MENINGGALNYA BUPATI BEKASI MENGEJUTKAN KITA

Sudah ratusan para tokoh di Indonesia dari kalangan pejabat, cendikiawan dan ulama meninggalkan kita karena demikian masifnya virus corona ini melanda di tengah-tengah kehidupan. Salah satu tokoh belakangan juga meninggal dunia pada hari Ahad, 11 Juli 2021 pukul 21.30 WIB yaitu bupati Bekasi H. Eka Supria Atmaja, SH karena terpapar virus corona. Sebelum meninggal, beliau sempat dirawat selama 10 hari di rumah sakit Siloan Tangerang.

Banyak para tokoh yang meninggal termasuk bupati Bekasi baru-baru ini benar-benar mengejutkan kita. Apalagi melihat usia bupati ini relatif masih muda yaitu 48 tahun. Kira-kira sampai kapan wabah virus corona ini berlangsung? Barangkali pertanyaan ini banyak ditanyakan oleh orang-orang di sekitar kita, karena hampir dua tahun ini belum menunjukkan tanda-tanda berakhir, bahkan cendrung mengalami peningkatan.

Kita bisa melihat data terkini update virus corona Covid-19 dari Worldometer, Sabtu 10 Juli 2021, virus yang pertama kali terdeteksi di Wuhan, China ini kini sudah menyebar ke 222 negara dan teritori. Total kasus konfirmasi yang tercatat adalah sebanyak 186.800.454 dengan 4.034.552 orang meninggal dunia. Pada Jumat, 9 Juli 2021 Indonesia menempati urutan 3 besar diantara 5 negara sebagai negara dengan kematian harian tertinggi dunia karena terpapar covid-19 yaitu;

1. Brasil-1.443 kasus
2. India-1.165 kasus
3. Indonesia-871 kasus
4. Rusia-726 kasus
5. Kolombia-576 kasus

Secara keseluruhan, Indonesia telah melaporkan 2.455.912 kasus pasien positif dengan 64.631 di antaranya meninggal dunia. Sementara 2.023.548 selamat kembali pulih.

Dengan masih tingginya kasus covid-19 ini mestinya kita berfikir apa solusi terbaik untuk keluar dari kasus mencekam ini. Kalau kita kembali kepada ajaran agama terutama agama Islam dan ini sangat relevan dengan nilai Pancasila khususnya sila pertama, bahwa disamping kita berikhtiar mencegah virus corona secara lahiriyah dengan 5 M (Memakai masker, Mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, serta Membatasi mobilisasi dan interaksi), juga yang tak kalah pentingnya adalah kita mendekatkan diri kepada Allah melalui taubat, berdoa dan memperbaiki akhlak kepribadian kita.

Kita mesti bertaubat atas segala dosa dan kesalahan yang kita lakukan selama ini, sehingga menimbulkan terjadinya wabah virus corona secara meluas. Kita berdoa memohon perlindungan kepada Allah dari ganasnya virus corona dengan doa-doa yang diajarkan Rasulullah SAW. Dan kita memperbaiki akhlak kepribadian kita yang selama ini banyak menyakiti orang lain dan merusak alam sekitar. Dengan kita memperbaiki akhlak kepribadian kita, menyebabkan turunnya rahmat Allah, sehingga virus corona ini segera berakhir dari bumi kita. Ketahuilah dahulu selama 350 tahun kita dijajah oleh Belanda dengan segala derita yang dialami oleh rakyat dan akhirnya dengan rahmat Allah akhirnya kita bisa menang melawan para penjajah dengan segenap pengorbanan harta dan nyawa yang tidak terhitung jumlahnya. Kenyataan ini diakui dan tertulis dengan jelas dalam pembukaan UUD 1945 alinia ketiga;

“Atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa dan dengan didorongkan oleh keinginan luhur, supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas, maka rakyat Indonesia menyatakan dengan ini kemerdekaannya.”

Kalau kita sebagai bagian dari rakyat yang mencintai Indonesia ini dengan dasar Pancasila yang sangat religius itu, mestinya kita benar-benar melibatkan Tuhan dalam mengahadapi segala macam persoalan yang berat termasuk virus corona ini. Maka dengan keyakinan yang mendalam seperti ini, in sya Allah virus corona ini akan segera berakhir. Mari kita dorong para pimpinan, tokoh dan ulama di negeri ini untuk benar-benar mendekatkan diri kepada Allah dengan taubat secara sungguh-sungguh, berdoa dan memperbaiki akhlak kepribadian kita.

Atas nama pimpinan media Sinar5News dan seluruh crew mengucapkan bela sungkawa yang sedalam-dalamnya kepada bupati Bekasi H. Eka Supria Atmaja, SH, semoga Allah mengampuni seluruh dosanya, menerima amal ibadahnya, kuburnya laksana taman diantara taman surga dan kelak di akhirat Allah masukkan kedalam surga. Dan keluarga yang ditinggal senantiasa tabah, sabar dan ikhlas menerima musibah ini. Aamiin (Amr)

Bekasi, 2 Dzulhijjah 1442 H/12 Juli 2021 M

Sumber rujukan :

https://news.detik.com/berita/d-5639777/profil-bupati-bekasi-eka-supria-atmaja-yang-meninggal-karena-corona

https://www.kompas.com/tren/read/2021/07/10/092000665/update-corona-10-juli-2021–indonAesia-peringat-3-kematian-harian-terbanyak?page=all

https://kesehatan.kontan.co.id/news/inilah-5m-untuk-pencegahan-covid-19-dan-bedanya-dengan-3m-serta-3t

https://kumparan.com/sudirmansaid/alinea-ke-3-pembukaan-uud-1945-1qvJON6s4x8

LAINNYA

- Advertisment -

Khutbah
Khutbah Terbaru & Terlengkap

Terpopuler

#1

#2

#3

#4

#5

Kolom
Kirim Tulisan Anda Ke Kami