ATS Dan AAS Genap SMP Nahdlatul Wathan “Tolok Ukur Pencapaian Pembelajaran”

Syiar.Sinar5News.com – Jakarta – Dalam proses kegiatan belajar dan mengajar (KBM) di SMP Nahdlatul Wathan mengikuti kurikulum yang telah ditetapkan pemerintah. Dengan mengikuti kurikulum yang telah ditetapkan pemerintah, maka sistem pendidikan di SMP Nahdlatul Wathan menjadi terarah, sehingga  target dan pencapaiannya tercapai sesuai yang dirumuskan sedemikian rupa oleh dinas pendidikan Republik Indonesia.

Untuk mengetahui sejauh mana target dan pencapaian pada kurikulum tersebut, maka diadakan evaluasi dalam bentuk ulangan harian, tengah semester dan akhir semester. Demikian juga SMP Nahdlatul Wathan yang berbasis pesantren mengikuti semua prosedur yang ada, demi tercapainya sistem pendidikan di Indonesia.

Salah satu evaluasi yang sedang berlangsung saat ini yaitu Asesmen Tengah Semester (ATS) bagi kelas 7 dan 8, dan Asesmen Akhir Semester (AAS) Genap bagi kelas 9 tahun ajaran 2022/2023. ATS dan AAS di SMP Nahdlatul Wathan dilaksankan selama 6 hari dari tanggal 6 Maret – 11 Maret 2023. Adapun mata pelajaran yang diuji terdiri dari Bahasa Indonesia, PKN, Bahasa Inggris, Aqidah Akhlak, MTK, PAI, PJOK, IPS, PAI, Ke NW an, Prakarya, Bahasa Arab dan Seni Budaya.

Fungsi diadakan ATS ini adalah menjadi tolok ukur para guru (pendidik) sejauh mana tingkat penguasaan materi pembelajaran para peserta didik yang telah dilaksanakan selama tiga bulan yang lalu. Sedangkan fungsi AAS tidak jauh beda dengan ATS yaitu menjadi tolok ukur sejauh mana tingkat penguasaan para peserta didik kelas 9 selama 6 bulan yang lalu. Jika hasilnya mencapai target minimal sesuai ketentuan, maka dipandang telah tuntas dalam menyerap ilmu-ilmu yang telah disampaikan. Tetapi sebaliknya jika hasil nilainya dibawah nilai minimal, maka dianggap tidak tuntas. Maka solusinya peserta didik tersebut mesti mengejar ketertinggalannya dengan mendapat tugas tambahan atau remedial dari bapak/ibu guru, sampai mencapai target nilai minimalnya.

Dalam pantauan media SinarLIMA (Syiar.Sinar5News.com) pelaksanaan ATS dan AAS tahun ini berjalan dengan baik, lancar dan sukses. Para pengawas benar-benar melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab. Kondisi yang bagus dan kondusif Ini berkat kesigapan para panitia ujian dalam mempersiapkan semuanya, mulai dari pengumpulan soal, print, foto copy, pembagian kartu, menempel nomor ujian dan lain-lain.

Disisi lain Kepala SMP Nahdlatul Wathan M. Sarbini, S.Ag, benar-benar memantau jalannya ATS dan AAS ini. Semua mesti berjalan sesuai hasil rapat kepala sekolah yang telah diadakan oleh dinas pendidikan tingkat Kecamatan Cakung, Jakarta Timur. Jangan sampai ada hal-hal yang dapat mengganggu dan menghalangi suksesnya kegiatan ATS dan AAS selama 6 hari ini.

Para peserta didik pun terlihat serius dan khidmat mengikuti ATS dan AAS ini. Ini semua patut disyukuri dan menjadikan sebagai suatu kebanggaan yang layak mendapatkan apresiasi dari seluruh stakeholder yang ada di SMP Nahdlatul Wathan. (Amr/Red)

Jakarta, 15 Sya’ban 1444 H/8 Maret 2023 M

LAINNYA

- Advertisment -

Khutbah
Khutbah Terbaru & Terlengkap

Terpopuler

#1

#2

#3

#4

#5

Kolom
Kirim Tulisan Anda Ke Kami