اتّقُوا اللهَ حَقّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ.

اَللّٰهُمَّ اَصْلِحْ اُمَّةَ مُحَمَّدٍ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ. وَفَرِّجْ عَنْ أُمَّةِ مُحَمَّدٍ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ. وَارْحَمْ اُمَّةَ مُحَمَّدٍ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ. وَانْشُرْ وَاحْفَظْ نـَهْضَةَ الْوَطَنِ فِى الْعَالَمِيْنَ بِحَقِّ مُحَمَّدٍ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ.

Kaum muslimin sidang jamaah jumat yang berbahagia, Rahimakumullah.

Puji dan syukur Alhamdulillah marilah kita sampaikan kehadirat Allah Robbul’izzati, pada kesempatan jumat ini kita kembali dapat melaksanakan kewajiban sebagai seorang muslim yaitu shalat Jumat secara berjamaah di masjid yang kita cintai ini. Shalawat dan salam marilah kita sampaikan kepada uswatun hasanah kita yaitu baginda nabi besar Muhammad SAW. Juga kepada segenap keluarga dan sahabatnya, semoga kita semua yang hadir di masjid ini, kelak di hari kiamat mendapatkan syafaat dari beliau. Aamiin.

Jamaah kaum muslimin sidang Jumat yang berbahagia rahimakumullah

Berbicara mengenai manfaat shalat, tentu ini adalah bagian yang sangat penting dan dibutuhkan bagi semua umat Islam. Para pengkaji dan peneliti yang terdiri dari para ulama, cendikiawan, ahli psikologi dan ahli kedokteran sudah banyak mengungkapkan berbagai manfaat melaksanakan ibadah shalat dilihat dari gerakan dan ucapan di dalamnya. Setelah mereka melakukan pengkajian dan penelitian secara mendalam, kemudian didokumentasikan manfaat-manfaat shalat tersebut dalam berbagai buku dan jurnal yang bersifat ilmiyah dan dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya.

Tujuan utama khatib mengungkapkan manfaat shalat ini, agar para jamaah semakin bersemangat dan senang melaksanakan ibadah shalat dalam keadaan apapun hingga sang ajal datang menjemput raga. Salah satu bagian shalat yang kita kaji pada khutbah jumat yang singkat ini adalah manfaat berdiri tegak dari kacamata ketauhidan dan kesehatan secara medis. Untuk mengungkapkan manfaatnya secara utuh dan komprehensif, dapat kita telaah untaian beberapa bait syair indah buah karya Abu Akrom yang khatib nukil dari media SinarLIMA (Syiar.Sinar5News.com).

Berdiri tegak dalam shalat
Memiliki banyak manfaat
Mari kaji dengan akal sehat
Agar selamat dunia akhirat

Salah satu rukun shalat yang mesti dilakukan adalah berdiri tegak menghadap kiblat. Ternyata setelah diteliti secara ilmiyah, memiliki banyak sekali manfaat yang selama ini kurang mendapatkan perhatian yang serius dari para pengamal shalat. Maka mari kita mengkajinya sungguh-sungguh dengan menggunakan kecerdasan akal sehat dan kesadaran spiritual yang tinggi, agar kita benar-benar selamat tidak hanya di dunia, tetapi lebih dari itu agar kita selamat di akhirat nanti. Ketahuilah bahwa amal pertama yang ditanya kelak di akhirat adalah shalat, kalau shalatnya bagus, maka baguslah seluruh amal yang lain, tetapi bila shalatnya buruk maka dipandang gagal dan rugi. Perhatikan hadits berikut;

إنَّ أَوَّلَ مَا يُحَاسَبُ بِهِ العَبْدُ يَوْمَ القِيَامَةِ مِنْ عَمَلِهِ صَلَاتُهُ، فَإنْ صَلُحَتْ، فَقَدْ أَفْلَحَ وَأَنْجَحَ، وَإنْ فَسَدَتْ، فَقَدْ خَابَ وَخَسِرَ، فَإِنِ انْتَقَصَ مِنْ فَرِيْضَتِهِ شَيْءٌ، قَالَ الرَّبُ – عَزَّ وَجَلَّ – : اُنْظُرُوْا هَلْ لِعَبْدِيْ مِنْ تَطَوُّعٍ، فَيُكَمَّلُ مِنْهَا مَا انْتَقَصَ مِنَ الفَرِيْضَةِ ؟ ثُمَّ تَكُوْنُ سَائِرُ أعْمَالِهِ عَلَى هَذَا

