PUISI EDUKATIF (2) PERISTIWA HIJRAHNYA NABI

Karya : Abu Akrom

Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam dalam menyampaikan dakwah Islam, sungguh teramat berat ujian dan tantangannya.
Para kafir qurasiy Makkah yang dikendalikan oleh Abu Jahal dan Abu Lahab, setiap saat menghalang-halangi dakwah Nabi, dengan segala macam cara dari yang halus sampai yang kasar.

Nabi dirayu dengan tahta, harta dan wanita agar menghentikan dakwahnya menyebarkan Islam, tetapi tidak sedikitpun beliau tergiur mau menerima rayuan tersebut.
Nabi dikatakan orang gila, tukang sihir, dilempari kotoran unta, difitnah dan diancam mau dibunuh, tetapi sedikitpun tidak menyurutkan langkah beliau untuk menghentikan dakwahnya.

Pada akhirnya, karena demikian bertubi-tubinya tekanan, ancaman dan siksaan kepada kaum muslimin, akhirnya Allah memerintahkan Nabi untuk berhijrah ke tempat yang lebih aman yaitu di kota Yatsrib.

Di kota Yatsrib ini Nabi dengan leluasa menyebarkan Islam secara kaffah
Memantapkan tauhid, menetapkan hukum, membangun peradaban dan menata ekonomi, politik dan kenegaraan, sehingga Islam menjadi maju dan berkembang pesat.

Dengan kesabaran, keuletan dan ketekunan Nabi menyebarkan dakwah islam, akhirnya Islam tersebar ke seluruh dunia hingga saat ini.
Lihatlah Islam berkembang pesat di Amerika, Inggris, Kanada, India, China dan di berbagai belahan bumi lainnya, setiap hari kita mendengar ratusan bahkan ribuan manusia yang masuk ke agama Islam.

Sungguh kita bersyukur Islam menjadi agama terbaik yang kita anut.
Mari melalui momentum tahun Baru Islam ini, kita perbaiki akhlak, adab dan tata krama
Kita rubah perilaku-perilaku yang buruk, menuju perilaku yang lebih bermakna dan bermanfaat bagi sesama.

Sebagai tanda cinta dan terima kasih kita kepada baginda Nabi besar Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam atas jasa-jasanya menyebarluaskan ajaran Islam yang mulia ini, mari kita memperbanyak membaca shalawat kepadanya. Semoga dengan shalawat ini kita mendapatkan syafa’at di akhirat nanti. Aamiin yaa Robbal’aalamiin.

Shallallahu ‘ala Muhammad
Shallallahu ‘alaih wasallam
Shallallahu ‘ala Muhammad
Ya Robbi shalli wasallim

Bekasi, 4 Muharram 1443 H/12 Agustus 2021 M

LAINNYA

- Advertisment -

Khutbah
Khutbah Terbaru & Terlengkap

Terpopuler

#1

#2

#3

#4

#5

Kolom
Kirim Tulisan Anda Ke Kami