Reban Tebu Bersholawat “Berkat Sholawat Maksiat Minggat”

Oleh : Muh. Dzunnurain (Mahasiswa IAH Pancor, Lotim, NTB)

Syiar.Sinar5News.com – Lombok Timur – Reban Tebu, 31 Desember 2022 dilaksanakannya kegiatan Reban Tebu bersholawat dengan tema, “berkat sholawat maksiat minggat” yang digagas oleh remaja masjid jami’ Nurul Haq Reban Tebu. Kegiatan ini dilaksanakan setiap tahun dengan harapan agar masyarakat dapat menyambut tahun baru dengan hal-hal yang positif.

Pada kegiatan ini juga turut hadir lurah kelurahan Sandubaya Kec. Selong Hernowo Setiadi S, STP. Hadir juga Al-Habib Ismail Al-Habsyi, para dewan Nazir masjid jami’ Nurul Haq, ketua pengurus masjid Jami’ Nurul Haq TGH. Zainul Muttaqin Lc, MH dan TGH. M. Zainuddin Badrun, QH, SS beserta majelis sholawat rosul Lombok Timur dan tim hadroh MA Muslimin NWDI Pancor.

Kegiatan ini dilaksanakan setelah sholat isya hingga pukul 23.00 WITA yang diawali dengan membaca sholawat sintut duror dan diakhiri doa oleh Al-Habib Ismail Al-Habsyi.

Dalam sambutannya ketua pengurus masjid jami’ Nurul Haq Reban Tebu TGH. Zainul Muttaqin Lc, MH menyampaikan “bahwa dengan bertambahnya umur kita maka rezeki kita semakin berkurang. Yang paling utama adalah pandai-pandailah kita bersyukur dengan nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT.”

“Rasullullah SAW bersabda bahwasanya aku rindu kepada kekasihku. Lalu sahabat bertanya siapakah mereka? Apakah sahabatmu yang berada di tengah-tengahmu bukan kekasihmu juga? Rasulullah SAW menjawab kalian memang sahabatku tapi bukan kekasihku. Kekasihku adalah orang yang tidak pernah berjumpa denganku tapi sangat cinta denganku”.

Selanjutnya penyampaian mauizhoh hasanah oleh TGH. M. Zainuddin Badrun QH, SS. “Malam ini adalah malam yang banyak dirayakan oleh orang dengan euforia yang kadang agak berlebihan dalam menerima malam pergantian tahun ini hampir terjadi pada setiap tahun ”

“Dalam beberapa tahun ini kita memiliki kesyukuran di tengah banyaknya orang bereuforia dengan cara-cara yang berlebihan dalam pergantian tahun. Alhamdulillah ada dari beberapa hamba-hamba Allah terutama para adik-adik remaja, karena mereka mendominasi kegiatan pada malam ini mengubah euforia yang berlebihan bahkan bertentangan dengan ajaran agama kita. Alhamdulillah mereka bisa mengubah euforia dengan hal yang mendatangkan kemaslahatan dan kemanfaatan bagi kita. Bahkan bagi umat dan alam semesta yaitu dengan bermajlis melantunkan dzikir dan doa dengan melantunkan sholawat”.

Setelah selesai acara masyarakat kembali kerumahnya dengan tertib dengan membawa suasana tenang dan bahagia karena telah berhasil menyambut tahun baru 2023 ini dengan membaca shalawat yang sangat bermanfaat untuk membentengi umat dari segala bentuk kemaksiatan yang akan merusak keimanan dan akhlak mulia.

LAINNYA

- Advertisment -

Khutbah
Khutbah Terbaru & Terlengkap

Terpopuler

#1

#2

#3

#4

#5

Kolom
Kirim Tulisan Anda Ke Kami