Artinya: “Sesungguhnya amal yang pertama kali dihisab pada seorang hamba pada hari kiamat adalah shalatnya. Maka, jika shalatnya baik, sungguh ia telah beruntung dan berhasil. Dan jika shalatnya rusak, sungguh ia telah gagal dan rugi. Jika berkurang sedikit dari shalat wajibnya, maka Allah Ta’ala berfirman: “Lihatlah apakah hamba-Ku memiliki shalat sunnah.” Maka disempurnakanlah apa yang kurang dari shalat wajibnya. Kemudian begitu pula dengan seluruh amalnya.” (HR at-Tirmidzi)

Pertama sebagai tanda
Menghadap pada yang kuasa
Pencipta alam semesta
Langit bumi beserta isinya

Pertama dengan kita berdiri tegak dalam shalat menjadi suatu tanda bahwa kita sedang menghadap pada Allah Yang Maha Kuasa. Inilah saat yang paling penting, seakan-akan badan kita sedang berhadap-hadapan secara langsung kepada pencipta alam semesta, langit bumi beserta isinya. Terbangun suasana menghormati dan menghargai, karena betapa sempurnanya Allah dengan segala sifat baik yang dimiliki-Nya. Di sisi lain dengan berdiri tegak sama artinya kita melaporkan segala bentuk kebaikan yang telah kita lakukan dan berharap agar Allah berkenan menerimanya sebagai suatu pahala yang besar di akhirat nanti.

Kedua melatih fokus kita
Melihat satu titik saja
Yaitu tempat sujud kepala
Lima waktu janganlah lupa

Kedua yang tak kalah pentingnya bahwa dengan berdiri tegak akan melatih sikap fokus kita untuk melihat ke arah satu titik saja yaitu tempat kepala bersujud. Dan ini akan terus dilaksanakan setiap lima waktu sehari semalam dalam 17 rakaat, jangan sampai kita lupa oleh karena kesibukan duniawi yang tidak ada habisnya. Diantara manfaat dan hikmah senantiasa berdiri tegak adalah akan senantiasa tegak dan teguh dalam menghadapi apapun bentuk ujian dan tantangan dalam kehidupan dan senantiasa fokus mengarahkan pandangan, pikiran dan hati untuk melakukan segala apapun yang bermakna demi mencapai keinginan dan cita-cita yang mulia.

Ketiga keseimbangan kita
Dilatih lurus total sempurna
Tidak goyang shalat pun prima
Jiwa tenang damai bahagia

Ketiga dengan berdiri tegak niscaya keseimbangan tubuh kita yang terdiri dari berbagai unsur seperti kulit, daging dan tulang, benar-benar dilatih dan dibentuk menjadi baik, lurus dan bagus secara total dan sempurna sesuai dengan letak dan fungsinya. Badan sedikitpun tidak goyang, sehingga shalat terlaksana dengan prima, rapi dan maksimal. Ketika suasana seperti ini didapatkan, maka jiwa terasa sangat nyaman, tenang, damai dan bahagia dalam arti yang sebenarnya.

Keempat tulang belakang kita
Menjadi lurus kokoh terasa
Tulang kuat sehat bekerja
Ibadah lancar tanpa kendala

Keempat tulang belakang kita yang banyak mengalami pergerakan ke kanan, kiri, bawah dan atas oleh karena padatnya aktifitas sehari-hari, menyebabkan tulang tersebut rentan mengalami gangguan seperti encok, pegal-pegal, keseleo dan dapat terjadi pergeseran yang membahayakan tubuh kita sendiri. Maka dengan berdiri tegak, akan meluruskan tulang belulang kita, menjadi lebih kokoh dan mengembalikan pada posisi yang sebenarnya. Sehingga tulang kita menjadi kuat dan sehat dalam bekerja, ibadah lancar dan terlaksana dengan baik tanpa ada kendala yang menghalangi, subhanallah.

Hadirin jamaah sidang jumat yang berbahagia rahimakumullah.

Demikian khutbah jumat singkat yang dapat khatib sampaikan, semoga dapat diamalkan untuk mendapatkan manfaat dan hikmah yang sempurna terkait dengan berdiri tegak dalam pelaksanaan ibadah shalat setiap hari.

