Hikmah Pagi : Benda Ringan yang Berat Hisabnya

Sebuah benda ringan ini menjadi benda kesayangan manusia hari ini. Paling sering dibawa kemana-mana, paling sering dipakai. Benda yang bisa menghilangkan rasa bosan dan kesepian.

Benda ini bisa menyebabkan orang dengan begitu mudah mengumpulkan pahala sebanyak-banyaknya, ketika digunakan untuk kebaikan. Namun juga bisa menjadi penyebab mudahnya orang menambah dosa, jika digunakan untuk keburukan.

Maka gunakan benda ini untuk kebaikan, semisal membaca artikel islami, menonton video dakwah, membagikan berbagai konten dakwah, wasilah silaturahmi dan silah ikhuwah, sarana mencari nafkah, dan sebagainya.

Jangan gunakan untuk hal yang sia-sia, apalagi yang bakal menambah dosa semisal menyebarkan kebohongan, memfitnah, membagikan informasi yang merusak akhlak dan pemikiran, berdebat tanpa mengedepankan adab, dan sebagainya.

Benda ini ringan dan kecil, namun berpeluang memberatkan hisab kita di akhirat. Kalau kita belum mampu menggunakan benda ini untuk kebaikan, maka sebaiknya jangan terlalu berlebihan dalam penggunaan.

Seperlunya saja, sekadar untuk berkomunikasi dengan keluarga atau dengan rekan kerja. Selebihnya, simpan saja benda ini. Waktu yang kita punya, bisa dipakai untuk melakukan hal lain yang sudah jelas keuntungannya.

Copas FB studi islam

LAINNYA

- Advertisment -

Khutbah
Khutbah Terbaru & Terlengkap

Terpopuler

#1

#2

#3

#4

#5

Kolom
Kirim Tulisan Anda Ke Kami