KHUTBAH JUMAT EDISI 27 AGUSTUS 2021 “SABAR KUNCI MERAIH KESUKSESAN”

 

بِسْمِ اللهِ وَبـِحَمْدِهِ. اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

اَلْحَمْدُ ِللهِ وَكَفٰى ، وَسَلاَمٌ عَلٰى عِبَادِهِ الَّذِيْنَ اصْطَفٰى. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلٰهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ. وَأَشْهَدُ أَنّ مُحَمّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ لاَ نَبِيَّ بَعْدَهُ.

اَللهُمّ صَلِّ وَسَلّمْ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمّدٍ وَعَلى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلٰى يَوْمِ الدِّيْنِ, اَمَّا بَعْدُ. فَيَا عِبَادَ اللهِ, اُوْصِيْكُمْ وَاِيَّايَ بِتَقْوَى اللهِ وَطَاعَتِهِ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ. قَالَ اللهُ تَعَالَى فىِ الْقُرْآنِ الْكَرِيْمِ، أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ. يَاأَيّهَا الّذَيْنَ آمَنُوْا اتّقُوا اللهَ حَقّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ.

اَللّٰهُمَّ اَصْلِحْ اُمَّةَ مُحَمَّدٍ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ. وَفَرِّجْ عَنْ أُمَّةِ مُحَمَّدٍ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ. وَارْحَمْ اُمَّةَ مُحَمَّدٍ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ. وَانْشُرْ وَاحْفَظْ نـَهْضَةَ الْوَطَنِ فِى الْعَالَمِيْنَ بِحَقِّ مُحَمَّدٍ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ.

Kaum muslimin sidang jamaah jumat yang berbahagia, Rahimakumullah.

Puji dan syukur Alhamdulillah marilah kita sampaikan kehadirat Allah Robbul’izzati, pada kesempatan jumat ini kita kembali dapat melaksanakan kewajiban sebagai seorang muslim yaitu shalat Jumat secara berjamaah di masjid yang kita cintai ini. Shalawat dan salam marilah kita sampaikan kepada uswatun hasanah kita yaitu baginda nabi besar Muhammad SAW. Juga kepada segenap keluarga dan sahabatnya, semoga kita semua yang hadir di masjid ini, kelak di hari kiamat mendapatkan syafaat dari beliau. Aamiin.

Mengawali khutbah singkat pada kesempatan ini, sebagaimana biasa khatib berwasiat kepada diri pribadi saya dan kepada seluruh jamaah, marilah kita bertaqwa kepada Allah dengan sebenar-benar taqwa yaitu melaksanakan semua perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya.

Kaum muslimin sidang jamaah jumat yang berbahagia, Rahimakumullah

Kata sabar sering kali terdengar dari orang-orang di sekitar kita. Bahkan diberbagai tulisan sudah dibahas entah berapa ribu atau juta kali. Demikian juga ceramah-ceramah oleh para ulama dan para pakar tidak terhitung jumlahnya mereka sudah mengupas tuntas tentang pentingnya sabar. Ini artinya betapa sikap sabar mesti menghiasi dalam segala keadaan yang ada, karena sesuai dengan makna sabar menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) itu adalah sikap mental yang tahan menghadapi cobaan tidak lekas marah, putus asa dan patah hati. Sabar juga bisa berarti tabah, tenang; tidak tergesa-gesa dan tidak terburu nafsu

Kalau dilihat fakta yang ada ternyata penggunaan kata sabar ini tidak hanya bagi orang yang baik-baik, bahkan para penjahatpun mereka selalu mengingatkan kepada teman-temannya untuk bisa sabar dalam menjalankan aksinya, sehingga mereka berhasil. Sebaliknya terkadang orang-orang yang dipandang baik dalam kehidupan, sering gagal melakukan tugasnya karena tidak didasari nilai kesabaran.

Bila kita mengkaji secara akademis, ternyata kata sabar dalam berbagai bentuknya sangat banyak dijumpai dalam Al Quran maupun Hadits. Dalam Al Quran sendiri kata sabar dijumpai sebanyak 103 kali, salah satunya yang sangat jelas dan familiar ada di surah Al ‘Ashr ayat tiga “watawaa shau bishshabr”. Artinya hendaklah mereka saling menasehati dalam kesabaran.

