Isra Mi’raj Masjid Haqqul Yaqin, Sikur Barat “Pentingnya Membersihkan Hati”

Syiar.Sinar5News.com – Lombok Timur – Hari ini Sabtu, 26 Februari 2022 pukul 16.30 WITA di masjid Haqqul Yaqin, Sikur Barat, Lombok Timur, NTB diadakan kegiatan yang sangat mulia dan besar manfaatnya yaitu memperingati isra’ mi’raj Nabi Muhammad SAW yang dihadiri oleh para ulama, tokoh masyarakat, aparatur pemerintah Desa Sikur Barat, anggota DPRD Lombok Timur, para undangan, masyarakat Dusun Manggong dan sekitarnya.

Menurut Ketua DKM Masjid Haqqul Yaqin Bapak Simahji, bahwa diantara tujuan diadakan peringatan Isra’ Mi’raj ini adalah untuk syiar agama sekaligus membina para jama’ah betapa pentingnya melaksanakan ibadah shalat berjama’ah di masjid. Dalam berjama’ah ada semangat untuk saling bekerjasama, mewujudkan persatuan dan kekompakan dalam bermasyarakat, sehingga terciptalah kerukunan dan kedamaian antara satu dengan lainnya.

Acara diawali dengan pembukaan dengan pembacaan basmalah oleh pembawa acara (MC) M. Imran yang dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al Quran oleh Ust. Amrullah, S.Ag, MM (Marolah Abu Akrom) salah satu Qari dari Jakarta yang bertepatan dengan kepulangannya di Lombok karena musibah atas kematian ibundanya yang bernama Ibu Ridwan dalam usia 75 tahun. Disisi lain Ust. Amrullah adalah salah seorang crew media Syiar Sinar5News.com, disamping bertugas membaca Al Qur’an juga meliput kegiatan peringatan isra’ mi’raj dari awal sampai selesai.

Selanjutnya sambutan dari ketua panitia pelaksana PHBI Ma’rifudin yang intinya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kehadiran para tamu undangan, baik yang dekat maupun yang jauh dan memohon maaf bila terdapat kekurangan dalam hal penyambutan, tempat dan konsumsi dalam acara peringatan Isra’ Mi’raj ini.

Sambutan selanjutnya dari Kepala Desa Sikur Barat Bapak Zulfakarudin, SH menyampaikan ajakan untuk senantiasa menjaga kesehatan dalam bentuk mematuhi prokes yang telah ditentukan oleh pemerintah, karena masih mewabahnya virus corona di tengah-tengah kehidupan kita. Juga menyampaikan program-program unggulan yang akan direalisasikan seperti pengadaan air bersih dan ATM syair’ah. Dimana semua program itu akan dipusatkan di masjid-masjid yang ada di Desa Sikur Barat termasuk masjid Haqqul Yaqin Manggong. Tujuan diadakan program-program unggulan ini untuk membantu para jama’ah dan warga yang ada di sekitar masjid agar lebih mudah melakukan transaksi ekonomi, sehingga kesejahteraan mereka dapat terpenuhi in sya Allah. Demikian Bapak kades menyampaikan penuh semangat dan optimis akan bisa mewujudkan semua program yang baik ini.

Selanjutnya acara inti yaitu hikmah memperingati Isra’ Mi’raj Nabi besar Muhammad SAW yang disampaikan oleh TGH. Saiful Islam Sibawaih, Lc, MA. Diantara isi cermahnya yaitu menekankan agar kita selalu membersihkan hati, karena hati ini adalah pusat diletakkan cahaya iman. Sebagaimana Rasululullah SAW sebelum melakukan Isra’ Mi’raj terlebih dahulu dadanya dibelah, kemudian hatinya dibersihkan oleh malaikat Jibril dengan air zam-zam agar bersih sehingga mudah menerima ilmu dan hikmah selama mengikuti perjalan spiritual yang sangat jauh ke Sidratul Muntaha menghadap kepada Allah untuk menerima perintah shalat lima waktu.

TGH. Saiful Islam yang merupakan putra dari seorang ulama terkenal yaitu TGH. Sibawaih Jerowaru Lombok Timur juga menekankan pentingnya shalat berjama’ah sebagaimana sarana memperkuat ukhuwah Islamiyah, disamping itu dengan shalat berjamaah akan mendapatkan pahala berlipat ganda sampai 27 derajat bila dibandingkan dengan shalat sendiri.

Setelah selesai acara, dilanjutkan dengan ramah tamah dimana para jamaah menikmati lezat dan enaknya masakan Lombok yang telah dipersiapkan dalam dulang-dulang yang banyak. Setelah ramah tamah mereka mendapat bingkisan untuk dibawa berupa makanan ringan khas Lombok yang gurih dan lezat. (Amr)

Lombok, 26 Rajab 1443 H/27 Februari 2023 M

LAINNYA

- Advertisment -

Khutbah
Khutbah Terbaru & Terlengkap

Terpopuler

#1

#2

#3

#4

#5

Kolom
Kirim Tulisan Anda Ke Kami