OSIS SMPN 4 Jerowaru Menggelar Pemilihan, Panitia Pastikan Pemilihan Berlangsung Luber dan Jurdil

Sinar5news.com – Lombok Timur – Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMP Negeri 4 Jerowaru Kabupaten Lombok Timur menggelar pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS Masa Bakti 2023-2024, Sabtu (09/09/2023).

Pemilihan ini berlangsung di halaman sekolah yang melibatkan seluruh siswa-siswi SMP Negeri 4 Jerowaru. Pembina OSIS dan Panitia pelaksana memastikan proses demokrasi di sekolah dilakukan secara Luber dan Jurdil (langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil).

width=300

Kegiatan pemilihan pemilihan ketua OSIS tersebut dimaksudkan agar siswa tahu dan memahami tentang prosedur pemilihan umum yang benar seperti halnya pemilihan umum presiden dan wakil presiden yang biasa dilaksanakan oleh masyarakat pada umumnya. Pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS ini diharapkan terlaksana dengan baik, sportif dan bertanggung jawab.

Kepala SMP Negeri 4 Jerowaru, H. Ahmad Turmuzi dalam sambutannya menjelaskan bahwa suara demokrasi merupakan bagian dari pelaksanaan P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) sebagai wadah untuk belajar berdemokrasi, salah satunya bagaimana cara melaksanakan Pemilu.

width=300

Adapun tahapan-tahapan dalam pelaksanaan pemilihan ketua OSIS kali ini adalah pertama tahap sosialisasi, tahap ini pengurus OSIS sebelumnya mensosialisasikan kepada seluruh siswa bahwa akan menggelar pesta demokrasi pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS.

Kedua tahap seleksi, dan pengambilan nomor urut. Tahap ketiga adalah kampanye, proses dimana setiap calon ketua dan wakil ketua OSIS memaparkan visi dan misinya di hadapan seluruh siswa. Tahap keempat, persiapan pelaksanaan pemilu, tahap ini panitia pemilihan menyiapkan seluruh kebutuhan yang akan dibutuhkan saat pemilihan berlangsung, seperti kertas suara, kotak pemilihan dll. dan tahap terakhir adalah pemilihan.

Kami berharap, setelah terpilih dan terbentuk kepengurusan nantinya maka pengurus harus melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik karena maju mundurnya tergantung bagaimana OSIS itu berperan, ia harus tetap bergerak untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan di sekolah, jelas Turmuzi di hadapan siswa yang hadir. (Red)

LAINNYA

- Advertisment -

Khutbah
Khutbah Terbaru & Terlengkap

Terpopuler

#1

#2

#3

#4

#5

Kolom
Kirim Tulisan Anda Ke Kami