Khutbah Jumat Edisi 20 Oktober 2023 “Tergantung Prasangka Hamba”

بِسْمِ اللهِ وَبـِحَمْدِهِ. اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

اَلْحَمْدُ ِللهِ وَكَفٰى، وَسَلاَمٌ عَلٰى عِبَادِهِ الَّذِيْنَ اصْطَفٰى. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلٰهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ. وَأَشْهَدُ أَنّ مُحَمّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ لاَ نَبِيَّ بَعْدَهُ.

اَللهُمّ صَلِّ وَسَلّمْ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمّدٍ وَعَلى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلٰى يَوْمِ الدِّيْنِ, اَمَّا بَعْدُ. فَيَا عِبَادَ اللهِ، اُوْصِيْكُمْ وَاِيَّايَ بِتَقْوَى اللهِ وَطَاعَتِهِ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ. قَالَ اللهُ تَعَالَى فىِ الْقُرْآنِ الْكَرِيْمِ، أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ. يَاأَيّهَا الّذَيْنَ آمَنُوْا اتّقُوا اللهَ حَقّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ.

اَللّٰهُمَّ اَصْلِحْ اُمَّةَ مُحَمَّدٍ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ. وَفَرِّجْ عَنْ أُمَّةِ مُحَمَّدٍ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ. وَارْحَمْ اُمَّةَ مُحَمَّدٍ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ. وَانْشُرْ وَاحْفَظْ نـَهْضَةَ الْوَطَنِ فِى الْعَالَمِيْنَ بِحَقِّ مُحَمَّدٍ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ.

Kaum muslimin sidang jamaah jumat yang berbahagia, Rahimakumullah.

Puji dan syukur Alhamdulillah marilah kita sampaikan kehadirat Allah Robbul’izzati, pada kesempatan jumat ini kita kembali dapat melaksanakan kewajiban sebagai seorang muslim yaitu shalat Jumat secara berjamaah di masjid yang kita cintai ini. Shalawat dan salam marilah kita sampaikan kepada uswatun hasanah kita yaitu baginda nabi besar Muhammad SAW. Juga kepada segenap keluarga dan sahabatnya, semoga kita semua yang hadir di masjid ini, kelak di hari kiamat mendapatkan syafaat dari beliau. Aamiin.

Jamaah kaum muslimin sidang Jumat yang berbahagia rahimakumullah

Dalam hidup ini tidak selalu dalam kondisi yang enak dan menyenangkan. Bahkan seringnya timbul berbagai macam masalah dan kendala yang datang secara tiba-tiba tanpa pernah di duga sebelumnya. Bagaimana kita menghadapinya dan cara apa saja yang terbaik untuk keluar dari masalah tersebut? Pada kesempatan khutbah Jum’at kali ini, khatib akan mencoba membahasnya berdasarkan untaian Syair Inspiratif yang ke-417 buah karya Abu Akrom yang khatib nukil dari media online SinarLIMA (Syiar.Sinar5News.com)

Selama hidup di alam dunia
Banyak masalah yang menimpa
Silih berganti datang menerpa
Seakan-akan tiada habisnya

Semua manusia tanpa kecuali selama menjalani hidup di alam dunia yang fana’ ini, banyak sekali masalah yang datang menimpa baik sifatnya kecil maupun besar. Masalah-masalah tersebut silih berganti senantiasa datang menerpa dalam kehidupan keluarga, tetangga, tempat bekerja, lingkungan masyarakat dan lain sebagainya. Seakan-akan tidak ada habisnya, selesai masalah yang satu, datang lagi masalah berikutnya. Masalah berikutnya selesai, muncul lagi masalah yang lainnya. Demikian seterusnya hingga kematian itu datang, itulah akhir masalah di dunia.

Apalagi masalahnya berat
Banyak orang yang tidak kuat
Jadi stres akal tak sehat
Mental rapuh jiwa sekarat

Dalam kenyataannya masalah itu memiliki dua katagori ada yang ringan dan ada yang berat. Semua masalah ini berdampak negatif yang pada akhirnya banyak yang tidak kuat fisiknya, jika tidak pandai menyelesaikannya, maka timbullah penyakit-penyakit yang bersifat psikis seperti badannya jadi stres, akal tak sehat, mental rapuh dan jiwapun sekarat. Jangan sampai kita mengalami keadaan buruk seperti ini, sungguh tidak akan ada suasana ketenangan dan kedamaian dalam hati dan jiwa. Ini semua terjadi pangkal utamanya karena menipisnya keimanan di dalam diri manusia.

