PEMBACAAN HIZIB TERUS MENGGEMA DI JAKARTA

Salah satu program unggulan Lembaga Dakwah NWDI DKI Jakarta adalah mengadakan kegiatan hiziban setiap sekali sebulan yang dilakukan secara bergiliran dari rumah ke rumah, dari majlis ta’lim ke majlis ta’lim atau dari masjid ke masjid. Atau bisa juga dilakukan dalam moment-moment tertentu untuk mengambil kebarokahan dari pembacaan hizib yang sangat dahsyat itu. Sebut saja beberapa hari yang lalu dalam rangka menyambut tahun baru Islam 1443 H dan santunan anak yatim, diadakan hiziban bersama tepatnya pada hari Sabtu, 21 Agustus 2021 M/12 Muharram 1443 H pukul 18.00 WIB di masjid Al Muhajirin yang beralamat Rusun Vinus Elok Blok A, Cakung, Jakarta Timur.

Menurut ketua LD NWDI DKI Jakarta Ust. Zul Makki, S.PdI bahwa suksesnya hiziban bersama ini tak lepas dari dukungan berbagai pihak, terutama dari PW NWDI DKI Jakarta yang terus memberikan arahan dan supportnya agar kegiatan hizib ini terus tersiar di wilayah Jabodetabek. Karena inti dari dakwah itu adalah mengajak umat sebanyak-banyaknya untuk selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT. Apalagi di dalam bacaan hizib itu syarat dengan muatan spiritual yang berbentuk zikir dan doa yang bersumber dari Al Quran, Hadits, ijma’ para sahabat, para imam dan para wailiyullah kenamaan, tentu sangat bermanfaat bagi pemantapan iman dan taqwa.

Kita tahu di era super sibuk dalam dunia modern ini menyebabkan banyak sekali umat manusia yang kering spiritualnya, sehingga hati dan jiwa berpotensi mengalami tekanan yang berujung kepada suasana yang tidak tentram. Kegelisahan, kegalauan dan keputus asaan banyak menghinggapi mereka. Bahkan tidak sedikit mengalami depresi berat yang menyebabkan terjadinya penyakit gila atau mati secara tidak wajar. Maka membaca hizib yang dilakukan secara rutin minimal sekali seminggu/sekali sebulan adalah menjadi salah satu solusi alternatif untuk mengobati keringnya hati manusia di mana saja berada.

Pantaslah sang pengarang hizib Nahdlatul Wathan Sulthanul Auliya Maulana Syaikh TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Madjid menuliskan wasiat dalam bentuk syair-syair indah jauh-jauh hari, karena rasa cinta dan sayang pada bangsa ini. Mari kita perhatikan wasiat beliau;

Aduh sayang !
Siarkan Hizib sampai merata
Agar banyaklah pendo’a kita
Mendo’a Negara, Nusa dan Bangsa
Mendo’a Islam se Nusantara

Kalau kita perhatikan penggalan wasiat tersebut, ini adalah perintah kepada umat islam terutama bagi warga nahdhiyyin dan nahdhiyyat agar terus membaca hizib ini secara merata di seluruh Nusantara. Disamping sebagai sarana mendekatkan diri kepada Allah, juga untuk memohon perlindungan dari berbagai keadaan yang ada seperti suasana yang mencekam, merajalelanya kejahatan, munculnya wabah (seperti corona), banyaknya fitnah dan masalah-masalah genting lainnya.

Mari kita istiqomahkan diri untuk selalu membaca hizib dimana saja dan kapan saja demi tegaknya dakwah Islam di Nusantara. Pokoknya NW, pokok NW Iman dan Taqwa, NWDI fastabiqul khairat. (Amr/Redaksi)

Jakarta, 15 Muharram 1443 H/24 Agustus 2021 M

LAINNYA

- Advertisment -

Khutbah
Khutbah Terbaru & Terlengkap

Terpopuler

#1

#2

#3

#4

#5

Kolom
Kirim Tulisan Anda Ke Kami