Kabag Perekonomian Lotim Pimpin Rapat Sosialisasi DBHCHT.

Sinar5news.com – Lombok Timur – Sekertaris Daerah Kabupaten Lombok Timur (Lotim) Nusa Tenggara Barat (NTB) H.M.Juaini Taofik,M.AP yang diwakili oleh Kepala Bagian Perekonomian Sekertariat Daerah Lotim pimpin Rapat Sosialisasi Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) Pemberantasan Peredaran Cukai Rokok Ilegal Provinsi NTB tahun 2023 bertempat di Rupatama Kantor Bupati baru-baru ini.

Dalam rapat tersebut, turut hadir Kepala Biro Perekonomian Setda Provinsi NTB, Kepala Seksi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan Bea Cukai Mataram, Kepala OPD lingkup Pemerintah Kabupaten Lombok Timur, Organisasi Asosiasi Pedagang Kaki Lima Indonesia (APKLI) Lombok Timur dan UMKM bidang produksi rokok baik itu pedagang retail maupun e-commerce.

Dalam sambutannya Kabag Perekonomian Setda Lombok Timur Lalu Mustiarep menyampaikan bahwa Lombok Timur dengan tingkat populasi dan luas wilayah geografis yang sangat besar. Selain itu, Lombok Timur juga merupakan penghasil tembakau terbesar di Nusa Tenggara Barat dengan jumlah petani tembakau lebih dari 20.000 orang.

Dengan potensi yang besar tersebut, tidak dibarengi dengan keseimbangan kesejahteraan antara penghasilan tembakau mentah dengan produsen rokok jadi, oleh karena itu perlu adanya terobosan baru terhadap jumlah produksi tembakau mentah tersebut yang bertujuan untuk mensejahterakan Petani maupun Buruh Tembakau kedepan.

Oleh karena itu, salah satu terobosan yang diambil Pemerintah Kabupaten Lombok Timur adalah mengundang para pengusaha rokok maupun kelompok bisnis agar kedepan dapat membuka cabangnya di Kabupaten Lombok Timur secara legal, serta megupayakan agar Lombok Timur mendapatkan pendapatan tidak hanya cukai tembakau saja melainkan juga melalui cukai rokok. Tentu upaya tersebut diharapkan mampu memberikan kontribusi terhadap kesejahteraan petani dan buruh tembakau kedepannya.

Terkait dengan peredaran rokok ilegal, ia meyampaikan peredaran rokok ilegal sulit di prediksi walaupun tingkat keamanan begitu ketat, oleh karena itu perlu adanya pemahaman dan sosialisasi yang intens terhadap masyarakat menganai rokok ilegal dan dampak yang ditimbulkan oleh peredaran rokok ilegal tersebut, sehingga dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat agar dapat membedakan mana rokok yang legal dan ilegal.(red)

LAINNYA

- Advertisment -

Khutbah
Khutbah Terbaru & Terlengkap

Terpopuler

#1

#2

#3

#4

#5

Kolom
Kirim Tulisan Anda Ke Kami