Khutbah Jumat Edisi 15 September 2023 “Manfaat Niat Dalam Shalat”

بِسْمِ اللهِ وَبـِحَمْدِهِ. اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

اَلْحَمْدُ ِللهِ وَكَفٰى، وَسَلاَمٌ عَلٰى عِبَادِهِ الَّذِيْنَ اصْطَفٰى. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلٰهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ. وَأَشْهَدُ أَنّ مُحَمّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ لاَ نَبِيَّ بَعْدَهُ.

اَللهُمّ صَلِّ وَسَلّمْ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمّدٍ وَعَلى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلٰى يَوْمِ الدِّيْنِ, اَمَّا بَعْدُ. فَيَا عِبَادَ اللهِ، اُوْصِيْكُمْ وَاِيَّايَ بِتَقْوَى اللهِ وَطَاعَتِهِ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ. قَالَ اللهُ تَعَالَى فىِ الْقُرْآنِ الْكَرِيْمِ، أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ. يَاأَيّهَا الّذَيْنَ آمَنُوْا اتّقُوا اللهَ حَقّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ.

اَللّٰهُمَّ اَصْلِحْ اُمَّةَ مُحَمَّدٍ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ. وَفَرِّجْ عَنْ أُمَّةِ مُحَمَّدٍ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ. وَارْحَمْ اُمَّةَ مُحَمَّدٍ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ. وَانْشُرْ وَاحْفَظْ نـَهْضَةَ الْوَطَنِ فِى الْعَالَمِيْنَ بِحَقِّ مُحَمَّدٍ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ.

Kaum muslimin sidang jamaah jumat yang berbahagia, Rahimakumullah.

Puji dan syukur Alhamdulillah marilah kita sampaikan kehadirat Allah Robbul’izzati, pada kesempatan jumat ini kita kembali dapat melaksanakan kewajiban sebagai seorang muslim yaitu shalat Jumat secara berjamaah di masjid yang kita cintai ini. Shalawat dan salam marilah kita sampaikan kepada uswatun hasanah kita yaitu baginda nabi besar Muhammad SAW. Juga kepada segenap keluarga dan sahabatnya, semoga kita semua yang hadir di masjid ini, kelak di hari kiamat mendapatkan syafaat dari beliau. Aamiin.

Jamaah kaum muslimin sidang Jumat yang berbahagia rahimakumullah

Selama ini banyak di antara umat Islam yang tidak mengetahui apa sesungguhnya manfaat shalat. Padahal bila kita mau mengkaji dan memahami dengan kecerdasan akal dan kebersihan hati kita, maka kita akan mengetahui betapa besar manfaat shalat itu baik dari sisi bacaannya maupun gerakannya. Pada khutbah Jumat edisi kali ini, khotib akan mencoba menguraikan manfaat niat dalam shalat dan in sya Allah akan terus kita gali secara bertahap melalui mimbar khutbah Jumat yang sangat mulia ini. Untuk mengetahui secara detail dan terperinci tentang manfaat niat shalat ini, mari kita memperhatikan untaian bait-bait syair indah buah Abu Akrom berikut ini, lalu coba kita pahami secara pelan-pelan, teliti dan komprehensif.

Manfaat niat dalam shalat
Sungguh amat sangat dahsyat
Pahami dengan benar dan tepat
Menggunakan akal yang sehat

Ternyata sedikit saja kita meluangkan waktu untuk memahami manfaat niat shalat ini, sungguh amat sangat dahsyat, dilihat dari segi spiritual keimanan atau segi interaksi keaktifan kita dalam dunia nyata. Oleh karena itu marilah kita pahami dengan benar dan tepat, menggunakan salah satu perangkat tercanggih yang Allah anugerahkan kepada manusia yaitu akal yang cerdas sebagai barometer dalam menilai apapun di dunia ini termasuk manfaat niat dalam shalat.

Niat itu ada di hati
Menyatakan dengan pasti
Shalatlah dengan niat suci
Karena Allah Yang Maha Tinggi

Yang namanya niat tentu terletak di dalam hati, menyatakan dengan pasti dan yakin bahwa shalat yang dikerjakan itu benar-benar dilandasi niat yang suci karena Allah Yang Maha Tinggi. Bukan karena ada niat-niat lain yang menyalahi dan merusak niat yang suci tersebut seperti ingin dipuji, disanjung-sanjung atau karena mengharapkan keuntungan duniawi yang tidak seberapa. Saking penting yang namanya niat ini, sampai-sampai nabi kita bersabda bahwa niat itu berfungsi sebagai penentu sesungguhnya apa motif kita dalam beramal di atas muka bumi.

