Khutbah Jum’at Edisi 26 Agustus 2022 “Manfaat Mengucapkan Salam”

 

بِسْمِ اللهِ وَبـِحَمْدِهِ. اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

اَلْحَمْدُ ِللهِ وَكَفٰى، وَسَلاَمٌ عَلٰى عِبَادِهِ الَّذِيْنَ اصْطَفٰى. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلٰهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ. وَأَشْهَدُ أَنّ مُحَمّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ لاَ نَبِيَّ بَعْدَهُ.

اَللهُمّ صَلِّ وَسَلّمْ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمّدٍ وَعَلى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلٰى يَوْمِ الدِّيْنِ, اَمَّا بَعْدُ. فَيَا عِبَادَ اللهِ, اُوْصِيْكُمْ وَاِيَّايَ بِتَقْوَى اللهِ وَطَاعَتِهِ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ. قَالَ اللهُ تَعَالَى فىِ الْقُرْآنِ الْكَرِيْمِ، أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ. يَاأَيّهَا الّذَيْنَ آمَنُوْا اتّقُوا اللهَ حَقّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ.

اَللّٰهُمَّ اَصْلِحْ اُمَّةَ مُحَمَّدٍ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ. وَفَرِّجْ عَنْ أُمَّةِ مُحَمَّدٍ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ. وَارْحَمْ اُمَّةَ مُحَمَّدٍ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ. وَانْشُرْ وَاحْفَظْ نـَهْضَةَ الْوَطَنِ فِى الْعَالَمِيْنَ بِحَقِّ مُحَمَّدٍ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ.

Kaum muslimin sidang jamaah jumat yang berbahagia, Rahimakumullah.

Puji dan syukur Alhamdulillah marilah kita sampaikan kehadirat Allah Robbul’izzati, pada kesempatan jumat ini kita kembali dapat melaksanakan kewajiban sebagai seorang muslim yaitu shalat Jumat secara berjamaah di masjid yang kita cintai ini. Shalawat dan salam marilah kita sampaikan kepada uswatun hasanah kita yaitu baginda nabi besar Muhammad SAW. Juga kepada segenap keluarga dan sahabatnya, semoga kita semua yang hadir di masjid ini, kelak di hari kiamat mendapatkan syafaat dari beliau. Aamiin.

Kaum muslimin sidang jamaah Jumat yang berbahagia rohimakumullah

Islam dengan ajarannya yang lengkap dan sempurna membimbing umat manusia agar senantiasa berada pada jalan kebenaran yang hakiki hingga ke akhirat nanti. Bila ditelaah ajaran islam itu baik yang bentuknya ucapan maupun perbuatan, senantiasa menunjukkan nilai-nilai kebaikan bagi kehidupan dirinya maupun orang lain. Di antara ajaran Islam yang bentuknya ucapan adalah mengucapkan salam. Hal ini penting kita sampaikan karena betapa banyak kita melihat di antara kaum muslimin menganggap bahwa mengucapkan salam itu adalah suatu tradisi yang tidak bernilai apa-apa, padahal dalam ucapan salam itu terkandung doa yang sangat besar manfaatnya bagi kebaikan dan kemaslahatan hidup kita.

Karena demikian pentingnya mengucapkan salam ini, sampai-sampai Nabi memerintahkan kepada umat Islam untuk senantiasa menyebarluaskannya setiap kita bertemu baik sifatnya pribadi atau dalam acara-acara tertentu pada suatu tempat yang telah ditentukan.

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَالَّذِي نَفْسِي بِيَدِهِ لَا تَدْخُلُوا الْجَنَّةَ حَتَّى تُؤْمِنُوا وَلَا تُؤْمِنُوا حَتَّى تَحَابُّوا أَلَا أَدُلُّكُمْ عَلَى أَمْرٍ إِذَا أَنْتُمْ فَعَلْتُمُوهُ تَحَابَبْتُمْ أَفْشُوا السَّلَامَ بَيْنَكُمْ

Dari Abu Hurairah dia berkata; Rasulullah SAW bersabda, “Demi Dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya, kalian tidak akan masuk surga hingga beriman, dan tidak akan beriman hingga saling mencintai. Maukah aku tunjukkan kepada kalian tentang sesuatu yang bila kalian lakukan, kalian akan saling mencintai?, tebarkanlah salam diantara kalian.”

Kaum muslimin sidang Jumat yang berbahagia rahimakumullah.

