RAPAT KOORDINASI ANBK DAN PTMT SMP NAHDLATUL WATHAN

Syiar.Sinar5News.com – Jakarta – Hari ini Sabtu, 2 Oktober 2021 pukul 09.00 WIB SMP Nahdlatul Wathan mengadakan rapat koordinasi ANBK (Asesmen Nasional Berbasis Komputer) dan rapat koordinasi PTMT (Pembelajaran Tatap Muka Terbatas) yang diikuti oleh seluruh guru dan karyawan. Dalam rapat ini seluruh peserta mengikuti dengan penuh khidmat dari awal hingga selesai.

Khidmatnya rapat ini tidak terlepas dari pembawa acara rapat oleh Naningsih, S.Pd salah seorang guru SMP Nahdlatul Wathan sekaligus menjabat sebagai wakil kepala sekolah bidang kesiswaan. Rapat dimulai dengan pembacaan shalawat Nahdlatain yang merupakan ciri khas warga NW dan NWDi dalam berbagai kegiatan atau acara penting baik yang berskala lokal maupun nasional. Setelah pembacaan shalawat Nahdlatain dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Himne Nahdlatul Wathan yang dipimpin oleh Vivi Brianti, S.PdI.

Selanjutnya sambutan dari Kepala SMP Nahdlatul Wathan M. Sarbini, S.Ag yang merupakan pengganti dari kepala sekolah sebelumnya yaitu almarhum Drs. Badri HS, M.Pd yang telah dipanggil menghadap kepada Allah pada hari Kamis, 22 Juli 2021 pukul 19.10 WIB di Rumah Sakit Persahabatan, Jakarta Timur. M. Sarbini, S.Ag ditetapkan menjadi kepala SMP Nahdlatul Wathan pada tanggal 26 Agustus 2021 berdasarkan SK dari Yayasan Mi’rajush Shibyan nomor 289/YMS-NW/SK-KEPSEK/VII/2021.

Dalam sambutannya M. Sarbini menyampaikan; “Saya selaku kepala SMP Nahdlatul Wathan mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh guru dan karyawan yang telah bersedia mengikuti rapat koordinasi ANBK dan PTMT pada hari ini. Perlu diketahui bahwa kegiatan ANBK yang akan kita laksanakan pada tanggal 4-5 Oktober 2021 adalah program resmi dari pemerintah kita berdasarkan Permendikbudristek No. 17 tahun 2021”.

“Tentu kegiatan ANBK ini sangat penting yang bertujuan; Pertama, untuk mengukur hasil belajar kognitif mencakup literasi membaca dan numerasi diukur melalui asesmen kompetensi minimum. Kedua, mengukur hasil belajar nonkognitif mencakup sikap yang melandasi karakter-karakter dalam profil pelajar Pancasila yang diukur melalui survei karakter. Ketiga, mengukur kualitas lingkungan belajar pada satuan pendidikan”.

Selanjutnya kepala sekolah menyampaikan kegiatan PTMT (Pembelajaran Tatap Muka Terbatas) berdasarkan Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Daerah khusus Ibukota Jakarta Nomor 998 tahun 2021 tentang penetapan satuan pendidikan yang melaksanakan pembelajaran Tatap Muka Terbatas pembelajaran campuran tahap III pada masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat. Dalam keputusan ini terdapat 1325 sekolah di wilayah DKI Jakarta yang diizinkan untuk melakukan PTMT, dimana SMP Nahdlatul Wathan berada pada urutan ke 1061.

Setelah kepala sekolah menyampaikan sambutan dan pengarahan, Ismiatiningsih, S.Pd selaku penanggung jawab bidang kurikulum menyampaikan beberapa hal penting terkait dengan pelaksanaan ANBK dan PTMT. ANBK dilaksanakan dua hari dari Senin-Selasa, 4-5 Oktober 2021 yang terdiri dari 3 sesi. Sesi pertama pukul 07.30 – 09.30, sesi kedua pukul 09.30-11.30 dan sesi ketiga pukul 13.00 – 15.00.  Kemudian PTMT dilaksankan pada hari Senin, Rabu dan Jumat dalam sepekan yang diikuti oleh 50% dari seluruh jumlah siswa setiap kelasnya. PTMT di SMP Nahdlatul Wathan mulai dilaksanakan hari Rabu, 6 Oktober 2021 dari pukul 07.30 – 09.50 WIB yang terdiri dari 4 pelajaran dimana dalam satu jam pelajaran terdiri dari 35 menit.

Setelah para peserta mendapatkan informasi yang penting terkait pelaksanaan ANBK dan PTMT, kemudian rapat koordinasi ini ditutup dengan membaca shalawat Nahdlatain oleh M. Husni Zaini, S.Pd salah seorang guru PJOK SMP Nahdlatul Wathan.  (Amr/Redaksi)

Jakarta, 24 Shafar 1443 H/2 Oktober 2021 M

 

LAINNYA

- Advertisment -

Khutbah
Khutbah Terbaru & Terlengkap

Terpopuler

#1

#2

#3

#4

#5

Kolom
Kirim Tulisan Anda Ke Kami