عَنْ أَمِيْرِ الْمُؤْمِنِيْنَ أَبِيْ حَفْصٍ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ : سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صلى الله عليه وسلم يَقُوْلُ : إِنَّمَا اْلأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ وَإِنَّمَا لِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى .

Dari Amirul Mu’minin, Abi Hafs Umar bin Al Khottob radiallahuanhu, dia berkata: Saya mendengar Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda : “Sesungguhnya setiap perbuatan tergantung niatnya. Dan sesungguhnya setiap orang (akan dibalas) berdasarkan apa yang dia niatkan.” (HR. Bukhari)

Manfaat niat di dalam hati
Shalat kita bernilai tinggi
Itulah awal berkomunikasi
Pada Allah Robbul Izzati

Dilihat dari sisi spiritual keimanan ternyata manfaat niat di dalam hati, benar-benar shalat memiliki nilai yang tinggi yaitu menjadi awal kita melakukan komunikasi yang sangat dekat dan tidak ada jaraknya sedikitpun kepada Allah Robbul Izzati yang miliki sifat mengatur, merawat, mendidik dan menjaga alam ini dengan keagungan dan kebesaran-Nya.

Shalat terasa nikmat sekali
Jadi khusyu’ tenangkan hati
Tidak merasa terbebani
Walau dikerjakan tiap hari

Shalat yang kita kerjakan itu benar-benar terasa sangat nikmat yang kenikmatannya tidak bisa diukur dengan kata-kata dan dengan alat secanggih apapun di dunia. Demikian juga suasana khusyu’ benar-benar memenuhi rongga hati kita, sehingga menjadi tenanglah hati itu. Begitu ringan dan tidak merasa ada beban apapun yang menghimpit jiwa. Jiwa terasa lapang dan luas seluas samudera dan pikiranpun demikian terang seperti matahari menerangi alam semesta. Ketika kita merasa suasana seperti ini, maka shalat itu menjadi suatu kebutuhan wajib yang tidak boleh diabaikan apapun kondisi dan keadaan yang menimpa. Maka akan terus dikerjakan dan tidak pernah merasa bosan, capek dan lelah walau dikerjakan lima kali setiap hari, hingga ajal yang dinanti-nanti datang menjemput suatu saat nanti.

Hikmah niat dalam hidup ini
Jadi fokus dan konsentrasi
Pekerjaan terlaksana rapi
Indah, nyaman sangat berarti

Dari sisi hikmah ternyata berniat di dalam hati seperti “aku niat shalat fardhu subuh dua rakaat karena Allah Ta’ala”, menjadikan hidup kita di luar shalat lebih fokus mengarahkan pandangan dan konsentrasi secara penuh untuk melakukan pekerjaan apapun, sehingga pekerjaan tersebut terlaksana dengan aman, tertib dan rapi. Maka terwujudlah keindahan dan kenyamanan dalam semua pekerjaan dan hasil karya yang mengagumkan. Menjadi bermakna dan berarti semua pekerjaan yang kita lakukan dari pekerjaan yang ringan hingga pekerjaan yang berat. Puncaknya di akhirat nanti semua pekerjaan (amal shaleh) yang dilaksanakan dengan niat yang suci disertai kesungguhan dan konsentrasi, akan mendapatkan apresiasi setinggi-tingginya dari Allah SWT berupa pahala yang besar dan kenikmatan tiada tara dalam indahnya suasana surga yang kekal abadi selama-lamanya.

Demikian khutbah jumat singkat yang dapat khatib sampaikan, semoga menjadi pencerahan bagi jiwa dan akal kita, sehingga manfaat niat shalat itu demikian nyata menghiasi spiritual keimanan kita untuk dibawa dalam dunia nyata menjadi nilai yang penuh makna dalam lingkup keluarga dan masyarakat sekitarnya. Aamiin yaa robbal’aalamin.