Bila kita menelaah secara makna dalam ucapan salam tersebut, paling tidak kita akan mendapatkan 4 manfaat utama yang mesti diketahui. Mari kita memperhatikan dengan seksama kemudian diresapi dan dijiwai agar benar-benar menjadi pengetahuan yang terus-menerus diamalkan sepanjang hayat kita di dunia ini.

Pertama, mendapatkan keselamatan

Ketika kita mengucapkan “assalamualaikum” yang berarti semoga keselamatan tercurah kepadamu. Keselamatan di sini mencakup semuanya seperti keselamatan lahir dan batin, keselamatan dalam usaha, menuntut ilmu, mencapai cita-cita, berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Lebih jauh dari itu kita selamat di dunia dari buruknya perilaku diri sendiri, juga selamat di akhirat dari azab api neraka dan diperkenankan kepada kita masuk ke dalam surga yang luasnya seluas langit dan bumi.

Kedua, mendapatkan rahmat.

Dengan mengucapkan “warahmatullah”, kita benar-benar mengharapkan agar Allah memberikan rahmat seutuhnya tanpa berkurang sedikitpun. Sesungguhnya harapan tertinggi dalam semua aktivitas kehidupan, baik yang terkait hablum minallah dan habluminannas adalah untuk mendapatkan rahmat Allah. Tentu ini tidak mudah, ketika kita melakukan hablum minallah diperlukan upaya yang sungguh-sungguh disertai hati yang ikhlas dalam beribadah dan melakukan dengan sebaik-baiknya sesuai dengan ilmu yang diajarkan dalam agama Islam.

Demikian juga dalam hubungan kepada sesama manusia, hendaknya kita dapat menunjukkan akhlak terbaik dan melakukan hal-hal yang bermanfaat. Maka untuk menyempurnakan agar semua yang kita lakukan itu benar-benar mendapatkan rahmat dari Allah diantara upayanya, hendaknya kita banyak mengucapkan salam.

Apalah artinya hidup dengan kemewahan harta benda, bahkan dengan amal saleh yang luar biasa, kalau tidak ada rahmat Allah semua itu sia-sia. Dan ketahuilah bahwa nanti di akhirat kita dimasukkan ke surga bukan karena amal-amal kita, tetapi karena rahmat Allah yang diberikan secara sempurna sehingga dengan sangat mudah kita masuk ke dalam surga. Ketahuilah bahwa rahmat Allah inilah yang menjadi harapan, cita-cita dan target utama setiap hamba beriman yang benar-benar mencintai sang Maha Pencipta.

Ketiga, mendapatkan berkah Allah

Dengan mengucapkan “wabarakatuh” ini adalah permohonan agar Allah Subhanahu Wa Ta’ala terus-menerus menurunkan berkah-Nya dalam setiap urusan dan tugas-tugas yang kita lakukan. Sesuai dengan namanya berkah atau Al barokah dalam bahasa arabnya itu maknanya adalah bertambahnya nilai kebaikan.

Sungguh beruntung sekali apabila nilai kebaikan itu terus bertambah. Apabila nilai berkah ini kita dapatkan, sempurnalah rahmat Allah tercurah kepada kita. Ketika kita mendapatkan rahmat, kita akan mendapatkan berkah-Nya berlipat-lipat. Sebaliknya ketika kita mendapatkan berkah, kita pun akan mendapatkan rahmat-Nya. Antara rahmat dan berkah dua hal yang tidak bisa dipisah dan hendaknya menjadi satu kesatuan yang padu. Dengan rahmat Allah, niscaya pancaran kasih sayang-Nya terus menyertai hidup kita dan dengan berkah Allah, nilai-nilai kebaikan akan terus bertambah dari waktu ke waktu, sehingga kita menjadi insan-insan yang mulia, terpuji dan dihormati.

Keempat, tercipta kedamaian dan persatuan

Dengan sering mengucapkan salam, terciptalah kedamaian di lingkungan sekitar kita. Apabila kedamaian ini benar-benar terwujud dengan nyata, akan lahirlah persatuan yang sangat kuat dan apabila kedamaian dan persatuan terpelihara, akan terciptalah suasana kehidupan yang harmonis yang diikat oleh tali persaudaraan yang sangat erat antara satu dengan lainnya dan tidak ada satu kekuatan apapun yang dapat memecah belah dan menghancurkan sendi-sendi kehidupan dalam lingkungan keluarga, masyarakat, bangsa dan negara.

