GRADASI Gebyar Ramadhan minim sampah

Telah berlangsung acara GRADASI (gerakan sedekah sampah Indonesia) Gebyar Ramadhan minim sampah pada, Selasa 20/4/23 di Masjid Istiqlal Jakarta gedung Al Fattah.

Acara berlangsung dari setelah selesai shalat ashar berjamaah, sampai waktu berbuka puasa tiba.

Berlangsungnya acara ini didukung Kementerian Lingkungan Hidup dan kehutanan Republik Indonesia, MUI (Majelis Ulama Islam Indonesia), Aqua, UNDP (, TKN PSL (Tim Koordinasi Nasional Penanganan Sampah Laut) dan Danone.

Boleh dikatakan, bahwa acara ini merupakan bentuk perhatian berbagai agama yang ada di Indonesia yang bersinergi dengan pemerintah untuk menangani sampah sebagai satu upaya untuk menjaga kelestarian Indonesia.

Hadir pada acara tersebut dari unsur pemerintahan, beberapa tokoh dari perwakilan masing-masing agama yang ada di Indonesia seperti tokoh dari agama Islam, Budha, Kristen, katolik, Hindu dan Konghucu.

Dalam acara tersebut tidak hanya membicarakan berbagai permasalahan tentang sampah dan solusi bagaimana mengatasinya, lebih dari itu, dari masing-masing perwakilan tokoh agama langsung diserah terimakan kotak sedekah sampah dan buku panduannya sebagai solusi nyata atas penanganan dan pengolahan sampah.

Beberapa acara inti yang berlangsung pada Gebyar Ramadhan Minim Sampah adalah sebagai berikut : 

1. Doa sebelum masuk kepada acara inti.

2. Santunan. Santunan pada acara ini diwakili oleh Panti Asuhan Nahdlatul Wathan Jakarta.

3. Acara serah terima kotak sedekah sampah dan buku panduannya kepada pengurus Masjid Istiqla, pengurus Gereja, pengurus Vihara, pengurus klenteng dan pura.

3. Dialog antara pemuka agama tentang masalah pengolahan samapah.

Dari berbagai nara sumber yang tampil menyampaikan presentasinya, semuanya sepakat tentang pentingnya penanganan dan pengolahan sampah. Mengingat, bahwa penanganan sampah bukan saja masalah agama, akan tetapi merupakan masalah kebangsaan ( masalah bersama di bangsa kita ) yang harus di atasi bersama.

Pesan penting yang sangat perlu untuk selalu diingat dari pesan yang disampaikan pada acara ini adalah bahwa kerusakan yang ada di darat dan di laut adalah akibat dari ulah tangan manusia. Demikian pesan yang disampaikan oleh salah satu tokoh Islam pada acara tersebut.

Muhammad Fathi 

 

LAINNYA

- Advertisment -

Khutbah
Khutbah Terbaru & Terlengkap

Terpopuler

#1

#2

#3

#4

#5

Kolom
Kirim Tulisan Anda Ke Kami