Menjelang Datangnya Bulan Suci Ramadhan Jama’ah Muslimat NWDI JAKARTA melakukan Kegiatan Ziarah Makam

Jamaah Muslimat NWDI Jakarta dari berbagai kelompok Majlis Taklim, melakukan kegiatan Ziarah Makam. Kegiatan seperti ini merupakan kegiatan akhir dari masing-masing Majlis taklim di Nahdlatul Wathan dan kadang-kadang bergabung juga dengan Majlis taklim lainnya yang dilakukan menjelang datangnya bulan suci Ramadan.

Untuk kelompok Majlis taklim Al Hikmah NW Jakarta yang dipimpin oleh Ustazah Hj. Sayatih, misalnya, beliau mengajak jamaah dari berbagai Majlis taklim yang dipimpinnya bergabung dalam berziarah dengan kelompok Majlis taklim lainnya, seperti Majlis taklim Al Hasaniyah, Majlis taklim Darun Nikmah yang dipimpin oleh Ustadzah Hj. Sayatih, Ustadzah Hj. Aisyah.

 

Dalam pantauan Media SinarLima, bahwa setiap Majlis taklim Nahdlatul Wathan di Jakarta memang tidak eksklusif. Sebagai contoh Majlis taklim Al Hikmah NW yang beralamatkan di Jl. Penggilingan, Kp. Pisangan, Rt. 011/011, Cakung, Jakarta Timur ini memiliki berbagai kegiatan yang melibatkan kaum muslimat dari berbagai kelompok majelis taklim lainnya. Diantara kegiatan rutinnya adalah pengajian mingguan dan Hiziban dengan Hizib Nahdlatul Wathan yang dilaksanakan setiap malam Rabu yang dipusatkan di kediaman Ustadzah Hj. Sayatih, selaku pimpinan utamanya. Dan setiap kali pengajian, diisi oleh para Ustadz dan Ustadzah secara bergilir. Selain kegiatan pengajian rutin, Majlis Taklim yang satu ini juga terkenal dengan Group Qasidahannya yang kemudian hasil rekaman qosidahnya aktif diupload di media SinarLima.

Hal menarik lainnya sebagai kegiatan tahunan Majlis taklim ini adalah Ziarah Makam dan kunjungan ke berbagai tempat bersejarah di Jakarta, seperti Kota Tua atau kampung tradisional betawi lainnya di Jakarta serta beberapa masjid megah yang ada di wilayah Depok atau Tangerang.

Dalam kegiatan ziarah makam seperti ini, setiap Majlis taklim membawa juga Ustadz dan Ustadzah yang menjadi pembinanya. Seperti hari ini, Majlis Taklim NW Jakarta yang dipimpin oleh Hj. Titik ini, didampingi pula oleh sejumlah Ustadz dan Ustadzah, seperti Ustadz Drs. Muhasan, Ustadzah Siti Rauhun, S. Pd, Ustadzah Salimah dan lain-lain.

Dalam wawancara Media SinarLima hari ini, Ahad, 13 Maret 2022, bersama pimpinan Majlis taklim NW Jakarta, Ibunda Hj. Titik dan Hj. Sunariah menjelaskan bahwa kegiatan Ziarah Makam pada kali ini dipusatkan ziarahnya ke makam keramat Mbah Priok dan Pangeran Jayakarta serta kunjungan ke Masjid Asmul Husna di wilayah Serpong Tangerang, Banten.

Menurut Ibunda Hj. Titik dan Hj. Sunariah bahwasanya Ziarah ke makam Mbah Priok yang beralamat di Jl. Janpea, No. 6, Koja, Tanjung Priok, Jakarta Utara ini, sengaja kita tuju untuk berziarah tahun ini di bulan Sya’ban ini untuk ambil berkah dari orang saleh. Demikian juga makam Pangeran Jayakarta yang berada di Jati Negara Kaum, Klender, Jakarta Timur.

Dua makam keramat ini, memang selalu ramai. Ungkapnya. Karena, sebagaimana kita kenal untuk Mbah Priok, yakni Al Imam Al Arif billah Al Habib Hasan bin Muhammad Al Haddad Husain Al Syafi’i adalah seorang ulama penyebar agama Islam di Batavia (Jakarta) di abad ke 18. Sementara Pangeran Jayakarta adalah seorang ulama yang boleh disebut sebagai pendiri Kota Jakarta. Beliau sangat terkenal sebagai penguasa pelabuhan Jayakarta pada tahun 1602-1619. Beliau adalah wakil dari Kesultanan Banten.

Oleh karena itu, sengaja saya mengajak para jamaah untuk datang berziarah dan bertawasul serta ambil berkah ke dua tempat tersebut. Pungkasnya mengakhiri pembicaraan dengan tim SinarLima.

LAINNYA

- Advertisment -

Khutbah
Khutbah Terbaru & Terlengkap

Terpopuler

#1

#2

#3

#4

#5

Kolom
Kirim Tulisan Anda Ke Kami