Muktamar 1 NWDI Dihadiri Presiden Joko Widodo “Maulana Syaikh Ulama Visioner’

Syiar.Sinar5News.com – Lombok Timur – Kegiatan muktamar NWDI ke 1 yang berlangsung hari ini Ahad, 30 Januari 2022 di Ponpes Darunnahdlatain NWDI Pancor, Lombok Timur NTB dihadiri ribuan peserta dari berbagai provinsi di seluruh Indonesia.

Disisi lain yang membuat muktamar ini sangat berharga dan bernilai tinggi karena dihadiri presiden RI Ir. H. Joko Widodo, sejumlah menteri kabinet Indonesia maju, para pejabat pusat dan daerah, juga para alim ulama dan tokoh masyarakat yang datang dari NTB dan luarnya.

Acara muktamar ini juga diikuti secara virtual melalui zoom meeting yang disebarluaskan di seluruh Indonesia maupun luar negeri. Para peserta sangat menikmati dan khidmat mengikuti pembukaan muktamar ini, terlebih ketika presiden memberikan sambutan sekaligus membuka muktamar NWDI ke 1 ini.

Presiden dalam sambutannya sangat mengapresiasi kegiatan muktamar NWDI ke 1 ini dan menyatakan kesyukurannya. Inilah isi sambutannya;

“Alhmadulillah saya sangat senang dan bersyukur dapat bersilaturrahim dengan keluarga besar NWDI di seluruh Indonesia dalam rangka muktamar pertama NWDI baik yang mengikuti secara daring maupun luring. Saya juga mengajak untuk mengingat dan mengenang jasa besar pendiri NWDI Maulana Syaikh TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Madjid. Beliau tidak hanya dikenal sebagai pahlawan nasional yang telah berkontribusi besar bagi bangsa dan negara, tapi sosok teladan yang memimpin perubahan besar bagi kehidupan dalam masyarakat dan juga menjadi motor penggerak bagi kemajuan umat”.

“Maulana Syaikh TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Madjid adalah ulama besar yang visioner karena berpikir jauh ke depan bahwa untuk keluar dari kebodohan, ketertinggalan dan keterbelakangan kuncinya adalah pada penguatan sumber daya manusia melalui jalur pendidikan dengan mendirikan dan mengembangkan madrasah Nahdlatul Wathan Diniyah Islamiyah (NWDI) dan Nahdlatul Wathan Banat Diniyah Islamiyah (NBDI) yang khusus untuk perempuan. Atas jasa dan ketokohan beliau mendirikan madrasah NWDI, akhirnya melahirkan lulusan pertama pada tahun 1941 dan NBDI pada tahun 1949”.

“Para lulusannya tersebar di seluruh pelosok Nusantara diantaranya ada yang langsung terjun ke masyarakat aktif mengadakan dakwah dan pengajian umum melalui majlis-majlis taklim baik di masjid maupun tempat lain terutama di pedesaan dan mendirikan cabang NBDI dan NBDI di berbagai tempat di Indonesia. Karena itu menjadi tugas dan tanggung jawab kita terutama keluarga besar NWDI untuk meneruskan jejak-jejak keteladanan Maulana Syaikh TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Madjid. Mewarisi kecintaan beliau yang teguh pada agama sekaligus kecintaannya yang kokoh pada negara yang dibuktikan dalam amal kebaikan, sehingga membawa manfaat yang besar bagi kehidupan umat, masyarakat, bangsa dan negara”.

Sebelum presiden mengakhiri sambutannya, beliau secara resmi membuka muktamar ini. “Dengan membaca bismillahirrahmanirrahim acara muktamar 1 organisasi NWDI saya menyatakan resmi dibuka”. Setelah presiden membuka, seluruh peserta muktamar memberikan aplause yang sangat meriah pertanda kegiatan muktamar siap dilaksanakan dengan melakukan berbagai diskusi dan pembahasan untuk disepakati demi kemajuan organisasi NWDI 5 tahun kedepan. (Amr/Redaksi)

Lombok, 26 Jumadil Akhir 1443 H/30 Januari 2022 M

LAINNYA

- Advertisment -

Khutbah
Khutbah Terbaru & Terlengkap

Terpopuler

#1

#2

#3

#4

#5

Kolom
Kirim Tulisan Anda Ke Kami