LANGKAH PERTAMA AKREDITASI SD NEGERI PULOGEBANG 03; RAPAT PERSIAPAN AKREDITASI SEKOLAH

Oleh : Dwi Handoko Saputro, S.Pd

Sesuai dengan IASP-2020 dikembangkan dengan menitikberatkan penilaian pada 4 (empat) komponen penilaian yaitu Mutu Lulusan, Proses Pembelajaran, Mutu Guru, dan Manajemen Sekolah/Madrasah dan mencakup jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK, dan SLB, sehingga SD Negeri Pulogebang 03 mempersiapkan sedini mungkin untuk mencapai perubahan yang lebih baik dalam pemenuhan mutu Pendidikan di SD Negeri Pulogebang 03. Langkah pertama yang dilakukan dalam akreditasi sekolah adalah dengan membentuk Tim Akreditasi Sekolah yang selanjutnya mengadakan rapat persiapan akreditasi sekolah yang dilaksanakan hari Kamis, 23 September 2021, yang dihadiri oleh kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum , wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, dan seluruh guru, karyawan SD Negeri Pulogebang 03, yang dimulai pukul 08.15 sampai dengan pukul 11.30.

Proses dalam jalannya rapat persiapan akreditasi SD Negeri Pulogebang 03 dimulai dengan pembukaan rapat yang dibacakan oleh pembawa acara rapat dengan agenda pertama sambutan dari Bapak Tusanto, M.Si selaku Kepala Sekolah SD Negeri Pulogebang 03 menyampaikan bahwa proses rapat akreditasi dapat berjalan dengan lancar sesuai yang diagendakan dan mendukung penuh agenda perencanaan akreditasi yang sudah dibentuk dengan tim-tim pelaksana sesuai butir dalam IASP-2020. Agenda kedua sambutan dari Bapak Maryono, S.Ag selaku Wakil Kepala Sekolah bidang kurikulum menyampaikan bahwa dalam proses akreditasi sekolah diharapkan saling bekerja sama dan mendukung sesuai tm-tim pelaksana, karena akreditasi tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya yang tahun lalu menggunakan 8 standar penilaian tetapi tahun sekarang disederhanakan menjadi 4 komponen.

Agenda rapat selanjutnya adalah acara inti dari rapat yang disampaikan oleh Bapak Dwi Handoko Saputro, S,Pd, selaku Ketua Pelaksana yang langsung memberikan dorongan agar saling mendukung dan bekerja sama dalam tim dengan berpedoman bahwa “Manusia Hidup Untuk Orang Lain” yang dapat membawa manusia hidup bahagia dunia akhirat, artinya melaksanakan tanggungjawab dalam bekerja sebagai bentuk ibadah dalam bekerja, kemudian menampilkan job description masing-masing tim yang sudah terbentuk dengan menganalisis masing-masing butir yang ditelaah dokumen-dokumen dalam akreditasi sesuai dalam IASP-2020, mulai dari komponen I tentang Mutu Lulusan didalamnya terdapat 11 butir yang dianalisis, komponen II tentang Proses Pembelajaran didalamnya terdapat 11 butir yang dianalisis, komponen III tentang Mutu Guru didalamnya terdapat 4 butir yang dianalisis, komponen IV tentang Managemen Sekolah didalamnya terdapat 14 butir yang dianalisis. Dalam proses analisis masing-masing butir terdapat beberapa pertanyaan yang disampaikan oleh masing-masing tim pelaksana diantaranya.

Tim Mutu Lulusan bertanya butir ke 5 tentang bentuk keterampilan berkomunikasi sesuai karakteristik keterampilan abad ke-21

Tim Proses Pembelajaran bertanya butir ke 12 tentang bentuk proses pembelajaran berlangsung secara aktif dengan melibatkan seluruh siswa dan mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi sehingga terjadi proses pembelajaran yang efektif sesuai dengan tujuan pembelajaran pada satuan Pendidikan.

Tim Mutu Guru bertanya butir ke 19 tentang bentuk menyusun perencanaan pembelajaran aktif, kreatif, dan inovatif dengan mengoptimalkan lingkungan dan memanfaatkan TIK atau cara lain yang sesuai dengan konteksnya.

Tim Manajemen Sekolah bertanya butir ke 30 tentang sekolah/madrasah menerapkan pengelolaan guru dan tenaga kependidikan secara efektif, efisien, dan akuntabel pada kegiatan rekrutmen, seleksi, penugasan, pengembangan kompetensi, penilaian kinerja, kompensasi, dan penghargaan/sanksi.
.
Jawaban dari ketua pelaksana dengan menunjukkan bukti-bukti yang dikumpulkan dan ditampilkan melalui proyektor, sehingga memberikan setiap jawaban yang jelas dan terperinci. Sebelum ketua pelaksana mengakhiri inti acara ada beberapa masukan dari dua tim pelaksana yaitu pertama tim Mutu Lulusan yang disampaikan oleh Bapak Sarudin, M.M, memberi masukan tentang folder dibentuk sub folder dan dikirim lewat email sehingga nanti dari setiap tim langsung memasukkan bukti kedalam setiap folder, kedua tim Manajemen Sekolah yang disampaikan oleh Ibu Yulia Saputria, S.Pd, tentang pertemuan tim berikutnya apakah per dua bulan sekali atau sebulan sekali untuk setiap tim pelaksana dan diakhir bulan Desember pertemuan resmi melalui rapat bersama tim pelaksana dengan ketua akreditasi dalam mempertanggungjawabkan hasil kinerja tim dengan saling bekerja sama.

Agenda rapat selanjutnya adalah penutup dan sebelum ditutup terdapat motivasi yang disampaikan oleh Bapak Toto Sudianto, S.Pd selaku Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum bahwa tim akreditasi dengan job description yang jelas agar dapat diaplikasikan sesuai timnya masing-masing karena persiapan sudah bagus harus didukung dengan langkah nyata sebagai tindak lajutnya yang sudah didukung sepenuhnya oleh kepala sekolah dan jajarannya demi perubahan mutu SD Negeri Pulogebang 03. Selanjutnya ditutup dengan do’a yang dipimpin oleh Bapak Dohari, S.Pd. Semoga proses Akreditasi SD Negeri Pulogebang 03 berjalan lancar dan sukses dalam mencapai mutu sekolah yang diharapkan.

LAINNYA

- Advertisment -

Khutbah
Khutbah Terbaru & Terlengkap

Terpopuler

#1

#2

#3

#4

#5

Kolom
Kirim Tulisan Anda Ke Kami