Field Trip SMP Lab. Jakarta “Upaya Mengedukasi Secara Alamiah”

Syiar.Sinar5News.com – Jakarta – Dalam proses KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) di SMP Laboratorium Jakarta dan saat ini sudah bertransformasi menjadi SMP Laboratorium Islamic Technology Jakarta atau bisa disingkat SMP Labitech Jakarta, tidak hanya belajar di dalam kelas seperti sekolah-sekolah lainnya, tetapi senantiasa mengupayakan untuk belajar di luar kelas seperti field trip yang dilakukan di alam terbuka atau melakukan kunjungan ke berbagai perusahaan yang sudah terkenal dan populer di Indonesia.

Salah satu kegiatan field trip yang dilakukan saat ini tepatnya pada hari Senin, 13 Juni 2023 M bertepatan dengan 23 Dzulqa’dah 1444 H adalah mengunjungi dua tempat yang sangat penting dan bermanfaat bagi kehidupan manusia yaitu Indo Natural Farm dan PT Amerta Indah Otsuka.

Ketika kru media sinarLIMA menghubungi Ust. Alfian, S.Pd.I selaku kepala SMP Labitech Jakarta dan menanyakan beberapa hal penting terkait dengan kegiatan field trip tahun ini yang diikuti peserta didik kelas VII, VIII dan IX sangat berkesan dan penuh edukasi. Diantara pertanyaan dan jawabannya adalah;

1. Apa nama lokasi yang dikunjungi dan dimana alamatnya?

a. Indo Natural Farm Jl. Pemandian, Perumahan Cigunung Indah, Cijambe Girang, Kec. Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat 43342

b. PT. Amerta Indah Otsuka Jl. Siliwangi No.KM. 28, Kutajaya, Kec. Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat 43359

2. Apa kegiatan para peserta didik di tempat tersebut?

a. Edukasi hewan ternak kambing dan memerah susu kambing yang dikelola menjadi Susu Etawa

b. Edukasi peserta didik bahwa produksi minuman sebagai pengganti ion yg cepat diserap oleh tubuh dan dapat bertahan lama dalam tubuh setelah beraktivitas lebih dan dapat membantu bagi orang yg sakit demam dan sakit kepala yaitu minuman Pocari Sweat yang rendah kalori dan tanpa bahan pengawet.

3. Bagaimana proses kegiatannya?

Kami awali berkumpul di SMP Labitech Jakarta pukul 06.00 dan sampai tujuan Indo Natural Farm pukul 10.30 WIB. Sampainya kami di Indo Natural Farm lalu dijemput oleh mobil pickup karena Kondisi jalan yang hanya bisa dilalui mobil sedan.

Sampai Lokasi kami disambut hangat oleh Team Indo Natural Farm dan diarahkan di lapangan untuk mendapatkan arahan sebelum dilakukan praktek pemerahan dan cara berternak kambing atau domba.

Begitu juga saat berlanjut ke PT. Amertha Indah Otsuka, kami disambut baik meski tidak sesuai jadwal yang ditentukan yaitu pukul 13.00 menjadi pukul 15.30 WIB. Kemudian diarahkan ke titik kumpul dan diberikan pemahaman tentang siapa pendiri dan apa manfaat dari minuman Pocari Sweat. Setelah itu dilanjutkan berkeliling di pabrik Pocari dimulai dari proses pembuatan sampai finishing produk. Dan yang menarik dari kegiatan ini tidak hanya mendapatkan edukasi yang berharga, juga mendapatkan sovenir sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

4. Apa tujuan diadakan field trip?

Memberikan pemahaman bagaimana tehnis memerah susu kambing yang benar dan mengetahui apa manfaat dan kegunaan minuman Pocari Sweat yang ternyata banyak sekali manfaatnya buat kebutuhan tubuh kita.

5. Bagaimana tugas dewan guru terhadap pendampingan ini?

Sebagai guru sekolah yang ramah anak, alhamdulillah seluruh dewan guru memberikan pendampingan yang sangat baik dan tanggung jawab selama berkunjung ke Wisata Edukasi Indo Natural Farm dan PT Amertha Indah Otsuka. Bahkan urusan shalat tidak boleh diabaikan walaupun asyik dengan pembelajarannya.Kepala sekolah dan dewan guru mengajak sholat lima waktu dengan cara jamak ta’khir dan jamak taqdim, sehingga dengan dua tata cara tersebut, peserta didik menjadi paham penerapan sholat saat diperjalanan.

Tambahan informasi bagi para orang tua yang ingin memasukkan putra-putrinya dapat datang langsung ke SMP Labitech Jakarta atau menghubungi melalui no. WA 0852-8314-5579 (Ust. Alfian).

Perlu diketahui bahwa SMP Labitech Jakarta dalam kiprahnya membangun karakter peserta didik yang Islami senantiasa mengutamakan pembelajaran yang bersifat religius seperti pelajaran Akhlak, Tahfiz Al Qur’an, Tahsin Al Qur’an, shalat duha, shalat Zuhur berjamaah dan kultum setiap hari.

Dengan banyaknya pelajaran yang bersifat religius tersebut, maka sangat membantu bagi para peserta didik untuk mempersiapkan diri menjadi generasi pemimpin masa depan yang shalih dan shalihah, mandiri dan berperadaban yang berdasarkan akhlakul karimah. (Mar/Red)

LAINNYA

- Advertisment -

Khutbah
Khutbah Terbaru & Terlengkap

Terpopuler

#1

#2

#3

#4

#5

Kolom
Kirim Tulisan Anda Ke Kami