Khutbah Jum’at Edisi 27 Januari 2023 “Amalan Utama Bulan Rajab”

 

بِسْمِ اللهِ وَبـِحَمْدِهِ. اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

اَلْحَمْدُ ِللهِ وَكَفٰى، وَسَلاَمٌ عَلٰى عِبَادِهِ الَّذِيْنَ اصْطَفٰى. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلٰهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ. وَأَشْهَدُ أَنّ مُحَمّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ لاَ نَبِيَّ بَعْدَهُ.

اَللهُمّ صَلِّ وَسَلّمْ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمّدٍ وَعَلى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلٰى يَوْمِ الدِّيْنِ, اَمَّا بَعْدُ. فَيَا عِبَادَ اللهِ, اُوْصِيْكُمْ وَاِيَّايَ بِتَقْوَى اللهِ وَطَاعَتِهِ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ. قَالَ اللهُ تَعَالَى فىِ الْقُرْآنِ الْكَرِيْمِ، أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ. يَاأَيّهَا الّذَيْنَ آمَنُوْا اتّقُوا اللهَ حَقّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ.

اَللّٰهُمَّ اَصْلِحْ اُمَّةَ مُحَمَّدٍ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ. وَفَرِّجْ عَنْ أُمَّةِ مُحَمَّدٍ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ. وَارْحَمْ اُمَّةَ مُحَمَّدٍ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ. وَانْشُرْ وَاحْفَظْ نـَهْضَةَ الْوَطَنِ فِى الْعَالَمِيْنَ بِحَقِّ مُحَمَّدٍ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ.

Kaum muslimin sidang jamaah jumat yang berbahagia, Rahimakumullah.

Puji dan syukur Alhamdulillah marilah kita sampaikan kehadirat Allah Robbul’izzati, pada kesempatan jumat ini kita kembali dapat melaksanakan kewajiban sebagai seorang muslim yaitu shalat Jumat secara berjamaah di masjid yang kita cintai ini. Shalawat dan salam marilah kita sampaikan kepada uswatun hasanah kita yaitu baginda nabi besar Muhammad SAW. Juga kepada segenap keluarga dan sahabatnya, semoga kita semua yang hadir di masjid ini, kelak di hari kiamat mendapatkan syafaat dari beliau. Aamiin.

Hadirin jamaah shalat Jumat yang berbahagia rahimakumullah

Alhamdulillah kita saat ini sudah berada pada bulan Rajab yang merupakan bulan ke-7 dari kalender penanggalan Hijriyah. Ini artinya dua bulan lagi kita akan memasuki datangnya bulan suci Ramadan yang merupakan bulan yang sangat istimewa dan dinanti-nanti oleh seluruh umat Islam yang ada di dunia ini.

Tentu karena bulan Ramadan adalah bulan istimewa ibarat tamu agung yang akan datang ke rumah kita, tentu kita mempersiapkan diri dengan persiapan terbaik kita sehingga tamu yang berkunjung ke rumah kita mereka senang dan bahagia. Demikian juga halnya dengan bulan Ramadan, di mana akan datang kepada kita dua bulan mendatang, maka mari kita menyambutnya dengan penuh rasa sukacita dan berharap semoga bulan Ramadan tahun ini dapat kita temui dan sukses dalam melaksanakan ibadah puasa dan ibadah-ibadah lainnya.

Agama memberikan bimbingan kepada kita bagaimana kita menyambut datangnya bulan suci Ramadan tersebut. Ada 4 amalan utama diantara sekian banyak yang dianjurkan kepada kita selama bulan Rajab ini.

1. Membaca doa Rajab.

Doa yang banyak diamalkan oleh para ulama dan guru-guru kita sebagaimana doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW yaitu;

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ

Artinya, “Ya Allah, berkatilah kami pada Bulan Rajab dan Bulan Sya’ban. Sampaikan kami dengan Bulan Ramadhan.”