بَارَكَ الله لِي وَلَكُمْ فِى اْلقُرْآنِ اْلعَظِيْمِ، وَنَفَعَنِي وَإِيَّاكُمْ بِمَافِيْهِ مِنَ الْآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيمِ وَتَقَبَّلَ اللهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ تِلاَوَتَهُ وَإِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ العَلِيْمُ، وَأَقُوْلُ قَوْلِي هَذَا فَأسْتَغْفِرُ اللهَ العَظِيْمَ إِنَّهُ هُوَ الغَفُوْرُ الرَّحِيْم

Khutbah II

اَلْحَمْدُ للهِ عَلىَ إِحْسَانِهِ وَالشُّكْرُ لَهُ عَلىَ تَوْفِيْقِهِ وَاِمْتِنَانِهِ. وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الدَّاعِى إلىَ رِضْوَانِهِ. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وِعَلَى اَلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كِثيْرًا

أَمَّا بَعْدُ فَياَ اَيُّهَا النَّاسُ اِتَّقُوااللهَ فِيْمَا أَمَرَ وَانْتَهُوْا عَمَّا نَهَى وَاعْلَمُوْا أَنَّ اللهَ أَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ بَدَأَ فِيْهِ بِنَفْسِهِ وَثَـنَى بِمَلآ ئِكَتِهِ الْمُسَبِّحَةِ بِقُدْسِهِ وَقَالَ تَعاَلَى إِنَّ اللهَ وَمَلآئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلىَ النَّبِى يآ اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلِّمْ وَعَلَى آلِ سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَنْبِيآئِكَ وَرُسُلِكَ وَمَلآئِكَةِ اْلمُقَرَّبِيْنَ وَارْضَ اللّهُمَّ عَنِ اْلخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ أَبِى بَكْرٍ وَعُمَر وَعُثْمَان وَعَلي وَعَنْ بَقِيَّةِ الصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِيْنَ وَتَابِعِي التَّابِعِيْنَ لَهُمْ بِاِحْسَانٍ اِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ وَارْضَ عَنَّا مَعَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

اَللهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَاْلمُؤْمِنَاتِ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَاْلمُسْلِمَاتِ اَلاَحْيآء مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ اللهُمَّ أَعِزَّ اْلإِسْلاَمَ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَأَذِلَّ الشِّرْكَ وَاْلمُشْرِكِيْنَ وَانْصُرْ عِبَادَكَ اْلمُوَحِّدِيْنَ وَانْصُرْ مَنْ نَصَرَ الدِّيْنَ وَاخْذُلْ مَنْ خَذَلَ اْلمُسْلِمِيْنَ وَ دَمِّرْ أَعْدَاءَ الدِّيْنِ وَاعْلِ كَلِمَاتِكَ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ. اللهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا اْلبَلاَءَ وَاْلوَبَاءَ وَالزَّلاَزِلَ وَاْلمِحَنَ وَسُوْءَ اْلفِتْنَةِ وَاْلمِحَنَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ عَنْ بَلَدِنَا اِنْدُونِيْسِيَّا خآصَّةً وَسَائِرِ اْلبُلْدَانِ اْلمُسْلِمِيْنَ عآمَّةً يَا رَبَّ اْلعَالَمِيْنَ. رَبَّنَا آتِناَ فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. رَبَّنَا ظَلَمْنَا اَنْفُسَنَا وَاإنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ اْلخَاسِرِيْنَ

عِبَادَاللهِ ! إِنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِاْلعَدْلِ وَاْلإِحْسَانِ وَإِيْتآءِ ذِي اْلقُرْبىَ وَيَنْهَى عَنِ اْلفَحْشآءِ وَاْلمُنْكَرِ وَاْلبَغْي يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ وَاذْكُرُوا اللهَ اْلعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْهُ عَلىَ نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرْ

Jakarta, 28 Shafar 1445 H/14 September 2023 M

Penulis : Marolah Abu Akrom (087887270732)

Bagi para khatib yang membutuhkan khutbah jumat ini dapat mendownloadnya di sini

Khutbah Jumat Edisi 15 September 2023 manfaat niat dalam shalat

LAINNYA

- Advertisment -

Khutbah
Khutbah Terbaru & Terlengkap

Terpopuler

#1

#2

#3

#4

#5

Kolom
Kirim Tulisan Anda Ke Kami