Semoga khotbah singkat yang khotib sampaikan ini dapat memberikan kontribusi yang berharga bagi terciptanya kehidupan yang aman, damai, tentram dan penuh berkah dengan ucapan salam yang senantiasa kita ucapkan kepada saudara-saudara kita dalam kehidupan sehari-hari. Amin ya robbal ‘alamin.

بَارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِي الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ, وَنَفَعَنِيْ وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ الآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ, وَتَقَبَّلَ مِنِّيْ وَمِنْكُمْ تِلاَوَتَهُ إِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ. أَقُوْلُ قَوْلِيْ هَذَا وَاسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ لِيْ وَلَكُمْ فَاسْتَغْفِرُوْهُ، إِنَّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ

KHUTBAH KEDUA

اَلْحَمْدُ للهِ عَلىَ إِحْسَانِهِ وَالشُّكْرُ لَهُ عَلىَ تَوْفِيْقِهِ وَاِمْتِنَانِهِ. وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ. وَأَشْهَدُ أنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الدَّاعِى إلىَ رِضْوَانِهِ. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وِعَلَى اٰلِهِ وَاَصْحَابِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كِثيْرًا. أَمَّا بَعْدُ:

فَياَ اَيُّهَا النَّاسُ, اِتَّقُوااللهَ فِيْمَا أَمَرَ وَانْتَهُوْا عَمَّا نَهَى وَاعْلَمُوْا أَنَّ اللهَ أَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ بَدَأَ فِيْهِ بِنَفْسِهِ وَثَـنَى بِمَلآ ئِكَتِهِ بِقُدْسِهِ. وَقَالَ تَعاَلَى, إِنَّ اللهَ وَمَلآئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلىَ النَّبِى يآ اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلِّمْ وَعَلَى آلِ سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَنْبِيآئِكَ وَرُسُلِكَ وَمَلآئِكَةِ الـْمُقَرَّبِيْنَ, وَارْضَ اللّهُمَّ عَنِ اْلخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ أَبِى بَكْرٍ وَعُمَرَ وَعُثْمَانَ وَعَلِي وَعَنْ بَقِيَّةِ الصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِيْنَ وَتَابِعِي التَّابِعِيْنَ لَهُمْ بِاِحْسَانٍ اِلىٰ ىيَوْمِ الدِّيْنِ, وَارْضَ عَنَّا مَعَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

اَللهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَاْلمُؤْمِنَاتِ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَاْلمُسْلِمَاتِ اَلاَحْيآءِ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ

اللهُمَّ أَعِزَّ اْلإِسْلاَمَ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَأَذِلَّ الشِّرْكَ وَاْلمُشْرِكِيْنَ وَانْصُرْ عِبَادَكَ اْلمُوَحِّدِيَّةَ وَانْصُرْ مَنْ نَصَرَ الدِّيْنَ وَاخْذُلْ مَنْ خَذَلَ اْلمُسْلِمِيْنَ وَ دَمِّرْ أَعْدَاءَالدِّيْنِ وَاعْلِ كَلِمَاتِكَ إِلَى يَوْمَ الدِّيْنِ

اللهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا اْلبَلاَءَ وَاْلوَبَاءَ وَالزَّلاَزِلَ وَاْلمِحَنَ وَسُوْءَ اْلفِتْنَةِ وَاْلمِحَنَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ عَنْ بَلَدِنَا اِنْدُونِيْسِيَّا خآصَّةً وَسَائِرِ اْلبُلْدَانِ اْلمُسْلِمِيْنَ عآمَّةً يَا رَبَّ اْلعَالَمِيْنَ

رَبَّنَا آتِناَ فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. رَبَّنَا ظَلَمْنَا اَنْفُسَنَاوَاِنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ اْلخَاسِرِيْنَ

عِبَادَاللهِ ! إِنَّ اللهَ يَأْمُرُنَا بِاْلعَدْلِ وَاْلإِحْسَانِ وَإِيْتآءِ ذِي اْلقُرْبىَ وَيَنْهَى عَنِ اْلفَحْشآءِ وَاْلمُنْكَرِ وَاْلبَغْي يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ وَاذْكُرُوا اللهَ اْلعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْهُ عَلىٰ نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرْ

Jakarta, 27 Muharram 1444 H/25 Agustus 2022 M

Penulis : Marolah Abu Akrom (087887270732)

LAINNYA

- Advertisment -

Khutbah
Khutbah Terbaru & Terlengkap

Terpopuler

#1

#2

#3

#4

#5

Kolom
Kirim Tulisan Anda Ke Kami