Selamat Menempuh Hidup Baru Ellynda Ade Marta Dengan Muhammad Rizal

Syiar.Sinar5News – Bekasi – Setiap manusia dewasa secara fitrah tentu ingin memiliki pasangan yang akan mendampingi perjalanan hidupnya dalam segala macam keadaan yang ada, baik dalam keadaan senang maupun susah, pahit maupun manis, bahagia maupun derita dan seterusnya. Tentu dalam mendapatkan pasangan itu dilakukan melalui ikatan pernikahan yang sah secara agama dan Negara. Proses inilah yang  telah dilalui oleh pasangan kekasih antara Ellynda Ade Marta, S.Pd dengan Muhammad Rizal, S.Kom dalam tali ikatan suci berupa pernikahan yang telah dilaksanakan pada hari Ahad, 5 Desember 2021 M bertepatan dengan tanggal 29 Rabiul Akhir 1443 H pukul 14.00 WIB di Restoran Raja Sunda yang beralamat di Jl. Jenderal Sudirman KM. 34, No. 1, Bekasi Barat, Harapan Mulya, Medan Satria, RT.001/RW.017, Harapan Mulya, Kecamatan Medan Satria, Kota Bks, Jawa Barat.

Ellynda Ade Marta, S.Pd adalah putri pertama dari Bapak Agus Widodo dan Ibu Dewi Suprapti, S.Pd, MM sedangkan Muhammad Rizal, S.Kom adalah putra ketiga dari Bapak H. Kotim dan Ibu Nyi Sadiah. Kedua pasangan suami istri yang baru ini merupakan jodoh terbaik yang Allah anugerahkan setelah melalui proses ta’aruf (perkenalan) dari hati-kehati, dengan mempelajari watak dan sifat keperibadian masing-masing yang pada akhirnya mendapatkan restu dari kedua orang tua mereka.

Prosesi akad nikah diawali dengan serah terima antara pihak keluarga calon mempelai pria dengan pihak keluarga calon mempelai wanita. Pihak keluarga calon mempelai pria yang diwakilkan oleh salah seorang keluarganya menyerahkan calon mempelai pria kepada keluarga calon mempelai wanita untuk dapat dinikahkan sesuai dengan ketentuan syariat agama Islam. Dalam penyampaiannya pihak calon mempelai wanita menerima dengan rasa syukur, ikhlas dan senang hati menerima calon mempelai pria untuk dilakukan proses akad nikah dengan wali nikah dari bapak kandungnya sendiri.

Setelah melakukan serah terima, pembawa acara (MC) dari Restoran Raja Sunda melanjutkan ke acara berikutnya yaitu pembacaan ayat suci Al Quran yang dibacakan Ust. Marolah, S.Ag, MM (Pengasuh Ponpes NW Jakarta dan direktur Rumah Quran Laboratorium Jakarta) membacakan surat An Nisa ayat 1 – 2 dan An Nur ayat 21 dengan suara khasnya membawakan lagu bayyati, nahawand dan rost.

Dilanjutkan ke acara inti yaitu prosesi akad nikah antara Ellynda Ade Marta, S.Pd binti Agus Widodo dengan Muhammad Rizal, S.Kom bin H. Kotim dipimpin langsung oleh petugas dari KUA Kecamatan Medan Satria, Kota Bekasi Bapak Encep Badru, S.Ag, M.Si . Diawali dengan khutbah nikah yang berisi pesan singkat diantaranya ajakan kepada kedua calon mempelai untuk bertaqwa, menikah merupakan sunnah Nabi, menikahlah dengan niat ibadah, pandai-pandailah dalam membina mahligai rumah tangga agar tercapai keluarga yang sakinah, mawaddah warahmah, ajakan beristigfar dan membaca dua kalimat syahadat.

Setelah itu Bapak Agus Widodo selaku wali nikah mengucapkan kalimat ijab (ucapan penyerahan nikah dan kawin anak kandungnya yang bernama Ellynda Ade Marta dengan maskawin 20 gram emas) kepada Muhammad Rizal dan dengan sangat lancar Muhammad Rizal mengucapkan kalimat qabul (menerima nikah dan kawinnya dengan maskawin tersebut dibayar tunai). Kedua saksi menyatakan sah dan diikuti ucapan sah tersebut oleh keluarga besar  dan para tamu undangan yang turut menyaksikan prosesi akad nikah ini.

Setelah ijab qabul ini terlaksana dengan baik, maka resmilah mereka berdua menjadi pasangan suami istri yang sah baik secara agama maupun Negara. Muhammad Rizal sebagai suami dengan lantang membaca kalimat shigat dan ta’liq sebagai pengingat untuk benar-benar menjadi suami yang bertanggung jawab atas bahtera mahligai rumah tangga yang akan diarungi dengan segala ujian dan tantangannya hingga ajal menjemput nanti.

Kemudian pasangan suami istri yang sudah sah ini naik ke pelaminan untuk melakukan sungkeman kepada kedua orang tua mereka. Sembari pembawa acara (MC) dengan suaranya yang lembut membacakan puisi indah yang isinya permohonan maaf, mengingat jasa-jasa besar kedua orang tua dan memohon doa restu agar perjalanan dalam mengarungi rumah tangga nanti diberikan keberkahan, mendapat keturunan yang shalih dan shalihah dan rumah tangga yang dijalin nanti dalam suasana penuh bahagia disertai sakinah, mawaddah warahmah.

Kita ucapakan selamat menempuh hidup baru kepada mereka berdua, semoga mahligai rumah tangga yang akan dibangun nanti senantiasa Allah jadikan harmonis dan diliputi lautan barokah, banyak rizki, mendapatkan keturunan yang shalih dan shalihah dan dalam suasana sakinah (tenang, rukun dan damai), mawaddah (penuh cinta bergelora di dalam jiwa), warahmah (penuh sayang hingga ajal tiba). Aamiin.

Jakarta, 2 Jumadil Awwal 1443 H/7 Desember 2021 M

 

 

 

 

 

 

LAINNYA

- Advertisment -

Khutbah
Khutbah Terbaru & Terlengkap

Terpopuler

#1

#2

#3

#4

#5

Kolom
Kirim Tulisan Anda Ke Kami