Bila merujuk pada ayat tersebut ternyata bersabar dalam segala hal adalah suatu keharusan. Banyak orang beranggapan bahwa sabar itu hanya ketika ditimpa suatu masalah seperti musibah, bencana dan lain-lain. Padahal tidak demikian bahkan ketika dalam limpahan nikmat justru kita lebih memperketat nilai kesabaran dalam diri, karena tidak sedikit orang yang bergelimang dengan kenikmatan ternyata tidak sabar. Mereka menggunakan kenikmatan itu secara sembarangan dan tidak sesuai dengan aturan syariat agama, sehingga berujung pada kerugian yang berakibat penyesalan.

Kaum muslimin sidang jamaah jumat yang berbahagia, Rahimakumullah

Sesungguhnya syariat agama mewajibkan umat untuk bersabar, agar semua yang dilakukan berakhir dengan kesuksesan dan mendapatkan pahala tanpa batas. Dalam Al Quran surat Al Baqarah ayat 153 disebutkan sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang sabar. Semua amal saleh yang kita lakukan akan sempurna pahalanya bila dilandasi dengan kesabaran demikian firman Allah dalam surat Az Zumar ayat 10.

قُلۡ يَٰعِبَادِ ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ ٱتَّقُواْ رَبَّكُمۡۚ لِلَّذِينَ أَحۡسَنُواْ فِي هَٰذِهِ ٱلدُّنۡيَا حَسَنَةٞۗ وَأَرۡضُ ٱللَّهِ وَٰسِعَةٌۗ إِنَّمَا يُوَفَّى ٱلصَّٰبِرُونَ أَجۡرَهُم بِغَيۡرِ حِسَابٖ ١٠

Katakanlah: “Hai hamba-hamba-Ku yang beriman. bertakwalah kepada Tuhanmu”. Orang-orang yang berbuat baik di dunia ini memperoleh kebaikan. Dan bumi Allah itu adalah luas. Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas”. (QS. Az Zumar 39 : 10)

Menurut ayat tersebut dijelaskan bahwa untuk mencapai derajat orang yang sabar, hendaknya melalui tiga tahapan pokok yaitu beriman, bertaqwa dan berbuat baik (beramal shalih). Dengan kita beriman, nilai kesabaran itu akan terus menyertai. Sabar itu muncul dari sikap beriman seorang hamba kepada sang Maha Pencipta. Iman itu artinya keyakinan yang dilandasi keikhlasan bahwa segala sesuatu hendaknya berdasarkan keimanan kepada Allah. Makin kuat nilai keimanan itu, maka makin kuat pula nilai kesabaran yang ada dalam diri kita.

Demikian juga sikap taqwa hendaknya selalu menyertai nilai kesabaran itu. Taqwa artinya tunduk dan patuh melaksanakan perintah Allah dan menjauhi larangannya. Bagaimana mungkin nilai sabar itu akan tumbuh dengan baik dan menjadi karakter dalam hidup, bila tidak didasari nilai taqwa di dalam hati. Karena hakikat sabar itu adalah kesanggupan melaksanakan segala sesuatu dengan penuh kepatuhan dan mampu menghadapi keadaan-keadaan yang berat, sulit dan penuh tantangan.

Selanjutnya sabar itu akan terwujud dengan nyata bila dibuktikan dalam bentuk amal shalih. Amal shalih itu adalah amal kebaikan untuk mencapai kehidupan yang bahagia di akhirat nanti. Orang yang dinamakan sabar pasti gemar beramal shalih dalam segala keadaan yang ada. Bagaimana mungkin nilai sabar itu akan langgeng bila tidak dibarengi dengan amal shalih, karena amal shalih itu bersifat mengikat nilai sabar yang ada dalam diri kita.

Ketahuilah sifat sabar ini tidak akan pernah kokoh didalam jiwa bila kita tidak pernah melatihnya. Ternyata sifat sabar itu tidak datang dengan sendirinya, mesti dilatih dan dibiasakan dengan kontrol diri yang ekstra ketat. Beruntunglah orang-orang yang menjadikan sifat sabar sebagai karakter hidupnya. Semua tugas dan kewajiban yang dilakukan akan terlaksana dengan paripurna bila dihiasi dengan sifat sabar.

Dalam Al Quran sendiri dinyatakan ketika ketika memiliki masalah dan ujian yang berat hendaknya kita memohon kepada Allah dengan sikap sabar dan dengan sabar itu akan menyebabkan Allah selalu bersama kita. Allah akan membela, memudahkan semua urusan dan menolong kita dari segala kesulitan yang menimpa;

وَٱسۡتَعِينُواْ بِٱلصَّبۡرِ وَٱلصَّلَوٰةِۚ وَإِنَّهَا لَكَبِيرَةٌ إِلَّا عَلَى ٱلۡخَٰشِعِينَ ٤٥

Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu´. (QS. Al Baqarah 2 : 45)

Demikianlah khutbah singkat yang bisa khatib sampaikan, semoga nilai sabar ini dapat terus menghiasi diri kita selama hidup di dunia. Aamiin.

بَارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِي الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ, وَنَفَعَنِيْ وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ الآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ, وَتَقَبَّلَ مِنِّيْ وَمِنْكُمْ تِلاَوَتَهُ إِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ. أَقُوْلُ قَوْلِيْ هَذَا وَاسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ لِيْ وَلَكُمْ فَاسْتَغْفِرُوْهُ، إِنَّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ

KHUTBAH KEDUA

اَلْحَمْدُ للهِ عَلىَ إِحْسَانِهِ وَالشُّكْرُ لَهُ عَلىَ تَوْفِيْقِهِ وَاِمْتِنَانِهِ. وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ. وَأَشْهَدُ أنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الدَّاعِى إلىَ رِضْوَانِهِ. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وِعَلَى اٰلِهِ وَاَصْحَابِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كِثيْرًا. أَمَّا بَعْدُ:

فَياَ اَيُّهَا النَّاسُ, اِتَّقُوااللهَ فِيْمَا أَمَرَ وَانْتَهُوْا عَمَّا نَهَى وَاعْلَمُوْا أَنَّ اللهَ أَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ بَدَأَ فِيْهِ بِنَفْسِهِ وَثَـنَى بِمَلآ ئِكَتِهِ بِقُدْسِهِ. وَقَالَ تَعاَلَى, إِنَّ اللهَ وَمَلآئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلىَ النَّبِى يآ اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلِّمْ وَعَلَى آلِ سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَنْبِيآئِكَ وَرُسُلِكَ وَمَلآئِكَةِ الـْمُقَرَّبِيْنَ, وَارْضَ اللّهُمَّ عَنِ اْلخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ أَبِى بَكْرٍ وَعُمَرَ وَعُثْمَانَ وَعَلِي وَعَنْ بَقِيَّةِ الصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِيْنَ وَتَابِعِي التَّابِعِيْنَ لَهُمْ بِاِحْسَانٍ اِلىٰ ىيَوْمِ الدِّيْنِ, وَارْضَ عَنَّا مَعَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

اَللهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَاْلمُؤْمِنَاتِ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَاْلمُسْلِمَاتِ اَلاَحْيآءِ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ

اللهُمَّ أَعِزَّ اْلإِسْلاَمَ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَأَذِلَّ الشِّرْكَ وَاْلمُشْرِكِيْنَ وَانْصُرْ عِبَادَكَ اْلمُوَحِّدِيَّةَ وَانْصُرْ مَنْ نَصَرَ الدِّيْنَ وَاخْذُلْ مَنْ خَذَلَ اْلمُسْلِمِيْنَ وَ دَمِّرْ أَعْدَاءَالدِّيْنِ وَاعْلِ كَلِمَاتِكَ إِلَى يَوْمَ الدِّيْنِ

اللهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا اْلبَلاَءَ وَاْلوَبَاءَ وَالزَّلاَزِلَ وَاْلمِحَنَ وَسُوْءَ اْلفِتْنَةِ وَاْلمِحَنَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ عَنْ بَلَدِنَا اِنْدُونِيْسِيَّا خآصَّةً وَسَائِرِ اْلبُلْدَانِ اْلمُسْلِمِيْنَ عآمَّةً يَا رَبَّ اْلعَالَمِيْنَ

رَبَّنَا آتِناَ فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. رَبَّنَا ظَلَمْنَا اَنْفُسَنَاوَاِنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ اْلخَاسِرِيْنَ

عِبَادَاللهِ ! إِنَّ اللهَ يَأْمُرُنَا بِاْلعَدْلِ وَاْلإِحْسَانِ وَإِيْتآءِ ذِي اْلقُرْبىَ وَيَنْهَى عَنِ اْلفَحْشآءِ وَاْلمُنْكَرِ وَاْلبَغْي يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ وَاذْكُرُوا اللهَ اْلعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْهُ عَلىٰ نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرْ

Jakarta, 17 Muharram 1443 H/ 26 Agustus 2021 M

Penulis : Marolah Abu Akrom (087887270732)

LAINNYA

- Advertisment -

Khutbah
Khutbah Terbaru & Terlengkap

Terpopuler

#1

#2

#3

#4

#5

Kolom
Kirim Tulisan Anda Ke Kami