Zikir Dan Doa Bersama Sekolah Labitech Jakarta Untuk Pembentukan Karakter Islami

Syiar.Sinar5Newe.com – Jakarta – Sekolah Laboratorium Islamic Teknologi Jakarta atau yang biasa disingkat sekolah Labitech Jakarta, dalam kiprahnya senantiasa menunjukkan keistiqomahan dalam mencerdaskan generasi bangsa tidak hanya di bidang akademik juga di bidang spiritual keimanan dan akhlakul karimah.

Dalam bidang akademik tidak jauh beda dengan sekolah lainnya yang fokus mempelajari ilmu-ilmu yang bertujuan untuk mencerdaskan akal pikiran melalui kurikulum pendidikan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah kita. Di sekolah Labitech Jakarta ternyata tidak hanya mementingkan kurikulum yang bersifat akademik, juga lebih dari itu sangat memperhatikan sisi pendidikan spiritual dan akhlakul karimah.

Spiritual keimanan dan akhlakul karimah adalah pendidikan berdasarkan tatanan nilai agama yang mesti ditumbuhkan dalam setiap diri peserta didik. Dalam diri manusia di samping ada perangkat akal yang diisi dengan ilmu pengetahuan yang bersifat akademik, juga ada perangkat yang lebih dalam dan tersembunyi yaitu perangkat hati. Dalam Islam hati ini merupakan titik sentral untuk menjadikan diri kita tumbuh menjadi manusia-manusia yang berbasis kepada nilai-nilai spiritual yang dibangun berdasarkan aqidah islamiyah yang telah diajarkan dengan sangat rapi dan terperinci oleh Nabi kita Muhammad shallallahu alaihi wasallam.

Persoalan hati tidak bisa dianggap sepele, karena sumber kebaikan atau keburukan yang ada di muka bumi ini adalah bersumber dari hati manusia. Ketika hati manusia itu baik, maka baiklah kondisi hidupnya dan ketika hati itu buruk maka buruklah kondisi hidupnya. Hal ini sejalan dengan apa yang disabdakan oleh nabi kita Muhammad shallallahu alaihi wasallam.

Untuk menjadikan hati ini benar-benar menjadi titik sentral untuk membangun spiritual keimanan yang kokoh dan teruji, maka di sekolah Labitech Jakarta senantiasa melakukan dzikir dan doa bersama setiap hari sebelum KBM dimulai. Dalam dzikir dan doa bersama itu diisi dengan kalimat-kalimat toyyibah seperti istighfar, Asmaul Husna, sholawat dan doa memohon keimanan, ilmu yang bermanfaat dan keselamatan dunia akhirat. Tidak hanya itu sholat dhuha senantiasa rutin dilaksanakan untuk memohon rezeki, ilmu pengetahuan, kesehatan dan harta untuk menunjang sempurnanya ibadah kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Dzikir dan doa ini biasanya dilaksanakan di masing-masing unit, tetapi untuk kali ini pada hari Jumat 16 September 2022 dzikir dan doa bersama dilaksanakan secara serentak di lapangan sekolah Labitech Jakarta dimulai pukul 07.15 sampai 08 15 WIB yang diikuti oleh seluruh peserta didik dan guru dari TK, SD, SMP dan SMK Labitech Jakarta.

Untuk kegiatan dzikir dan doa bersama yang dilaksanakan di halaman sekolah Labitech Jakarta ini in sya Allah akan terus rutin dilaksanakan setiap sekali sebulan sesuai arahan dan kesepakatan para pimpinan sekolah Labitech Jakarta setelah mendapatkan restu dan dukungan dari pengelola pendidikan Yayasan Pendidikan Acprilesma Bapak Ednyo Subrowo, M.Pd.

Berdasarkan pantauan media online Syiar.Sinar.News.com kegiatan doa dan dzikir bersama ini berlangsung sangat khidmat dan merasakan adanya getaran gelombang spiritual keimanan dari setiap bacaan-bacaan agung yang terdiri dari surat Yasin, tahlil dan doa yang dipimpin oleh seorang guru Tahfizh di SMP Labitech Jakarta Ust. Marolah, S.Ag, MM.

Setelah dzikir dan doa bersama dilanjutkan dengan bimbingan akhlakul karimah yang diambil dari kitab Al Akhlakul Lilbanin yang disampaikan oleh Ustadz Alfian, S.Pd yang merupakan kepala SMP Labitech Jakarta. Dalam bimbingan akhlak ini, Ustadz Alfian menyampaikan tentang ciri-ciri anak yang memiliki akhlak yang buruk, dampak negatifnya dan cara mengatasinya.

Kesimpulan dari bimbingan akhlakul karimah ini terangkum dalam untaian bait indah buah karya Abu Akrom yang sudah diupload di media online Syiar.Sinar5News.com. bagi para pembaca yang membutuhkan syair tersebut dapat membuka link berikut;

Akhlak Anak (1) Mesti Memiliki Akhlak Mulia

Kita doakan semoga sekolah Labitech Jakarta, dengan barokah dzikir, ayat Alquran dan doa-doa yang senantiasa dilantunkan setiap hari, mendapatkan cahaya keberkahan, kedamaian, perlindungan, keselamatan dari Allah subhanahu wa ta’ala. Dan semoga sekolah Labitech Jakarta, semakin hari semakin menunjukkan kemajuan, unggul, berprestasi dan mampu bersaing dengan sekolah-sekolah lainnya. (Mar/Red)

Bekasi, 20 Shafar 1444 H/17 September 2022 M

LAINNYA

- Advertisment -

Khutbah
Khutbah Terbaru & Terlengkap

Terpopuler

#1

#2

#3

#4

#5

Kolom
Kirim Tulisan Anda Ke Kami