TEROBOSAN KONKRIT GURU BK DARI HASIL PELATIHAN

Sungguh berharga sekali semua materi yang disampaikan oleh para narasumber dalam pelatihan guru BK SMP se-Jakarta Timur yang diadakan oleh P2KPTK2 Jakarta Timur dari tanggal 2-6 Agustus 2021. Semua guru BK merasakan betapa pelatihan ini sangat banyak ilmu dan pembelajaran yang didapatkan bagi peningkatan pelayanan bimbingan kepada peserta didik.

Narasumber yang hadir diantaranya Lara Fridani, M. Psych, Ph.D, Lohjinawi Trinadi, Psikolog, Dr. Yasnita Yasin, M.Si, Dr. Badrujaman, M.Pd, dan Chintiya Bintarti. Dalam menyampaikan materi, para narasumber benar-benar menguasai dan ahli di bidangnya, sehingga membuat pelatihan guru BK ini menjadi sangat berkualitas dan memberi makna bagi kebaikan proses pendidikan pada masa yang akan datang.

Setelah para guru BK mendapatkan banyak ilmu dan pembelajaran dari para narasumber dalam pelatihan ini, maka akan ada terobosan-terobosan penting yang akan diwujudkan di sekolah masing-masing yaitu;

1. Lebih memperhatikan penanaman karakter positif kepada peserta didik.

Dalam proses menanamkan karakter positif bagi peserta didik seperti disiplin, jujur, tanggung jawab, taat, patuh, hormat, menghargai, peduli, welas asih, rela berkorban dan lain-lain, semua karakter ini akan menjadi fokus utama dalam mendidik. Kalau selama ini para guru BK belum maksimal menanamkannya, maka selepas pelatihan akan menjadi prioritas utama demi terwujudnya kader-kader terbaik bangsa yang akan memimpin Indonesia pada masa yang akan datang.

2. Lebih tulus dalam melakukan bimbingan dan pengajaran.

Ketulusan adalah kata kunci untuk suksesnya melakukan segala bentuk tugas dan tanggung jawab dalam kehidupan di dunia ini. Orang yang berhati tulus akan menikmati proses-proses dan tahapan yang ada dan akan melakukan secara sungguh-sungguh dengan niat ikhlas semata-mata untuk ibadah kepada Allah. Termasuk guru BK akan selalu meningkatkan rasa tulus dalam membimbing para peserta didik dalam tahap perkembangannya menuju pribadi yang lebih baik. Juga akan memberikan pengajaran secara sabar dan penuh semangat tentang sikap-sikap mulia yang menghiasi kehidupan mereka.

3. Memaksimalkan penggunaan internet untuk peningkatan ilmu pengetahuan peserta didik.

Di era digital yang serba canggih seperti sekarang ini, keberadaan internet sudah menjadi kebutuhan harian yang tidak bisa ditinggalkan. Hampir semua kebutuhan manusia mulai dari kebutuhan makan, minum, bepergian, pendidikan, ekonomi, keuangan, kesehatan dan lain-lain terprogram secara rapi dan sistematis dalam internet. Termasuk kebutuhan ilmu pengetahuan bagi setiap peserta didik, seluruhnya sudah tersedia dengan lengkap yang tersimpan secara rapi di mesin google.

Melihat kenyataan ini, maka guru BK akan terus mendorong dan memotivasi semua peserta didik agar dapat memaksimalkan penggunaan internet untuk peningkatan ilmu pengetahuan mereka. Diantara upayanya adalah melakukan bimbingan-bimbingan secara intensif baik yang bersifat individu, kelompok maupun klasikal.

4. Senantiasa mengevaluasi hasil bimbingan kepada para peserta didik

Mengevaluasi itu adalah menilai diri, apakah bimbingan-bimbingan yang dilakukan selama ini sudah sesuai dan berdampak positif bagi kemajuan karakter peserta didik. Mengevaluasi diri sangat penting bagi setiap guru BK, karena dari sini akan mengetahui kelemahan dan kekurangan dalam membimbing. Maka perlu adanya koreksi dan masukan dari teman-teman guru BK atau dari guru-guru lainnya, bahkan kita meminta masukan dari peserta didik, apa yang mesti diperbaiki demi kebaikan dan kemajuan proses bimbingan yang lebih tepat, terarah dan bermanfaat.

5. Meningkatkan kerjasama dengan warga sekolah.

Bagaimanapun hebatnya guru BK tentu tidak akan pernah sukses melakukan segala macam bimbingan kepada para peserta didik. Maka dibutuhkan kerjasama yang solid dengan warga sekolah yang terdiri siswa, guru, karyawan, kepala sekolah, petugas kebersihan dan pengelola kantin.

Dalam usaha guru BK membimbing para peserta didik baik untuk menyelesaikan masalah-masalah atau membimbing tahapan dalam perkembangan karakter mereka, tentu kerjasama ini amat sangat dibutuhkan. Dari kerjasama itu nanti akan ada dukungan, masukan dan solusi dalam mengatasi setiap masalah dan kesulitan yang dialami para peserta didik. Semakin solid kerjasama itu, maka semakin mudah untuk melakukan segala bentuk bimbingan dan pengajaran.

Semoga para guru BK di Indonesia ini terutama guru BK SMP di wilayah Jakarta Timur dapat melakukan terobosan-terobosan tersebut demi mencetak generasi terbaik bangsa yang shalih, cerdas, mandiri, kreatif dan bermartabat. Aamiin.

Lombok, 26 Dzulhijjah 1442 H/5 Agustus 2021 M

Penulis : Marolah Abu Akrom (Peserta Pelatihan Guru BK dari SMP Laboratorium Jakarta)

LAINNYA

- Advertisment -

Khutbah
Khutbah Terbaru & Terlengkap

Terpopuler

#1

#2

#3

#4

#5

Kolom
Kirim Tulisan Anda Ke Kami