Sisi Positif dan negatif perempuan bagi laki-laki

Perempuan adalah pendamping setia para lelaki dan memiliki peran yang sangat besar bagi laki-laki dalam merealisasikan mimpi dan cita-citanya. Tidak sedikit kisah para lelaki yang sukses disebabkan oleh support yang baik dari para istri, dan banyak juga kisah menyedihkan dari para lelaki yang hancur reputasinya gara – gara perempuan. Besarnya pengaruh perempuan terhadap lelaki banyak kita lihat dalam kehidupan nyata para remaja, para pemuda dan orang yang sudah berkeluarga. Pengaruh pada remaja banyak berdampak kepada pengaruh negatif, sedangkan pada kalangan orang yang sudah berkeluarga pengaruhnya sangat berpariatif antara positif dan negatif.

      Menjadi sebuah pertanyaan, kenapa pada Pase remaja lebih dikhawatirkan pengaruh perempuan terhadap lelaki lebih dominan negatif ?. Sudah kita ketahui bersama, bahwa hubungan antara remaja laki-laki dan perempuan bagaikan sebuah mahnit dengan besi yang memiliki daya saling tarik-menarik. Maka jika keduanya berdekatan akan dikhawatirkan terjadi hal yang tidak diinginkan dan keluar dari aturan agama. Kisah cinta dari para remaja tidak sedikit berujung kepada kehancuran yang menyebabkan terjadinya putus sekolah, bahkan perkelahian antar remaja yang berujung kepada maut. Gara – gara cinta seorang remaja kepada perempuan teman sekolahnya, menjadikannya berani berbohong kepada orang tua, bahkan melawan orang tuanya. Hal yang paling menyedihkan bagi para remaja adalah cinta yang berujung kepada terjadinya perzinahan. Ini sangat menyedihkan, memilukan dan memalukan. Cinta yang sangat tinggi dari seorang perempuan terhadap lelaki yang dicintai membuatnya rela untuk menghalalkan lelaki untuk menyentuh kehormatannya. Perhatikanlah gaya hidup remaja saat ini yang sudah berani memegang tangan teman perempuannya, tanpa merasa malu melakukan perbuatan dosa kepada Allah SWT. Bahkan yang sangat memalukan adalah mereka berani menggandeng dan mencium tangan teman perempuannya dipinggir jalan. Maka tidak heran kalau banyak beredar berita atau video asusila di media sosial tentang para remaja yang telah berani mengotori dan mencoreng wibawa seragam sekolah dengan perbuatan maksiat.

      Demikian juga halnya bagi para pemuda yang pada umumnya sedang dalam pencarian jati diri yang sebenarnya. Dalam usia yang sudah agak matang sehingga merasa sudah bisa mengatur diri sendiri menjadikannya sering lepas kontrol dan kebablasan. Rasa penasaran terhadap lawan jenisnya sering membuatnya terjerumus kedalam perbuatan yang dilarang dalam agama. Karena merasa sudah bukan anak sekolah yang pada umumnya masih dalam pengaturan orang tua, mendorong mereka para pemuda semakin merasa bebas dalam mengatur dan memilih jalan hidupnya dan sulit diatur oleh orang tua. Keadaan seperti ini membuatnya semakin bebas dalam berekspresi, sehingga rasa bebas tersebut mendorongnya untuk berupaya merealisasikan rasa penasaran terhadap lawan jenisnya. Karena rasa bebas yang dirasakan membuat mereka para pemuda berani melakukan perbuatan asusila yang berawal dari kebiasaan sederhana pacaran, saling memandang, kemudian pegang tangan dan berujung kepada perzinahan saling menghalalkan kehormatan.

      Remaja dan pemuda sangat rentan dan berbahaya bila didekatkan dengan perempuan yang bukan muhrimnya. Rasa penasaran yang tinggi terhadap lawan jenis akan mampu memunculkan ide-ide negatif yang bisa menjerumuskan mereka dalam jurang perzinahan. Maka sebagusnya bagi para remaja dan pemuda hendaklah menjaga pandangannya supaya tidak mudah tergoda terhadap perempuan. Begitu juga perempuan hendaklah menjaga pandangannya dan memperbaiki pakaiannya supaya tidak menarik dan memikat pandangan dan rasa penasaran para remaja dan pemuda.

      Adapun orang yang sudah berkeluarga, pengaruh negatif dari perempuan yang bukan muhrimnya lebih rendah dari para remaja dan pemuda. Laki-laki yang sudah berkeluarga memiliki proteksi yang kuat untuk bisa terjerumus oleh gangguan godaan perempuan. Nafsu dan rasa penasaran mereka terhadap perempuan sudah dipenuhi oleh istri pasangan hidupnya, sehingga tidak mudah jatuh kedalam lubang jurang perzinahan. Di samping istri, anak juga menjadi salah satu proteksi untuk jatuh ke lembah kemaksiatan bersama perempuan yang bukan muhrim. Rasa cinta dan tanggung jawab yang tinggi terhadap anak dan istri membuatnya tidak begitu memperhatikan perempuan lain yang bukan muhrimnya. Maka tak heran jika banyak lelaki yang sudah menikah menjadi semakin baik tingkah lakunya setelah menikah dibandingkan dengan sebelum menikahnya. Begitu juga dengan ketekunannya bekerja berubah derastis lebih rajin dibandingkan dengan sebelum menikahnya. Ini semua disebabkan oleh pengaruh yang besar dari rasa cinta dan tanggung jawab terhadap anak dan istri.

      Kendatipun demikian, tidak sedikit juga laki – laki yang sudah menikah terjerumus kedalam jurang perzinahan yang disebabkan oleh kurangnya iman dan kuatnya daya tarik dari perempuan yang bukan muhrimnya. Maka, disinilah peran besar dari seorang istri untuk selalu tampil lebih menarik didepan suami. Menarik dalam hal, pakaian dan kecantikan, serta menarik dalam hal perilaku dan tutur kata sehingga suami merasa betah bersamanya dan semakin mencintainya. Keadaan seperti ini akan bisa menutup pandangan suami untuk melirik perempuan yang lain karena sudah merasa cukup dengan isterinya.

      Kaitannya dengan begitu besarnya pengaruh perempuan terhadap para lelaki, dalam sebuah hadits dijelaskan :

عَنْ أُسَامَةَ بْنِ زَيْدٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا، عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ:

مَا تَرَكْتُ بَعْدِي فِتْنَةً أَضَرَّ عَلَى الرِّجَالِ مِنْ النِّسَاءِ.

Dari Usamah ibn Zaid ra, dari Nabi saw beliau bersabda: Tidaklah aku meninggalkan suatu fitnah setelahku yang lebih berbahaya bagi kaum laki-laki melebihi (fitnah) wanita.

      Fitnah yang sangat berbahaya adalah fitnah wanita. Karena itu dianjurkan bagi para laki-laki untuk menjaga pandangannya ketika berada di tempat umum. Kaum wanita juga hendaknya menjaga diri dengan menggunakan pakaian yang syar’i, sopan dan tidak menarik perhatian, demi menjaga dirinya sendiri dan demi menghindari terjadinya fitnah.

        Wallahu a’lamu bisshawab.

Wallaahul Muwaffiqu Wal haadi Ilaa sabiilirrasyad.

Muhammad Fathi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LAINNYA

- Advertisment -

Khutbah
Khutbah Terbaru & Terlengkap

Terpopuler

#1

#2

#3

#4

#5

Kolom
Kirim Tulisan Anda Ke Kami