PWKNWDI MESIR Mesir Adakan Daurah Ta’sisiyah Selama Tiga Pekan

Kairo, PWKNWDIMESIR – Ketua dewan Mustasyar PWKNWDI Mesir, TGH.Syamsul Hadi Lc.,Dipl. secara resmi membuka acara Daurah Ta’sisiyah pada senin (12/07). Acara ini diagendakan akan berjalan tiga minggu ke depan dengan sepuluh kali pertemuan, yang dibuka pada 12 Juli 2021 dan akan ditutup pada 30 Juli mendatang.

“Acara ini dilaksanakan tiga minggu, namun diadakan dalam sepuluh kali pertemuan.” tutur Wahyudi ketika diwawancara.

Acara yang menggandeng beberapa almamater Pondok di Mesir ini mendapat antusiasme dari kalangan Masisir (mahasiswa Indonesia di Mesir). Hal itu terlihat dari penuhnya tempat yang disediakan oleh panitia di sekeretariat PWKNWDI Mesir.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Muhammad Zurriyati selaku ketua panitia. Zurriyati mengungkapkan dari sekitar seratus delaln peserta yang mendaftar, diadakan penyortiran sehingga yang diterima hanya 80 peserta.

“Dari sekitar seratus peserta yang mendaftar kita saring menjadi 80 saja. Jadi kalian adalah orang-orang yang terpilih,” paparnyapaparnya dalam wawancara.

Peserta yang dihadirkan juga cukup beragam, mulai dari yang tingkat satu, dua, bahkan yang sudah tingkat tiga pun turut hadir menjadi peserta. Daurah kali ini juga di ikuti oleh beberapa Mahasiswa yang berasal dari kekluargaan yang beragam tidak hanya KM NTB saja tetapi juga dari kekeluargaan lain seperti, KPJ, KMA, KPMJB, KMB, IKMAL, KKS, KMKM dll. Begitupun pemateri adalah orang-orang yang berkompeten di bidangnya, para pemateri adalah para kader PWKNWDI Mesir yang  sedang menempuh pendidikan di Pascasarjama Universitas Al Azhar dan sudah menyelesaikan pelatihan di Darul Ifta’ Mesir.

“Pengisinya ini adalah orang-orang yang berkompeten di bidangnya masing-masing, dan merupakan kader PWKNWDI yang sedang menempuh pendidikan di Pascasarjana Universitas Al Azhar,” ucap Wahyudi.

Pada acara pembukaan, materi pertama diisi oleh TGH. Abdul Syakur. Tuan guru membahas kitab Nazham Baiquniyah selama dua jam pembelajaran. Dalam dua minggu kedepan pematerinya akan diisi oleh TGH. Abdullah Fatih, Lc.,Dipl. dan TGH. Muhammad Syamsul Hadi, Lc.,Dipl.

Daurah ini diadakan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta dalam memahami Ilmu Nahwu, Mustahalah al Hadits, dan Ushul Fikih. Kegiatan ini juga di selenggarakan dalam rangka mengisi kekosongan waktu mahasiswa/i al-Azhar selama liburan musim panas. Dalam daurah ini, akan dibahas Tiga kitab standard yaitu : Matn Al Azhariyah Karya Kholid Ibn Abdullah Al Azhari, Matn Warakat karya Imam al Haramain al Juawaini dan Manzumah Baiquni karya Thaha bin Muhammad bin Futuh Al-Baiquni.

Di akhir, Mustasyar PWKNWDI ini mengutarakan harapannya agar para peserta dapat terus istiqomah dalam menjalani daurah ini. Karena salah satu yang menjadi faktor penting dalam memahami ilmu di samping metodologi yang tepat.

Reporter : Abdul Malik Salim Rahmatullah

LAINNYA

- Advertisment -

Khutbah
Khutbah Terbaru & Terlengkap

Terpopuler

#1

#2

#3

#4

#5

Kolom
Kirim Tulisan Anda Ke Kami