Syair Inspiratif Ke 252 Dan Penjelasannya, “NW/NWDI Bergerak Pada Ranah Pendidikan, Sosial Dan Dakwah”

Karya : Abu Akrom

Baik NW dan NWDI
Bergerak setiap hari
Tiga ranah mari pahami
Dengan akal, jiwa dan hati

Di Indonesia ada dua organisasi yang tidak kalah populernya dengan Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah yaitu Nahdlatul Wathan (NW) pimpinan Maulana Syaikh TGKH. Muhammad Zainuddin Atsani, M.Pd yang berpusat di Anjani dan Nahdlatul Wathan Diniyah Islamiyah (NWDI) pimpinan Syaikh TGB Dr. KH. Muhammad Zainul Majdi, Lc, MA yang berpusat di Pancor. Kedua organisasi kenamaan ini sama-sama berada di Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Baik organisasi NW dan NWDI sama-sama bergerak dalam tiga ranah pokok yang utama yaitu pendidikan, sosial dan dakwah. Tentu untuk dapat memahami ketiga ranah itu membutuhkan kecerdasan akal, kecerdasan jiwa dan kejernihan hati. Dengan kecerdasan akal akan luas pemahaman kita, dengan kecerdasan jiwa semakin dalam penghayatan kita dan dengan kejernihan hati akan semakin tulus dan dapat melaksanakan ketiga ranah tersebut secara baik, konsisten (Istiqomah), elegan, sukses dan berkualitas penuh dengan nilai keberkahan didalamnya..

Pertama ranah pendidikan
Bangun madrasah dan sekolahan
Pondok pesantren dan perguruan
Yang jumlahnya mencapai ribuan

Pertama ranah pendidikan yang merupakan ujung tombak dari pergerakan organisasi NW dan NWDI. Dengan pendidikan umat ini akan cerdas dan bijak cara membangun dan mengembangkan segala sesuatu sesuai bidang keahliannya. Untuk mewujudkan hal tersebut, maka didirikanlah lembaga-lembaga pendidikan seperti madrasah, sekolah, perguruan tinggi dan pondok pesantren di seluruh Indonesia yang berjumlah mencapai ribuan.

Dengan banyaknya lembaga pendidikan tersebut, maka tidak terhitung para alumni dari NW dan NWDI menjadi tokoh ulama, umara dan cendikiawan dari level daerah, nasional hingga internasional. Ini adalah fakta yang tak terbantahkan yang merupakan sumbangsih yang sangat besar untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan umat sekaligus membangun peradaban dunia yang berasaskan nilai-nilai Islam berciri khas rahmatal lil’alamin sesuai dengan pemahaman ahlussunnah waljama’ah (Aswaja).

Kedua ranah dakwah
Mengajak seluruh ummah
Untuk taat beribadah
Agar selamat dunia akhirah

Kedua ranah dakwah yang terus merambah ke pelosok-pelosok kampung terpencil, desa dan kota di NTB hingga daerah-daerah lainnya seperti Jakarta, Jawa, Sumatera, Bali, Sulawesi dan lain-lain. Ranah dakwah ini bergerak melalui TPA/TPQ, Majlis ta’lim, tablig Akbar, seminar, pengajian, hiziban, tarikat, seni Islam dan lain sebagainya.

Semua media tersebut bertujuan untuk mengajak umat agar taat dalam beribadah yang merupakan tujuan pokok manusia diciptakan sesuai firman Allah surat Azd Dzariyat ayat 56. Para ulama dan da’i yang ada di NW dan NWDI seluruhnya berdakwah dengan cara lembut, santun dan penuh hikmah sehingga dimana-mana umat menerima dakwah tersebut. Dan target utama dari dakwah ini agar semua umat selamat dan bahagia dari dunia hingga akhirat. Di dunia selamat dari segala keburukan dan bahagia dengan keimanan yang kuat dan ketaqwaan yang mapan. Di akhirat selamat dari azab neraka dan bahagia dengan kenikmatan tiada tara selama-lamanya dalam surga.

Ketiga ranah sosial
Membantu secara material
Bangun asrama dan panti sosial
Yatim, dhu’afa dibantu total

Ketiga ranah sosial yaitu memperhatikan orang-orang yang lemah dan tidak berdaya yang ada disekitarnya seperti anak yatim/piatu dan kaum dhu’afa. Mereka dibantu secara material meliputi santunan dan pembagian baksos dalam bentuk sembako dan lain-lain. Bahkan banyak diantara anak-anak mereka diberikan beasiswa dan disekolahkan hingga perguruan tinggi.

Untuk lebih maksimalnya pergerakan dalam ranah sosial ini, maka didirikanlah di banyak tempat berupa panti asuhan dan asrama terutama bagi anak yatim/piatu dan dhu’afa (orang-orang yang lemah secara ekonomi). Mereka dibantu secara total berbagai macam biaya dari kebutuhan makan dan minumnya hingga biaya pendidikan hingga selesai dari jenjang pendidikan anak usia dini hingga jenjang perguruan tinggi dalam dan luar negeri.

Baik NW dan NWDI
Senantiasa bersinergi
Dukung mendukung setiap hari
Maju mencapai ridha Ilahi

Baik NW dan NWDI secara bersama-sama bersinergi demi suksesnya mencapai tiga ranah tersebut karena untuk ini didirikannya dua organisasi besar ini. Karena bagaimanapun Maulana Syaikh TGKH Muhammad Zainuddin Abdul Madjid sebagai peletak dasar dan pendiri NWDI, NBDI dan NW sangat concern dan konsisten secara gigih dan sungguh-sungguh memperjuangkan ketiga ranah tersebut, sehingga berhasil dan sukses secara nyata hingga saat ini.

Oleh karena itu agar ketiga ranah ini tetap eksis, maju dan berkembang pesat dari hari ke hari, maka organisasi NW dan NWDI akan terus saling mendukung setiap hari dalam bentuk support dan doa walaupun masih terdapat perbedaan-perbedaan pemikiran dan pendapat antara yang pro dan kontra, tetapi tidak menyebabkan terputusnya komunikasi yang harmonis antara keduanya. Karena sejujurnya endingnya adalah ketiga ranah yang diperjuangkan itu memiliki tujuan yang sangat mulia yaitu mencapai keridhoan Allah SWT yang merupakan harapan dan cita-cita tertinggi setiap muslim/muslimah di dunia ini.

Semoga dengan ulasan dan penjelasan singkat secara akademis dari bait-bait syair ini menjadi suatu pencerahan yang sangat besar arti dan maknanya bagi keutuhan dan kemajuan dua organisasi besar (NW dan NWDI) yang kita cintai. Pokoknya NW, pokok NW iman dan taqwa, NWDI fastabiqul khairat (berlomba-lomba dalam kebaikan dan kemajuan dalam segala bidang).

Bekasi, 24 Dzulhijjah 1443 H/24 Juli 2022 M

Penulis : Marolah Abu Akrom

LAINNYA

- Advertisment -

Khutbah
Khutbah Terbaru & Terlengkap

Terpopuler

#1

#2

#3

#4

#5

Kolom
Kirim Tulisan Anda Ke Kami