Diantara penyebab munculnya Radikalisme dalam Agama Islam

Kata Radikal merupakan ungkapan yang sudah sangat populer dikalangan masyarakat, ditataran politik, lebih lagi pada tataran agama, kata Radikal sangat populer dan sering di sandangkan kepada para pemangku Agama. Misalnya, ungkapan yang dilayangkan kepada seorang Ust atau Kiyai “Ust. Fulan sangat Radikal, Kiyai Fulan dalam menyampaikan ajaran Agama selalu mengatakan diri paling benar dan menyatakan faham yang tidak sama dengan dia adalah salah dan sesat.

Secara sederhana, Radikalisme dapat diartikan dengan Paham atau aliran yang menginginkan perubahan atau pembaharuan sosial dan politik dengan cara kekerasan atau drastis. Perubahan dan pembaharuan adalah hal yang sangat bagus, namun letak kekeliruannya adalah dalam merealisasikan perubahan dan pembaharuan dilakukan dengan cara kekerasan. Kekerasan tersebut dilakukan karena adanya dorongan pemikiran yang berfikir secara instan untuk ingin dengan segera melihat perubahan secara derastis dan cepat dengan kurang memperhatikan sisi negatif dari dobrakan atau gerakan yang dilakukan.

Adapun menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata radikalisme adalah paham atau aliran yang radikal dalam politik. Dalam definisi ini, Radikal disandarkan dalam tataran politik. Karena pada umumnya, politikus selalu menginginkan supaya apa yang diinginkan bisa segera terealisasi, walaupun dilakukan dengan cara yang instan atau dengan cara kekerasan.

Dari definisi dan penjelasan diatas dapat ditarik kesimpulan, bahwa Radikal itu muncul akibat adanya keinginan yang ingin dicapai secara instan tanpa melihat dan mempertimbangkan sisi negatif yang muncul akibat tindakan yang dilakukan.

Termasuk tindakan Radikal adalah seorang intelektual yang ingin melihat pengetahuan dan pemahamannya untuk segera terealisasi, berusaha dengan sekuat tenaga mendorong dan menekan pemikirannya pada masyarakat dengan menggunakan paksaan atau kekerasan dalam berbagai motif dan bentuknya supaya masyarat segera luluh dan menerima ide dan fikirannya.

LAINNYA

- Advertisment -

Khutbah
Khutbah Terbaru & Terlengkap

Terpopuler

#1

#2

#3

#4

#5

Kolom
Kirim Tulisan Anda Ke Kami