KHUTBAH JUMAT EDISI 31 DESEMBER 2021  “INSTROSPEKSI DIRI AKHIR TAHUN 2021”

بِسْمِ اللهِ وَبـِحَمْدِهِ. اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

اَلْحَمْدُ ِللهِ وَكَفٰى ، وَسَلاَمٌ عَلٰى عِبَادِهِ الَّذِيْنَ اصْطَفٰى. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلٰهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ. وَأَشْهَدُ أَنّ مُحَمّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ لاَ نَبِيَّ بَعْدَهُ.

اَللهُمّ صَلِّ وَسَلّمْ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمّدٍ وَعَلى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلٰى يَوْمِ الدِّيْنِ, اَمَّا بَعْدُ. فَيَا عِبَادَ اللهِ, اُوْصِيْكُمْ وَاِيَّايَ بِتَقْوَى اللهِ وَطَاعَتِهِ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ. قَالَ اللهُ تَعَالَى فىِ الْقُرْآنِ الْكَرِيْمِ، أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ. يَاأَيّهَا الّذَيْنَ آمَنُوْا اتّقُوا اللهَ حَقّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ.

اَللّٰهُمَّ اَصْلِحْ اُمَّةَ مُحَمَّدٍ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ. وَفَرِّجْ عَنْ أُمَّةِ مُحَمَّدٍ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ. وَارْحَمْ اُمَّةَ مُحَمَّدٍ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ. وَانْشُرْ وَاحْفَظْ نـَهْضَةَ الْوَطَنِ فِى الْعَالَمِيْنَ بِحَقِّ مُحَمَّدٍ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ.

Kaum muslimin sidang jamaah jumat yang berbahagia, Rahimakumullah.

Puji dan syukur Alhamdulillah marilah kita sampaikan kehadirat Allah Robbul’izzati, pada kesempatan jumat ini kita kembali dapat melaksanakan kewajiban sebagai seorang muslim yaitu shalat Jumat secara berjamaah di masjid yang kita cintai ini. Shalawat dan salam marilah kita sampaikan kepada uswatun hasanah kita yaitu baginda nabi besar Muhammad SAW. Juga kepada segenap keluarga dan sahabatnya, semoga kita semua yang hadir di masjid ini, kelak di hari kiamat mendapatkan syafaat dari beliau. Aamiin.

Mengawali khutbah singkat pada kesempatan ini, sebagaimana biasa khatib berwasiat kepada diri pribadi saya dan kepada seluruh jamaah, marilah kita bertaqwa kepada Allah dengan sebenar-benar taqwa yaitu melaksanakan semua perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya.

Kaum muslimin sidang jamaah jumat yang berbahagia, Rahimakumullah

Alhamdulillah akhirnya kita bisa melewati tahun 2021, dimana hari ini adalah hari jumat merupakan hari terakhir dari perjalanan hidup kita tahun ini. Kalau kita pikir-pikir secara akal yang jernih dan hati yang bersih, tentu banyak sekali nikmat yang telah kita peroleh dari nikmat jasmani hingga nikmat rohani, dari nikmat lahir hingga batin, dari nikmat kecil hingga nikmat besar, dari nikmat bekerja hingga nikmat beribadah dan dari nikmat diri pribadi hingga nikmat hidup bersama dalam keluarga dan masyarakat.

Demikianlah nikmat demi nikmat tak terhingga jumlahnya kita terima setiap saat dan setiap waktu selama menjalani kehidupan pada tahun 2021 ini. Maka semua nikmat yang kita peroleh itu, Allah sang pemberi nikmat meminta hanya satu yaitu syukuri, jika kita bersyukur niscaya nikmat-nikmat itu akan bertambah dan terus bertambah hingga menghadapi tahun baru 2022 nanti. Tetapi sebaliknya jika nikmat-nikmat tersebut diingkari dan tidak mau bersyukur, niscaya azab dan siksa Allah sangat pedih akan menimpa hingga ke akhirat nanti. Demikianlah Allah secara tegas menyatakan hal ini dalam Al Quran surat Ibrahim ayat 7:

وَإِذۡ تَأَذَّنَ رَبُّكُمۡ لَئِن شَكَرۡتُمۡ لَأَزِيدَنَّكُمۡۖ وَلَئِن كَفَرۡتُمۡ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٞ ٧

Artinya : “Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih”. (QS. Ibrahim 14 : 7)

Berdasarkan ayat tersebut dalam segala waktu dan keadaan kita diingatkan untuk selalu bersyukur, karena dengan cara bersyukurlah hidup kita semakin berkah, jiwa kita semakin terarah dan hati kita semakin bahagia. Semua nikmat-nikmat yang kita peroleh itu keberadaannya senantiasa akan abadi sepanjang masa dan terus bertambah dari hari kehari tidak akan pernah terputus sedikitpun, karena demikianlah sifat kasih sayang Allah yang sangat besar diberikan kepada orang yang pandai bersyukur.

