Malam Nishfu Sya’ban Masjid At Tawwabin Bekasi Media Menyatukan Umat

Syiar.Sinar5News.com – Bekasi- Salah satu masjid yang berada di Perumahan Vila Gading Harapan 2, Sriamur, Tambun Utara, Kabupaten Bekasi yaitu masjid At Tawwabin. Dimana dari sejak berdirinya pada hari Senin, 20 Juni 2011 sampai saat ini masjid At Tawwabin senantiasa istiqomah melaksanakan berbagai kegiatan yang bersifat keagamaan dan sosial kemasyarakatan.

Diantara kegiatan keagamaan yang rutin dilaksanakan yaitu shalat rawatib berjamaah lima waktu, shalat sunnah tarawih, shalat sunnah Idul Adhan dan Idul Fithri. Melaksanakan kegiatan dakwah berupa pengajian ibu-ibu, bapak-bapak dan anak-anak baik yang bersifat harian maupun mingguan. Juga mengadakan kegiatan hari-hari besar Islam seperti maulid Nabi, Isra’ Mi’raj, tahun baru Islam, dan lain-lain. Masjid At Tawwabin juga rutin melaksanakan kegiatan sosial berupa santunan bagi anak-anak yatim/piatu pada moment-moment tertentu.

Salah satu kegiatan keagamaan yang dilaksanakan pada hari Kamis, 17 Maret 2022 bertepatan dengan 15 Sya’ban 1443 adalah kegiatan malam Nishfu Sya’ban yang merupakan kegiatan rutin setiap tahunnya. Sesuai dengan namanya Nishfu Sya’ban artinya pertengahan bulan Sya’ban sebagai suatu pengingat bahwa 15 hari lagi akan tiba bulan yang sangat agung yang kita tunggu-tunggu kedatangannya yaitu bulan suci Ramadhan.

Acara malam Nishfu Sya’ban di masjid At Tawwabin dimulai dari shalat magrib berjamaah sampai datangnya waktu Isya’. Sebelum kegiatan malam Nishfu Sya’ban dimulai terlihat para warga yang terdiri dari orang tua, pemuda, remaja dan anak-anak perumahan VGH 2 Blok A dan Blok B khususnya datang berbondong-bondong menuju masjid At Tawwabin dengan penuh semangat dan nampak sekali aura kebahagiaan terpancar dari wajah mereka.

Setelah muazzin mengumandangkan azan magrib, kemudian beberapa saat setelah itu dilanjutkan dengan iqomah, maka para jama’ah dengan tertib dan khusyu’ melaksanakan shalat magrib secara berjamaah yang dipimpin oleh Ust. Muslim dari Gabus (salah seorang alumni santri Ponpes NW Jakarta). Setelah selesai shalat magrib berjamaah dilanjutkan dengan wirid, zikir, tahlil dan tahmid, lalu membaca surat Yasin sebanyak tiga kali secara berjamaah. Dalam pembacaan Yasin ini Ust. Muslim memanjatkan tiga permohonan penting dalam setiap bacaan Yasin yang diulang tiga kali yaitu;

Pertama, berniat dan memohon mudah-mudahan Allah SWT memberikan umur panjang, kesehatan, istiqamah dalam menjalankan ibadah dan amal kebaikan. Kedua, berniat dan memohon mudah-mudahan Allah SWT menjauhkan diri dan keluarga dari bala, fitnah, dan musibah. Juga memohon mudah-mudahan Allah senantiasa memberikan keluasan rizki yang halal, banyak dan berkah. Ketiga, berniat dan memohon mudah-mudahan Allah SWT menjadikan hati bersih dan kaya dengan kebaikan, jauh dari iri, dengki, takabur, dan ujub. Kemudian memohon agar diberikan ketetapan iman dan islam serta khusnul khatimah dalam menapaki kehidupan dimuka bumi ini hingga ajal datang menjemput.

Setelah selesai pembacaan yasin dilanjutkan dengan doa Nishfu Sya’ban (Allahumma ya dzal manni dan seterusnya…..), kemudian dilanjutkan dengan shalat isya berjama’ah dan di akhiri dengan santunan anak yatim sebanyak 37 orang. Semua anak yatim ini direkrut dari perumahan VGH 2 Blok A dan B, perumahan The Palm Residence dan Kampung Gabus. Adapun yang memberikan santunan adalah Bapak Castub dan teman-temannya, juga beberapa warga yang ada di Perumahan VGH 2 Blok A. Semua anak yatim yang menerima santunan terlihat sangat senang, bahagia dan bersyukur atas kebaikan para dermawan. Semoga Allah memberikan balasan dengan pahala berlipat ganda dan berkah berlimpah ruah atas rezekinya. Demikian doa singkat yang disampaikan oleh Ibu Fakhrunnisa yang memimpin acara santunan ini.

Disisi lain diantara hikmah yang besar dari kegiatan malam Nishfu Sya’ban yang rutin dilaksanakan setiap tahun ini adalah semakin mempererat tali ukhuwah Islamiyah, media terbaik untuk mengokohkan persatuan dan kebersamaan, menampakan syiar Islam dan meningkatkan rasa keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Harapan terbesar kita semoga dengan kegiatan malam Nishfu Sya’ban yang sangat positif dan bermanfaat ini menjadikan puasa Ramadhan tahun ini dapat terlaksana dengan baik dan sempurna, sehingga tercapai derajat taqwa yang merupakan tujuan utama diwajibkan berpuasa. Demikian harapan salah seorang jama’ah Masjid At Tawwabin yang ikut hadir kepada media kesayangan kita SinarLIMA (Syiar.Sinar5News.com). (Amr/Red)

Bekasi, 15 Sya’ban 1443 H/18 Maret 2022 M

LAINNYA

- Advertisment -

Khutbah
Khutbah Terbaru & Terlengkap

Terpopuler

#1

#2

#3

#4

#5

Kolom
Kirim Tulisan Anda Ke Kami