Bagi orang yang beriman
Betapapun berat permasalahan
Dihadapi penuh kesabaran
Yakin dapat diselesaikan

Berbeda halnya bagi orang yang beriman dengan iman yang kokoh dan mapan. Betapapun berat permasalahan yang menimpa, niscaya dihadapi dengan kebesaran jiwa yang penuh dengan nilai kesabaran, tidak banyak mengeluh, berlapang dada dan yakin pasti masalah tersebut dapat diselesaikan dengan baik, benar dan tuntas. Karena dalam pandangan hidupnya memegang prinsip yang matang bahwa masalah yang datang bukan untuk menyiksa seorang hamba, tetapi menjadi proses pembelajaran untuk pendewasaan diri menuju sikap yang lebih bijaksana, terarah dan terprogram dalam mengatur pola kehidupan yang berdasarkan ajaran Islam yang luhur.

Semua tergantung prasangka hamba
Akan terjadi dengan sendirinya
Sesuai dengan keyakinannya
Demikianlah Nabi bersabda

Ternyata dalam menghadapi masalah yang ada, semua tergantung prasangka seorang hamba kepada Tuhannya. Apabila perasangkanya buruk, maka buruklah keadaanya, bahkan masalahnya menjadi bertambah parah dan sulit diselesaikan. Sebaliknya bila kita berprasangka baik, bahwa seberat apapun masalah tersebut, pasti dapat diatasi dan menemukan solusi yang tebaik. Perhatikan sabda Nabi dalam salah satu hadits qudsi berikut ini ;

وَعَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ – رَضِيَ اللهُ عَنْهُ – : أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – ، قَالَ : (( يَقُوْلُ اللهُ تَعَالَى : أَنَا عِنْدَ ظَنِّ عَبْدِي بِي ، وَأَنَا مَعَهُ إِذَا ذَكَرَنِي ، فَإِنْ ذَكَرَنِي فِي نَفْسِهِ ، ذَكَرْتُهُ فِي نَفْسِي ، وَإِنْ ذَكَرنِي فِي مَلَأٍ ذَكَرْتُهُ فِي مَلأٍ خَيْرٍ مِنْهُمْ )) مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda; Allah Taala berfirman, Aku sesuai persangkaan hamba-Ku. Aku bersamanya ketika ia mengingat-Ku. Jika ia mengingat-Ku saat bersendirian, Aku akan mengingatnya dalam diri-Ku. Jika ia mengingat-Ku di suatu kumpulan, Aku akan mengingatnya dikumpulkan yang lebih baik daripada itu (kumpulan Malaikat). (HR. Muttafaq ‘alaih.)

Jika yakin Allah Ta’ala
Pasti akan menolong kita
Apapun masalah yang menimpa
Akan selesai dengan rahmat-Nya

Jika kita benar-benar yakin bahwa Allah SWT benar-benar akan menolong kita dalam menyelesaikan apapun masalah yang menimpa, apakah masalah ekonomi, pendidikan, rumah tangga, pekerjaan dan lain sebagainya, niscaya akan selesai dan tuntas dengan limpahan rahmat-Nya yang tercurah begitu luas dan sempurna. Inilah rahasia yang jarang orang mengetahuinya, bahwa sesungguhnya kita adalah makhluk yang sangat lemah dan ketika ada masalah, hanya dengan rahmat Allah sajalah masalah itu selesai. Betapa bahagia dan beruntungnya orang yang mendapatkan rahmat Allah dalam menyelesaikan masalah, tidak ada yang kecewa bahkan semakin dewasa dan bijak dalam menjalani kehidupan di dunia yang penuh dengan masalah ini.

Hadirin jamaah sidang jumat yang berbahagia, rahimakumullah.

Demikian khutbah singkat yang dapat khatib sampaikan, semoga menjadi bekal terbaik untuk dapat menyelesaikan masalah apapun di dunia ini secara baik, benar dan tuntas dengan mendapatkan rahmat Allah yang sempurna. Aamiin yaa Robbal ‘aalamiin.