Dalam doa ini kita memohon kepada Allah agar dilimpahkan keberkahan pada bulan Rajab dan bulan sya’ban. Dengan keberkahan yang kita dapatkan ini akan menjadikan hidup kita memiliki kualitas dengan bertambahnya nilai kebaikan dalam diri kita. Kemudian kita berdoa agar Allah menyampaikan umur kita pada bulan Ramadan tahun ini.

Ketahuilah bahwa hanya dengan keberkahan lah hidup kita senantiasa diliputi oleh hal-hal yang positif dan bermakna di hadapan Allah dan di hadapan sesama. Dan dengan sampainya umur kita untuk dapat melakukan ibadah puasa di bulan Ramadan ini, menjadi upaya yang sangat efektif meraih derajat ketakwaan yang merupakan derajat tertinggi untuk menggapai surganya Allah di akhirat nanti.

2. Puasa bulan Rajab

Puasa pada bulan Rajab ini bisa bentuknya puasa sunnah seperti puasa sunnah Senin dan Kamis atau puasa sunnah 3 hari pada pertengahan bulan. Juga dapat melaksanakan puasa wajib dalam bentuk puasa qadha terutama bagi kaum wanita agar memanfaatkan bulan Rajab ini untuk mengqadha puasa Ramadan yang ditinggalkan tahun lalu karena mengalami datang bulan atau menstruasi.

Pada bulan Rajab inilah saat yang paling kondusif untuk dapat mengqadha puasa kita. Waktu itu demikian cepat berlalu kalau kita suka menunda-nunda. Maka bisa jadi qadha puasa tahun lalu tidak dapat terlaksana oleh karena kesibukan yang ada atau kesengajaan akibat kemalasan yang ada dalam diri kita.

3. Memperbanyak membaca istighfar

Kita adalah makhluk yang banyak berlumuran dengan dosa baik disadari maupun tidak. Maka mari melalui momen bulan Rajab ini kita banyak membaca istighfar terutama sehabis sholat 5 waktu atau dipertengahan malam setelah kita melaksanakan salat sunat tahajud.

Nabi kita bersabda menggambarkan tentang betapa manusia tidak akan pernah dapat berlepas diri dari berbuat salah dan dosa. Maka dengan bertaubat secara sungguh-sungguh (nashuha), niscaya semua dosa akan diampuni dan inilah yang paling disukai oleh Allah.

عَنْ أَنَسِ رضي الله عنه قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم : كُلُّ ابْنِ آدَمَ خَطَّاءٌ، وَخَيْرُ الْخَطَّائِينَ التَّوَّابُونَ

Dari Anas radiyallahu anhu, beliau berkata, “Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda, ‘Setiap manusia pasti berbuat salah, dan sebaik-baik orang yang bersalah adalah orang yang bertobat.’” (HR. Imam Ahmad)

4. Membaca Al Qur’an

Memperbanyak membaca Quran pada bulan Rajab ini adalah hal yang paling bagus dan utama dilakukan. Karena dengan ayat-ayat Quran yang kita baca itu akan menambah keimanan kita kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Apalagi bagi para penghafal Alquran, maka bulan Rajab ini adalah momen terbaik untuk mengulangi atau menambah hafalannya, sehingga mengalami peningkatan dalam kualitas hafalannya.

Alquran adalah kalam Allah yang tidak akan pernah kering untuk mendapatkan hikmah dan berkahnya. Alquran itu datang untuk menyinari hati manusia, memberikan petunjuk ke jalan yang lurus dan menjadi teman terbaik untuk menghilangkan rasa resah dan gelisah di dalam hati. Sehingga hati itu menjadi penuh dengan kedamaian, ketenangan dan kebahagiaan dalam arti yang sebenar-benarnya.

Demikianlah khutbah singkat yang dapat khatib sampaikan, semoga dapat kita amalkan memasuki bulan Rajab ini, sehingga hidup kita penuh makna dan kebaikan menyongsong tibanya bulan Ramadan 2 bulan lagi.

بَارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِي الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ, وَنَفَعَنِيْ وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ الآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ, وَتَقَبَّلَ مِنِّيْ وَمِنْكُمْ تِلاَوَتَهُ إِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ. أَقُوْلُ قَوْلِيْ هَذَا وَاسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ لِيْ وَلَكُمْ فَاسْتَغْفِرُوْهُ، إِنَّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ

KHUTBAH KEDUA

اَلْحَمْدُ للهِ عَلىَ إِحْسَانِهِ وَالشُّكْرُ لَهُ عَلىَ تَوْفِيْقِهِ وَاِمْتِنَانِهِ. وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ. وَأَشْهَدُ أنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الدَّاعِى إلىَ رِضْوَانِهِ. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وِعَلَى اٰلِهِ وَاَصْحَابِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كِثيْرًا. أَمَّا بَعْدُ:

فَياَ اَيُّهَا النَّاسُ, اِتَّقُوااللهَ فِيْمَا أَمَرَ وَانْتَهُوْا عَمَّا نَهَى وَاعْلَمُوْا أَنَّ اللهَ أَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ بَدَأَ فِيْهِ بِنَفْسِهِ وَثَـنَى بِمَلآ ئِكَتِهِ بِقُدْسِهِ. وَقَالَ تَعاَلَى, إِنَّ اللهَ وَمَلآئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلىَ النَّبِى يآ اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلِّمْ وَعَلَى آلِ سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَنْبِيآئِكَ وَرُسُلِكَ وَمَلآئِكَةِ الـْمُقَرَّبِيْنَ, وَارْضَ اللّهُمَّ عَنِ اْلخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ أَبِى بَكْرٍ وَعُمَرَ وَعُثْمَانَ وَعَلِي وَعَنْ بَقِيَّةِ الصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِيْنَ وَتَابِعِي التَّابِعِيْنَ لَهُمْ بِاِحْسَانٍ اِلىٰ ىيَوْمِ الدِّيْنِ, وَارْضَ عَنَّا مَعَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

اَللهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَاْلمُؤْمِنَاتِ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَاْلمُسْلِمَاتِ اَلاَحْيآءِ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ

اللهُمَّ أَعِزَّ اْلإِسْلاَمَ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَأَذِلَّ الشِّرْكَ وَاْلمُشْرِكِيْنَ وَانْصُرْ عِبَادَكَ اْلمُوَحِّدِيَّةَ وَانْصُرْ مَنْ نَصَرَ الدِّيْنَ وَاخْذُلْ مَنْ خَذَلَ اْلمُسْلِمِيْنَ وَ دَمِّرْ أَعْدَاءَالدِّيْنِ وَاعْلِ كَلِمَاتِكَ إِلَى يَوْمَ الدِّيْنِ

اللهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا اْلبَلاَءَ وَاْلوَبَاءَ وَالزَّلاَزِلَ وَاْلمِحَنَ وَسُوْءَ اْلفِتْنَةِ وَاْلمِحَنَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ عَنْ بَلَدِنَا اِنْدُونِيْسِيَّا خآصَّةً وَسَائِرِ اْلبُلْدَانِ اْلمُسْلِمِيْنَ عآمَّةً يَا رَبَّ اْلعَالَمِيْنَ

رَبَّنَا آتِناَ فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. رَبَّنَا ظَلَمْنَا اَنْفُسَنَاوَاِنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ اْلخَاسِرِيْنَ

عِبَادَاللهِ ! إِنَّ اللهَ يَأْمُرُنَا بِاْلعَدْلِ وَاْلإِحْسَانِ وَإِيْتآءِ ذِي اْلقُرْبىَ وَيَنْهَى عَنِ اْلفَحْشآءِ وَاْلمُنْكَرِ وَاْلبَغْي يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ وَاذْكُرُوا اللهَ اْلعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْهُ عَلىٰ نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرْ

Jakarta, 5 Rajab 1444 H/26 Januari 2023 M

Penulis : Marolah Abu Akrom (087887270732)

LAINNYA

- Advertisment -

Khutbah
Khutbah Terbaru & Terlengkap

Terpopuler

#1

#2

#3

#4

#5

Kolom
Kirim Tulisan Anda Ke Kami