ASAS Berbasis Online SMP Labitech Jakarta “Upaya Mempermudah Ujian”.

Syiar.Sinar5News.com  – Jakarta – Di era super canggih seperti sekarang ini membutuhkan teknologi yang berbasis internet untuk mempercepat dan mempermudah akses yang sangat dibutuhkan untuk kehidupan sehari-hari. Sama halnya seperti sekolah saat ini dituntut untuk dapat menggunakan teknologi internet guna tercapainya proses kegiatan pembelajaran dengan cara yang cepat, praktis dan otomatis. Demikian juga dalam berbagai kegiatan ujian online seperti ASAS (Asesmen Sumatif Akhir Semester) ganjil sangat membantu untuk memudahkan pelaksanaan ujian bagi para peserta didik.

Salah satu sekolah yang tidak mau ketinggalan memanfaatkan sarana teknologi internet yaitu SMP Laboratorium Jakarta yang sudah bertransformasi menjadi SMP Laboratorium Islamic Teknologi Jakarta atau yang disingkat SMP Labitech Jakarta. Senantiasa menggunakan teknologi internet termasuk dalam melaksanakan berbagai macam ujian seperti ASAS ini.

ASAS Ganjil ini dilaksanakan selama 5 hari dari Senin sampai Jumat tanggal 28 November – 2 Desember 2022. Di mana dalam satu hari ujian yang diikuti terdiri dari tiga mata pelajaran yang dapat dilihat jadwalnya berikut ini;

Dalam pelaksanaan ASAS ganjil sesuai pantauan media Syiar.Sinar5News.com terlihat para peserta didik sangat serius dan sungguh-sungguh dalam menjawab soal-soal ujian. Demikian juga para pengawas yang mengawasi pelaksanaan ASAS ini menjalankan tugasnya dengan penuh disiplin dan tanggung jawab.

Sebelum para peserta didik melaksanakan ujian ASAS nya, terlebih dahulu berbaris di depan kelas yaitu di ruang aula untuk mendapatkan pengarahan singkat dari Bapak Dwi Santoso selaku panitia dan pembina OSIS. Dalam hal ini beliau berpesan agar para peserta didik benar-benar mempersiapkan diri dengan baik apa saja yang berkaitan dengan suksesnya pelaksanaan ujian, seperti kondisi HP yang sehat, kuotanya ada dan baterainya tersedia dengan cukup. Bapak Dwi Santoso juga berharap agar seluruh peserta didik benar-benar serius, fokus dan memaksimalkan kemampuannya dengan hati yang baik dan pikiran yang jernih, sehingga dapat menjawab soal-soal dengan hasil yang baik dan maksimal. Kemudian mereka berdoa memohon kepada Allah agar ujian dapat terlaksana dengan baik, lancar dan sukses.

Ketika salah seorang kru mewawancarai Ust. Alfian, S.Pd.I selaku kepala SMP Labitech Jakarta mengenai pesan dan harapannya, beliau berpesan agar seluruh peserta didik dapat bersikap jujur, teliti dan tidak tergesa-gesa dalam menjawab soal. Harapannya semoga ujian dengan model online ini lebih dapat menghemat pengunaan kertas dan anak-anak pun terlatih menjawab soal dengan menggunakan alat canggih yang sangat efektif sebagaimana sekolah-sekolah lain baik yang ada Indonesia atau luar negeri.”

Pada hari ke lima yang merupakan hari terakhir dari pelaksanaan ujian ASAS ini, seluruh peserta didik menuntaskan ujiannya dengan baik. Kemudian setelah itu dilanjutkan dengan shalat Dhuha dan doa bersama dengan membaca doa pusaka di aula SMP Labitech Jakarta. Doa pusaka adalah doa yang rutin dibaca ketika semua proses KBM selesai dilaksanakan, karena inti doa pusaka itu memohon agar Allah mengajarkan ilmu yang manfaat, pemahaman terhadap ilmu agama dan Allah memperbaiki diri kita dalam segala kondisi yang ada. (Mar/Red)

Jakarta, 7 Rabiul Akhir 1444 H/2 Desember 2023 M

LAINNYA

- Advertisment -

Khutbah
Khutbah Terbaru & Terlengkap

Terpopuler

#1

#2

#3

#4

#5

Kolom
Kirim Tulisan Anda Ke Kami