Praktik Prakarya SMP Nahdlatul Wathan Jakarta “Ajang Melatih Kemandirian”

Syiar.Sinad5News.com – Jakarta – Diantara semua pelajaran yang diajarkan di sekolah, ada salah satu pelajaran yang mengajak para peserta didik untuk dapat menghasilkan produk yang dapat dinikmati tidak hanya untuk diri sendiri juga orang lain. Pelajaran tersebut adalah Prakarya. Sesuai dengan namanya prakarya artinya sebelum berkarya mesti melakukan praktik dalam bentuk usaha-usaha yang dapat memungkinkan mereka mendapatkan untung.

Beberapa peserta didik memepesiapakan bahan-bahan yang akan dikelola sebelum dijual

Hari ini Rabu, 15 Maret 2023 khususnya peserta didik kelas 9C SMP Nahdlatul Wathan Jakarta, melakukan kegiatan praktik usaha aneka kue dan makanan/minuman ringan diantarnya koreo goreng, keju aroma, banana roll dan cappucino cincau.

Sebelum mereka praktik, terlebih dahulu mereka ke pasar untuk membeli berbagai bahan yang diperlukan. Sebagaimana yang disampaikan oleh Anindita salah seorang peserta didik kelas 9C, bahwa bahan-bahan yang dibutuhkan adalah keju, kulit lumpia, cincau, good day cappucino, terigu, tepung panir, gula, oreo, pisang dan es batu.

Ibu Soviarini, S.Pd selaku guru Prakarya ikut memantau dan membimbing kegiatan wirausaha peserta didik

Untuk modal jualan sistemnya mereka patungan dan setiap anak dikenakan biaya 20.000, dari patungan tersebut akhirnya terkumpul dana Rp. 300.000. Kemudian modal sejumlah ini, mereka belajar berbisnis untuk mendapatkan untung yang merupakan indikator keberhasilan dalam berbisnis.

Menurut ibu Soviarini, S.Pd selaku guru mata pelajaran Prakarya, bahwa praktik berjualan ini dilaksanakan khusus kelas 9 sebagai tugas akhir selama sekolah di SMP Nahdlatul Wathan Jakarta. Tujuannya disamping untuk mendapatkan nilai praktik, juga sebagai ajang melatih kemandirian untuk mempersiapkan masa depan mereka dengan melakukan usaha mandiri atau istilah kerennya entrepreneurship.

Dari usaha mandiri ini diharapkan mereka memiliki pengetahuan dan pengalaman yang sangat berharga untuk mengembangkan suatu usaha kelak di kemudian hari ketika mereka sudah dewasa. Alangkah positifnya kegiatan ini, dimana setiap peserta didik berperan secara aktif untuk berkreasi membuat aneka makanan/minuman yang lezat, bergizi dan menarik tentunya.

Para peserta didik menunjukkan rasa gembira dan senang mengikuti ujian praktik wirausaha

Ketika kru wawancara dengan Della Adelia dan teman-temannya di lokasi sekitar pukul 10.50 WIB tentang berapa perolehan dari hasil jualan ini? Mereka menjawab Alhamdulillah sudah balik modal, tinggal mendapat keuntungan dengan menjual aneka dagangannya hingga habis. Masih ada harapannya, tatkala bel istirahat kedua berbunyi, para peserta didik kelas 7, 8 dan 9 dapat membeli aneka makanan/minuman yang sudah tersedia dengan rapi di atas meja.

Para pembeli pada bel istirahat pertama, terlihat banyak yang membeli dan menyerbu dagangan yang ada, tidak hanya peserta didik juga para guru dan kepala sekolah M. Sarbini, S.Ag tidak mau ketinggalan. Menurut salah seorang guru yang tidak mau disebutkan namanya, mengatakan ternyata tidak nyangka anak-anak bisa masak, enak dan lezat rasanya.

Penulis bersama peserta didik ikut merasakan senang dengan praktik wirausaha mereka

Untuk membantu suksesnya kegiatan wirausaha ini, Ibu Desy Elfiany, S.Pd selaku wali kelas 9C ikut serta mensupport dan memotivasi para peserta didik agar melakukan tugas ini dengan baik, semangat dan penuh tanggung jawab, sehingga menghasilkan nilai tambah untuk pembelajaran bagaimana berusaha yang mendatangkan hasil yang menguntungkan agar berbagai keperluan hidup terpenuhi.

Agar menarik dan memikat hati para pembeli supaya senang berbelanja, semua peserta didik kelas 9C berpakaian rapi dan bagus. Bagi peserta didik perempuan dengan memakai kebaya yang cantik dan menawan dan enak dipandang. Sedangkan bagi laki-lak menggunakan baju putih dan jas hitam, sehingga nampak seakan-akan sudah dewasa dan menjadi karyawan/pegawai yang bekerja pada suatu tempat tertentu seperti kantor, perusahaan atau lainnya. (Amr/Red)

Jakarta, 22 Sya’ban 1444 H/15 Maret 2023 M

LAINNYA

- Advertisment -

Khutbah
Khutbah Terbaru & Terlengkap

Terpopuler

#1

#2

#3

#4

#5

Kolom
Kirim Tulisan Anda Ke Kami