CERPEN (16) PENTINGNYA BERWUDHU BAGI PARA PENUNTUT ILMU OLEH : ABDUL QUDDUS AL MAJIDI (SISWA KELAS 10 SMA NAHDLATUL WATHAN JAKARTA)

Malam yang tenang. Di masjid ini, aku berdoa agar semua pelajaran yang pernah dipelajari menjadi berkah dan bermanfaat. Tak lama, seorang ustadz datang dan mengajari kami kitab ‘Ta’lim Ta’lim’ karya Imam Az-Zarnuji. Yaitu kitab yang mengajarkan akhlak menuntut ilmu bagi umat Islam.

“Ikhtiraam” Ucap salah satu temanku.
“Hayyyu. Assalamualaikum warahmatullahi wabaraktuh ” Ucap kami.
Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabaraktuh, jawab beliau. Hari ini, kita akan belajar cara menghormati kitab, buku, Al-Qur’an, dan ilmu apapun itu.” Kata Ustadz Dr. H. Muslihan Habib, MA selaku direktur  media SinarLIMA dan sebagai guru yang ditunggu-tunggu oleh santri Pondok Pesantren Nahdlatul Wathan Jakarta.

Ustadz tersebut mengambil sebuah spidol untuk mencatat materi penting

فينبغي لطالب العلم ان لاياءخذالكتاب الا با لطهارة

Fayan Baghii Litholibil Ilmi Alla Ya’khudzal Kitaaba Illa Bit Thoharoti.

“Menurut Imam Az-Zarnuji, Maka semestinya bagi para penuntut Ilmu untuk tidak mengambil kitab, kecuali dalam keadaan suci. Mengambil dalam artian menyentuh, memegang, membawa kitab jenis apapun. Sebaiknya, sebelum belajar. Mau itu ilmu fisika, IPA, MTK, sebaiknya harus dalam keadaan berwudhu. jangan sekali-kali belajar dalam keadaan tidak suci atau berwudhu. Karena sesungguhnya ilmu itu adalah cahaya dan cahaya akan membawa seseorang pada jalan yang terang. Ibarat kita saat berjalan di kegelapan. Kita gak bisa melihat jalan kalau gak ada penerangan. Makanya, ilmu akan mudah di dapatkan dengan hati dan jiwa yang bersih. Dalam kitab Ta’limul Muta’allim karya As-Syaikh Imam Az-Zarnuji, kita harus dalam keadaan suci saat menuntut ilmu. Caranya adalah dengan berwudhu setiap kali ingin belajar.”

Setelah mencatat materi apa yang beliau sampaikan dan apa yang ditulisnya di papan tulis, pelajaran pun telah usai. Sekarang jam 9 malam, kami pun salim terlebih dahulu pada guru kami Ustadz Muslihan Habib dan kami beristirahat di asrama masing-masing dalam suasana lelah karena dari pagi sampai malam padat dengan kegiatan pesantren, tapi kami tetap bersyukur bisa mendapatkan ilmu-ilmu yang berharga pada hari itu..

LAINNYA

- Advertisment -

Khutbah
Khutbah Terbaru & Terlengkap

Terpopuler

#1

#2

#3

#4

#5

Kolom
Kirim Tulisan Anda Ke Kami