Berbicara tentang aneka macam nikmat sangat banyak macam dan ragamnya, tetapi umumnya manusia beranggapan bahwa nikmat itu hanya yang bersifat materi seperti harta benda, rumah, kendaraan, pangkat dan jabatan. Padahal sesungguhnya nikmat itu mencakup semua kebaikan yang kita peroleh dan kita nikmati keberadaannya. Kita diberikan umur panjang, badan sehat dan bisa bernafas itu termasuk nikmat. Kita bisa duduk, berjalan dan berlari itu termasuk nikmat. Kita bisa berpikir, berkata-kata dan melakukan segala apapun itu termasuk nikmat. Bahkan kita bisa beribadah, berzikir dan membaca Al Quran ini juga termasuk nikmat yang sangat besar bahkan dapat mengalahkan nikmat-nikmat apapun di dunia ini, karena ini termasuk bagian dari nikmat iman yang ada dalam diri kita.

Kaum muslimin sidang jama’ah jumat yang berbahagia rahimakumullah

Setelah kita melawati tahun 2021 dari bulan Januari sampai bulan Desember sekarang ini, mari kita melakukan instrospeksi diri secara serius terhadap semua nikmat yang telah kita peroleh, apakah kita termasuk orang yang pandai bersyukur atau malah sebaliknya mengingkari dan menyia-nyiakan nikmat tersebut untuk hal-hal yang tidak berguna sama sekali. Ketahuilah bahwa semua nikmat tersebut sekecil apapun akan ditanya dan dimintai pertanggungan jawab untuk apa nikmat tersebut digunakan. Perhatikanlah firman Allah berikut sebagai bahan renungan untuk kita;

ثُمَّ لَتُسۡ‍َٔلُنَّ يَوۡمَئِذٍ عَنِ ٱلنَّعِيمِ ٨

Artinya ; “kemudian kamu pasti akan ditanyai pada hari itu tentang kenikmatan (yang kamu megah-megahkan di dunia itu)”. (At Takatsur 102 : 8)

Maka berdasarkan ayat ini kita bertanya dalam diri kita masing-masing, selama tahun 2021 ini sudahkah semua nikmat yang kita peroleh itu disyukuri atau sebaliknya tidak disyukuri sama sekali. Jika kita mensyukuri, maka ucapkanlah Alhamdulillah, jaga dan rawat baik-baik nikmat tersebut dan gunakan pada hal-hal yang dibenarkan sesuai dengan ajaran Islam memasuki tahun 2022 nanti. Tetapi jika nikmat-nikmat tersebut tidak disyukuri dan lebih banyak digunakan untuk hal-hal yang tidak berguna dan malah menambah dosa, maka bertaubatlah dengan memohon ampun sebanyak-banyaknya sampai benar-benar Allah mengampuni dan berjanji dengan sepenuh hati untuk menjadi orang yang pandai bersyukur pada masa-masa yang akan datang. Karena jika tidak kita lakukan hal ini, maka Allah akan sangat membenci, marah dan mengusir kita dari bumi miliknya ini. Perhatikanlah salah satu hadis qudsi berikut ini;

أنَا اللهُ لآ إِلهَ إِلاَّ أَنَا مَنْ لَمْ يَشْكُرْ عَلَى نَعْمَآئِي وَلَمْ يَصْبِرْ عَلَى بَلآئِي وَلَمْ يَرْضَ بِقَضَآئِي فَلْيَتَّحِذْ رَبًّا سِوَآئِي

Artinya: Aku adalah Allah, tiada Tuhan melainkan Aku; barang siapa tidak bersyukur atas nikmat-nikmat pemberian-Ku, tidak bersabar atas ujian-Ku dan tidak ridha meneriama ketetapan-Ku, maka carilah Tuhan selain Aku”.

Tentu dengan penjelasan hadits qudsi tersebut, kita tidak mau diusir dari bumi ini dengan mencari tuhan selain Allah, karena sesungguhnya tidak ada bumi selain bumi yang kita tempati sekarang ini dan tidak ada tuhan selain Allah sebagai satu-satunya Tuhan yang kita yakini keberadaan-Nya. Oleh karena itu untuk menjauhkan diri dari kemarahan dan azab Allah yang akan menimpa kita, maka Nabi menekankan kepada kita apalagi menghadapi tahun baru 2022 ini, hendaknya kita selalu bersyukur atas segala nikmat yang diperoleh, bersabar atas berbagai ujian yang menerpa dan ridha terhadap taqdir yang menjadi ketetapan Allah sebagai ketentuan sunnah yang berlaku di alam ini.

