Seleksi Masuk SMP Nahdlatul Wathan Jakarta Upaya Mengukur Kemampuan

Hari ini Senin, 10 Juli 2023 dadakan kegiatan seleksi peserta didik masuk SMP Nahdlatul Wathan Jakarta yang dimulai pukul 08.00 – 10 00 WIB. Di mana kegiatan seleksi ini diikuti oleh 73 orang dari berbagai macam SD negeri dan swasta di wilayah Jakarta Timur.

Banyaknya yang mengikuti seleksi pada tahun ini menunjukkan bahwa SMP Nahdlatul Wathan Jakarta benar-benar telah menunjukkan kualitasnya di tengah-tengah masyarakat khususnya dalam bidang pembinaan keimanan, akhlak mulia dan skill keterampilan.

Menurut informasi yang disampaikan oleh Bapak M. Sarbini, S.Ag selaku kepala SMP Nahdlatul Wathan Jakarta, bahwa seleksi masuk peserta didik baru di SMP ini terdiri dari dua gelombang. Untuk gelombang pertama dilaksanakan hari ini dan gelombang kedua akan dilaksanakan hari Kamis, 13 Juli 2023.

Adapun tes yang diikuti yaitu pengetahuan umum sistem komputerisasi, membaca Alquran dan wawancara. Untuk pengetahuan umum sistem komputerisasi tes yang diujikan meliputi Pendidikan Agama Islam, Bahasa Indonesia, Matematika, IPS, IPA dan Bahasa Inggris. Tes membaca Quran meliputi fashahah, tajwid dan kelancaran. Dan tes wawancara meliputi nama lengkap, nama panggilan, anak yang ke, pekerjaan ayah dan ibu, penghasilan orang tua, status tempat tinggal, kendaraan yang dimiliki, alasan memilih SMP NW Jakarta, hobi, perlombaan yang pernah diikuti dan cita-cita.

Diantara tujuan pokok diadakan tes seleksi ini adalah untuk mengetahui sejauh mana kemampuan calon peserta didik baru yang akan belajar di SMP Nahdlatul Wathan Jakarta, sehingga dalam proses belajar nanti dapat diketahui kemampuan akademik dan non akademik sesuai bakat dan minat para peserta didik untuk disalurkan yang menjadi bagian dari tujuan penting kurikulum merdeka diberlakukan di negara kita

Setelah mereka mengikuti kegiatan tes seleksi masuk ini, maka hasilnya akan diumumkan pada hari Selasa, 11 Juli 2023 melalui WA dan web SMP Nahdlatul Wathan Jakarta. Kemudian di hari yang sama semua peserta didik yang lulus seleksi diwajibkan untuk melapor diri sesuai dengan persyaratan yang berlaku yaitu mengisi formulir lapor diri, membayar keuangan yang sudah ditetapkan, membawa FC ijazah yang sudah dilegalisir, FC NISN, kartu keluarga, akta kelahiran dan pas foto berukuran 3 x 4.

Berdasarkan pantulan media sinarLIMA (Syiar.Sinar5News.com) bahwa tes seleksi masuk peserta didik baru SMP Nahdlatul Wathon Jakarta tahun 2023/2024 berlangsung lancar, baik dan sukses. Para penguji yang terdiri dari dewan guru SMP Nahdlatul Wathon Jakarta dengan sigap, cermat dan penuh tanggung jawab melaksanakan tugas untuk menyeleksi dan menguji sejauh mana tingkat kemampuan calon peserta didik SMP Nahdlatul Wathan Jakarta. Suksesnya tes seleksi ini juga dibantu oleh beberapa pengurus OSIS yang turut serta mengarahkan dan mendokumentasikan seluruh kegiatan yang dilaksanakan mulai dari awal hingga akhir.

Bagi para orang tua yang sampai saat ini belum mendaftarkan putra atau putrinya, dapat segera mendaftarkan diri ke sekretariat SMP Nahdlatul Wathan Jakarta yang beralamat di kampung Pisangan RT 001 RW 003 penggilingan Cakung Jakarta Timur setiap hari kerja dari mulai hari senin sampai sabtu sebelum kuota ditutup.

Adapun di antara keunggulan terbesar SMP Nahdlatul Wathon Jakarta dalam proses KBM nya berbasis pondok pesantren, karena memang berada di tengah-tengah pondok pesantren Nahdlatul Wathan Jakarta yang mengutamakan pendidikan keimanan, ibadah, akhlak, salat wajib dan sunnah, membaca Alquran dan menghafalkannya, hizib Nahdlatul Wathan dan lain sebagainya.

Akhirnya melalui SMP Nahdlatul Wathan Jakarta, mari kita mencetak generasi putra-putri terbaik Indonesia yang siap mengabdi untuk kemajuan agama, bangsa dan negara sesuai dengan ajaran Alquran dan hadis yang tidak bertentangan dengan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945. Majulah SMP Nahdlatul Wathan Jakarta, majulah bangsaku Indonesia hebat, Indonesia mantap.

Jakarta, 22 Dzulhijjah 1444 H/10 Juli 2023 M

Penulis : Marolah Abu Akrom (Guru BK SMP Nahdlatul Wathan Jakarta)

LAINNYA

- Advertisment -

Khutbah
Khutbah Terbaru & Terlengkap

Terpopuler

#1

#2

#3

#4

#5

Kolom
Kirim Tulisan Anda Ke Kami