MENGENAL AWRAD (WIRID-WIRID) MAULANA SYAIKH TGKH. M. ZAINUDDIN ABDUL MADJID

MENGENAL AWRAD (WIRID-WIRID) MAULANASYAIKH TGKH. M. ZAINUDDIN ABDUL MADJI

Maulanassyaikh TGKH.M.Zainuddin AM, merupakan guru spritual dan intelektual yang selalu peka dengan situasi dan realitas dari masa ke masa. Dalam menghadapi berbagai situasi yang kerap berubah-ubah, terutama kondisi genting dan mencekam, beliau tidak pernah melepas sandarannya kepada Allah SWT. Ini dibuktikan dengan beragam awrad yang dihimpun dan ditulis oleh beliau dari berbagai ragam realitas yang berbeda.

Pertama, Hizib Nahdlatul Wathan adalah induk doa-doa untuk warga nahdhiyyin dan kaum muslimin. Hizib ini lahir dari wujud perjuangan maulana melawan penjajah Belanda dan Jepang. Perlawanan spritual melalui kontak ilahiyah sehingga Madrasah NWDI dan NBDI selamat dari serbuan penjajah Belanda dan Jepang.

Kedua, Puncak wirid NW adalah lahirnya Tarekat Hizib Nahdlatul Wathan. Tarekat akhir zaman yg ringkas sesuai kondisi zaman.

Ketiga, HULTAH demi HULTAH Maulanassyaikh mengijazahkan doa-doa dan wirid dalam bentuk suhuf (lembaran-lembaran kertas) kepada semua nahdiyyin-yat yang serentak menyambut ungkapan mursyid ‘amm Maulana Ajaztukum hazal wirda/ addu’aa kama ajaazani masyaayikhy alkirom.

Keempat, Dinamika NW dari segala cobaan lahir bathin. Selalu ada strategi ilahi yang digunakan oleh Maulanassyaikh terutama cobaan bertubi-tubi  dari tahun 1965 masa PKI. peristiwa mihnah dan fitnah 1970 an. Peristiwa politik 1982an. Lahirlah Doa HISNUL MANI’ yang menjadi benteng pencegah diijazahkan di HULTAH NWDI KE-50 Setengah Abad NWDI pada tahun 1986.

Kelima, Kenang-kenangan tempat lahirnya NWDI dan NBDI. diijazahkan Wirid yang diberi nama HIZBUL BERMI. Budi BERMI Tak kan pernah terlupakan. Gubuk tempat lahir pendiri dan pelanjut NW. Wirid ini diijazahkan pada HULTAH NWDI KE-55 1991. Ada rentang 5 tahun doa-doa terbukukan (HULTAH 50-55).

Keenam, HULTAH ke-56 di Praya Loteng tahun 1992 yang tak biasa, yaitu HULTAH di luar Pancor Lotim tempat kelahiran NWDI dilaksanakan. Terkenang sebuah wirid yaitu Alwirdu alasna bi asmaaillah alhusna. Wirid dikeluarkan untuk membantu tertolaknya faham-faham sesat menyesatkan yang disebut lansung oleh Maulanassyaikh di lapangan muhajirin Praya. Faham yang mengaku jadi imam Mahdi. Faham namatang sembayang dll. Wirid ini lahir untuk menjawab itu semua.

Ketujuh, ulama-ulama besar dari belahan dunia datang ziarah ke Maulanassyaikh. Ulama Makkah, Madinah, Mesir,  Maroko, Yaman, India, dan Ulama Asia Tenggara. Maulana menulis doa untuk menjawab apa rahasia itu semua. Lahirlah Wirid Assirru alrobbany bi Rinjany alanfanany. Rahasia Rabby melalui Rinjani al Anfanaany.

Kedelapan, Wirid as Shalawat an Nahdliyyat diijazahkan di HULTAH ke 58 1994. Ciri ulama salafusshaleh menyusun doa dan shalawat kepada Nabi.

Kesembilan, Wirid Miftah alasror li fathi khazaini al-abror ( kunci rahasia untuk membuka gudang simpanan orang-orang mulia) lahir di saat HULTAH ke 60 HULTAH Akbar HULTAH emas. HULTAH tumpah ruah lautan manusia. Entah rahasia ilahi hari itu sampai ulama Makkah mengatakan Annasu kaljaroodilmuntasyir. Lautan manusia seperti belalang yg berterbangan.

Kesepuluh, WIRID DAN HULTAH WADA’ HULTAH akhir sua fisik antara murid dengan guru. Antara anak dengan ayah. HULTAH kenangan akhir yang ditutup dengan Wirid. Al-fathu al-robbany bi Rinjani Al-anfanaany. HULTAH ke 61 1997. Riuhlantah warga kaum muslimin-mat menghadiri akhir dari perjalanan hidup sang maulana..yang tidak mau hidup di era fitnah kubro.

Beruntunglah kita masih setia dan pernah mendapatkan ijazah-Ijazah dari kesepuluh Wirid itu. Semoga NW bersatu dan melebur dalam wadah Al-fathu alrobbany (Kemenangan Ilahy berkat perjuangan Rinjani al Anfanany).

Semoga Fathu Nahdliyyi terwujud sebagai manifestasi cinta Maulana. Amin.

Abdul Malik Salim RahmatullahSekretaris Perwakilan Khusus Nahdlatul Wathan Mesir, Mahasiswa Fakultas Syariah Wal Qonun Universitas Al Azhar Kairo.
……..
Artikel ini dikutip status Prof. Dr. TGH Fahrurrozi Dahlan, QH, MA. Kami melakukan penyuntingan dan menerbitkannya untuk rubrik ke NW an

LAINNYA

- Advertisment -

Khutbah
Khutbah Terbaru & Terlengkap

Terpopuler

#1

#2

#3

#4

#5

Kolom
Kirim Tulisan Anda Ke Kami