Semoga khutbah jumat mengakhiri tahun 2021 ini, dapat dijadikan tolok ukur untuk melakukan instrospeksi diri menuju perbaikan menyongsong tahun baru 2022, aamiin yaa Robbal’aalamiin.

بَارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِي الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ, وَنَفَعَنِيْ وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ الآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ, وَتَقَبَّلَ مِنِّيْ وَمِنْكُمْ تِلاَوَتَهُ إِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ. أَقُوْلُ قَوْلِيْ هَذَا وَاسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ لِيْ وَلَكُمْ فَاسْتَغْفِرُوْهُ، إِنَّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ

KHUTBAH KEDUA

اَلْحَمْدُ للهِ عَلىَ إِحْسَانِهِ وَالشُّكْرُ لَهُ عَلىَ تَوْفِيْقِهِ وَاِمْتِنَانِهِ. وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ. وَأَشْهَدُ أنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الدَّاعِى إلىَ رِضْوَانِهِ. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وِعَلَى اٰلِهِ وَاَصْحَابِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كِثيْرًا. أَمَّا بَعْدُ:

فَياَ اَيُّهَا النَّاسُ, اِتَّقُوااللهَ فِيْمَا أَمَرَ وَانْتَهُوْا عَمَّا نَهَى وَاعْلَمُوْا أَنَّ اللهَ أَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ بَدَأَ فِيْهِ بِنَفْسِهِ وَثَـنَى بِمَلآ ئِكَتِهِ بِقُدْسِهِ. وَقَالَ تَعاَلَى, إِنَّ اللهَ وَمَلآئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلىَ النَّبِى يآ اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلِّمْ وَعَلَى آلِ سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَنْبِيآئِكَ وَرُسُلِكَ وَمَلآئِكَةِ الـْمُقَرَّبِيْنَ, وَارْضَ اللّهُمَّ عَنِ اْلخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ أَبِى بَكْرٍ وَعُمَرَ وَعُثْمَانَ وَعَلِي وَعَنْ بَقِيَّةِ الصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِيْنَ وَتَابِعِي التَّابِعِيْنَ لَهُمْ بِاِحْسَانٍ اِلىٰ ىيَوْمِ الدِّيْنِ, وَارْضَ عَنَّا مَعَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

اَللهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَاْلمُؤْمِنَاتِ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَاْلمُسْلِمَاتِ اَلاَحْيآءِ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ

اللهُمَّ أَعِزَّ اْلإِسْلاَمَ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَأَذِلَّ الشِّرْكَ وَاْلمُشْرِكِيْنَ وَانْصُرْ عِبَادَكَ اْلمُوَحِّدِيَّةَ وَانْصُرْ مَنْ نَصَرَ الدِّيْنَ وَاخْذُلْ مَنْ خَذَلَ اْلمُسْلِمِيْنَ وَ دَمِّرْ أَعْدَاءَالدِّيْنِ وَاعْلِ كَلِمَاتِكَ إِلَى يَوْمَ الدِّيْنِ

اللهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا اْلبَلاَءَ وَاْلوَبَاءَ وَالزَّلاَزِلَ وَاْلمِحَنَ وَسُوْءَ اْلفِتْنَةِ وَاْلمِحَنَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ عَنْ بَلَدِنَا اِنْدُونِيْسِيَّا خآصَّةً وَسَائِرِ اْلبُلْدَانِ اْلمُسْلِمِيْنَ عآمَّةً يَا رَبَّ اْلعَالَمِيْنَ

رَبَّنَا آتِناَ فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. رَبَّنَا ظَلَمْنَا اَنْفُسَنَاوَاِنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ اْلخَاسِرِيْنَ

عِبَادَاللهِ ! إِنَّ اللهَ يَأْمُرُنَا بِاْلعَدْلِ وَاْلإِحْسَانِ وَإِيْتآءِ ذِي اْلقُرْبىَ وَيَنْهَى عَنِ اْلفَحْشآءِ وَاْلمُنْكَرِ وَاْلبَغْي يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ وَاذْكُرُوا اللهَ اْلعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْهُ عَلىٰ نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرْ 

Lombok, 25 Jumadil Awwal 1443 H/30 Desember 2021 M

Penulis : Marolah Abu Akrom (087887270732)

LAINNYA

- Advertisment -

Khutbah
Khutbah Terbaru & Terlengkap

Terpopuler

#1

#2

#3

#4

#5

Kolom
Kirim Tulisan Anda Ke Kami