بَارَكَ الله لِي وَلَكُمْ فِى اْلقُرْآنِ اْلعَظِيْمِ، وَنَفَعَنِي وَإِيَّاكُمْ بِمَافِيْهِ مِنَ الْآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيمِ وَتَقَبَّلَ اللهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ تِلاَوَتَهُ وَإِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ العَلِيْمُ، وَأَقُوْلُ قَوْلِي هَذَا فَأسْتَغْفِرُ اللهَ العَظِيْمَ إِنَّهُ هُوَ الغَفُوْرُ الرَّحِيْم

Khutbah II

اَلْحَمْدُ للهِ عَلىَ إِحْسَانِهِ وَالشُّكْرُ لَهُ عَلىَ تَوْفِيْقِهِ وَاِمْتِنَانِهِ. وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الدَّاعِى إلىَ رِضْوَانِهِ. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وِعَلَى اَلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كِثيْرًا

أَمَّا بَعْدُ فَياَ اَيُّهَا النَّاسُ اِتَّقُوااللهَ فِيْمَا أَمَرَ وَانْتَهُوْا عَمَّا نَهَى وَاعْلَمُوْا أَنَّ اللهَ أَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ بَدَأَ فِيْهِ بِنَفْسِهِ وَثَـنَى بِمَلآ ئِكَتِهِ الْمُسَبِّحَةِ بِقُدْسِهِ وَقَالَ تَعاَلَى إِنَّ اللهَ وَمَلآئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلىَ النَّبِى يآ اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلِّمْ وَعَلَى آلِ سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَنْبِيآئِكَ وَرُسُلِكَ وَمَلآئِكَةِ اْلمُقَرَّبِيْنَ وَارْضَ اللّهُمَّ عَنِ اْلخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ أَبِى بَكْرٍ وَعُمَر وَعُثْمَان وَعَلي وَعَنْ بَقِيَّةِ الصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِيْنَ وَتَابِعِي التَّابِعِيْنَ لَهُمْ بِاِحْسَانٍ اِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ وَارْضَ عَنَّا مَعَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

اَللهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَاْلمُؤْمِنَاتِ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَاْلمُسْلِمَاتِ اَلاَحْيآء مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ اللهُمَّ أَعِزَّ اْلإِسْلاَمَ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَأَذِلَّ الشِّرْكَ وَاْلمُشْرِكِيْنَ وَانْصُرْ عِبَادَكَ اْلمُوَحِّدِيْنَ وَانْصُرْ مَنْ نَصَرَ الدِّيْنَ وَاخْذُلْ مَنْ خَذَلَ اْلمُسْلِمِيْنَ وَ دَمِّرْ أَعْدَاءَ الدِّيْنِ وَاعْلِ كَلِمَاتِكَ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ. اللهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا اْلبَلاَءَ وَاْلوَبَاءَ وَالزَّلاَزِلَ وَاْلمِحَنَ وَسُوْءَ اْلفِتْنَةِ وَاْلمِحَنَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ عَنْ بَلَدِنَا اِنْدُونِيْسِيَّا خآصَّةً وَسَائِرِ اْلبُلْدَانِ اْلمُسْلِمِيْنَ عآمَّةً يَا رَبَّ اْلعَالَمِيْنَ. رَبَّنَا آتِناَ فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. رَبَّنَا ظَلَمْنَا اَنْفُسَنَا وَاإنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ اْلخَاسِرِيْنَ

عِبَادَاللهِ ! إِنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِاْلعَدْلِ وَاْلإِحْسَانِ وَإِيْتآءِ ذِي اْلقُرْبىَ وَيَنْهَى عَنِ اْلفَحْشآءِ وَاْلمُنْكَرِ وَاْلبَغْي يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ وَاذْكُرُوا اللهَ اْلعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْهُ عَلىَ نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرْ

Bekasi, 4 Rabiul Awwal 1445 H/20 Oktober 2023 M

Penulis : Marolah Abu Akrom (087887270732)

Bagi yang membutuhkan teks khutbah jumat ini, dapat mendownloadnya di sini

Khutbah Jumat Edisi 20 Oktober 2023, tergantung prasangka hamba

LAINNYA

- Advertisment -

Khutbah
Khutbah Terbaru & Terlengkap

Terpopuler

#1

#2

#3

#4

#5

Kolom
Kirim Tulisan Anda Ke Kami