Syair Inspiratif Ke-290 Beserta Penjelasannya “23 Tahun Usia Rumah Tangga Saya”

Karya : Abu Akrom

Syukur pada Allah Ta’ala
Hari ini hari istimewa
Dua tiga tahun usia
Perjalanan rumah tangga saya

Saya sangat bersyukur kepada Allah SWT hari ini Senin, 26 September 2022 adalah hari yang sangat istimewa bertepatan dengan hari ulang tahun media SinarLIMA yang ke 28, dimana usia perjalanan rumah tangga saya sudah mencapai 23 tahun. Ini adalah perjalanan yang cukup panjang dengan berbagai liku-liku kehidupan, pahit dan manis saya rasakan menyatu menjadi harmoni yang melahirkan keindahan bagai simfoni lagu yang diiringi aneka musik yang berbeda, tetapi penuh dengan nilai seni yang indah dan menyenangkan.

Saya meniti rumah tangga
Bersama istri tercinta
Yang bernama Fakhrunnisa
Seorang istri sangat setia

Dalam 23 tahun ini saya benar-benar meniti rumah tangga bersama seorang istri shalihah tercinta yang bernama Fakhrunnisa. Fakhrunnisa adalah seorang wanita yang berasal dari Desa Gintung Tengah, Ciwaringin, Cirebon. Dimana istri saya ini dengan setia dan tulus mendampingi, tidak banyak mengeluh dan senantiasa melaksanakan segala bentuk kewajiban dan tanggungjawab sebagai seorang istri sesuai ajaran Islam.

Dalam keadaan apapun jua
Istri saya senantiasa
Melayani segenap jiwa
Siang malam selalu bersama

Sebagai bentuk kesetiaan istri saya bahwa dalam keadaan apapun senantiasa melayani dengan segenap hati dan jiwa yang tulus. Dari melayani kebutuhan jasmani sampai dengan kebutuhan rohani. Kami berdua senantiasa hidup bersama dan menghadapi semua keadaan itu dalam suka maupun duka pada waktu siang dan malam hari. Kalau keadaan suka, kami senantiasa bersyukur kepada Allah dan dalam keadaan duka kami senantiasa sabar dan tabah menghadapinya tanpa pernah menyerah dan berputus asa, karena kami yakin bahwa Allah senantiasa memberikan kekuatan dan pertolongan dari waktu ke waktu.

Walau ada masalah mendera
Dihadapi dengan lapang dada
Berusaha menyelesaikannya
Tanpa menunggu berlama-lama

Tentu dalam perjalanan 23 tahun meniti biduk rumah tangga, ada saja masalah yang datang mendera silih berganti mulai dari masalah ekonomi, kesehatan dan lain-lain. Walau demikian kami menghadapinya dengan sikap tenang, lapang dada dan berusaha secepatnya menyelesaikan tanpa menundanya, karena khawatir masalah itu akan berlarut-larut menyebabkan sulitnya keluar yang pada akhirnya mengalami kebuntuan yang menyakitkan.

Kekurangan pastilah ada
Dalam hubungan kami berdua
Kami berusaha memakluminya
Saling mengisi melengkapinya

Yang namanya rumah tangga dalam hubungan kami berdua pasti ada kekurangan dan kesalahan baik disengaja maupun tidak disengaja. Kami berusaha untuk saling memahami dan memakluminya tanpa mudah menyalahkan apalagi merendahkan dengan kata-kata yang tidak pantas. Bila ada kekurangan, kami saling melengkapi dan mengisi sesuai batas kemampuan yang ada. Dan bila ada kesalahan, kami saling meminta maaf dan berusaha untuk tidak mengulangi lagi kesalahan tersebut. Dengan cara ini akhirnya rumah tangga kami selalu dapat menjaga dan memelihara dari segala bentuk keretakan yang dapat melukai perasaan kami.

Pada Allah saya berdoa
Semoga rumah tangga saya
Selalu rukun, damai, bahagia
Dalam suasana samara

Dengan usia rumah tangga saya sampai 23 tahun ini kepada Allah saya berdoa, semoga Allah senantiasa menjaga dan melindungi rumah tangga saya dan senantiasa hidup rukun, damai dan bahagia bersama anak keturunan. Sepanjang hari dan sepanjang malam terus saya berdoa, agar Allah menjadikan rumah tangga saya bersama istri tercinta senantiasa dalam suasana sakinah (penuh tenteram), mawaddah (penuh cinta) warahmah (penuh sayang) hingga akhir kematian nanti. Aamiin.

Bekasi, 1 Rabiul Awwal 1444 H/26 September 2022 M

LAINNYA

- Advertisment -

Khutbah
Khutbah Terbaru & Terlengkap

Terpopuler

#1

#2

#3

#4

#5

Kolom
Kirim Tulisan Anda Ke Kami