بَارَكَ الله لِي وَلَكُمْ فِى اْلقُرْآنِ اْلعَظِيْمِ، وَنَفَعَنِي وَإِيَّاكُمْ بِمَافِيْهِ مِنَ الْآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيمِ وَتَقَبَّلَ اللهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ تِلاَوَتَهُ وَإِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ العَلِيْمُ، وَأَقُوْلُ قَوْلِي هَذَا فَأسْتَغْفِرُ اللهَ العَظِيْمَ إِنَّهُ هُوَ الغَفُوْرُ الرَّحِيْم

Khutbah II

اَلْحَمْدُ للهِ عَلىَ إِحْسَانِهِ وَالشُّكْرُ لَهُ عَلىَ تَوْفِيْقِهِ وَاِمْتِنَانِهِ. وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الدَّاعِى إلىَ رِضْوَانِهِ. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وِعَلَى اَلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كِثيْرًا

أَمَّا بَعْدُ فَياَ اَيُّهَا النَّاسُ اِتَّقُوااللهَ فِيْمَا أَمَرَ وَانْتَهُوْا عَمَّا نَهَى وَاعْلَمُوْا أَنَّ اللهَ أَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ بَدَأَ فِيْهِ بِنَفْسِهِ وَثَـنَى بِمَلآ ئِكَتِهِ الْمُسَبِّحَةِ بِقُدْسِهِ وَقَالَ تَعاَلَى إِنَّ اللهَ وَمَلآئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلىَ النَّبِى يآ اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلِّمْ وَعَلَى آلِ سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَنْبِيآئِكَ وَرُسُلِكَ وَمَلآئِكَةِ اْلمُقَرَّبِيْنَ وَارْضَ اللّهُمَّ عَنِ اْلخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ أَبِى بَكْرٍ وَعُمَر وَعُثْمَان وَعَلي وَعَنْ بَقِيَّةِ الصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِينَ وَتَابِعِي التَّابِعِيْنَ لَهُمْ بِاِحْسَانٍ اِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ وَارْضَ عَنَّا مَعَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

اَللهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَاْلمُؤْمِنَاتِ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَاْلمُسْلِمَاتِ اَلاَحْيآء مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ اللهُمَّ أَعِزَّ اْلإِسْلاَمَ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَأَذِلَّ الشِّرْكَ وَاْلمُشْرِكِيْنَ وَانْصُرْ عِبَادَكَ اْلمُوَحِّدِيْنَ وَانْصُرْ مَنْ نَصَرَ الدِّيْنَ وَاخْذُلْ مَنْ خَذَلَ اْلمُسْلِمِيْنَ وَ دَمِّرْ أَعْدَاءَ الدِّيْنِ وَاعْلِ كَلِمَاتِكَ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ. اللهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا اْلبَلاَءَ وَاْلوَبَاءَ وَالزَّلاَزِلَ وَاْلمِحَنَ وَسُوْءَ اْلفِتْنَةِ وَاْلمِحَنَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ عَنْ بَلَدِنَا اِنْدُونِيْسِيَّا خآصَّةً وَسَائِرِ اْلبُلْدَانِ اْلمُسْلِمِيْنَ عآمَّةً يَا رَبَّ اْلعَالَمِيْنَ. رَبَّنَا آتِناَ فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. رَبَّنَا ظَلَمْنَا اَنْفُسَنَا وَاإنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ اْلخَاسِرِيْنَ

عِبَادَاللهِ ! إِنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِاْلعَدْلِ وَاْلإِحْسَانِ وَإِيْتآءِ ذِي اْلقُرْبىَ وَيَنْهَى عَنِ اْلفَحْشآءِ وَاْلمُنْكَرِ وَاْلبَغْي يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ وَاذْكُرُوا اللهَ اْلعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْهُ عَلىَ نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرْ

Bekasi, 11 Rabiul Akhir 1445 H/26 Oktober 2023 M

Penulis : Marolah Abu Akrom (087887270732)

Bagi para khatib yang membutuhkan teks jumat ini dapat mendownloadnya di sini

Khutbah Jumat Edisi 27 Oktober 2023 manfaat berdiri tegak dalam shalat

LAINNYA

- Advertisment -

Khutbah
Khutbah Terbaru & Terlengkap

Terpopuler

#1

#2

#3

#4

#5

Kolom
Kirim Tulisan Anda Ke Kami