Akademi Pelayaran Nusatenggara (Aip Nusra) Kampus Merdeka Lulusan Siap Kerja

Sinar5news.com- Jakarta- Taruna/i Akademi Ilmu Pelayaran Nusatenggara (Aip Nusra) yang bermarkas di pulau seribu menara tepatnya di labuan haji Lombok timur Selong, tiba dibandara Soekarno Hatta sekitar pukul 10.wib. yang bertujuan praktek kerja lapangan lansung bergegas menuju tempat praktek baik peraktek laut dan darat di beberapa perusahaan dan Pelabuhan di ibu kota. 4/6/21.

” Taruna Taruni kita sengaja kita bawa sebagai bagian dari praktek lapangan yang sudah menjadi tradisi dan model kampus menghadirkan lulusan yang profesional, unggul siap kerja. Sebagaimana konsep kampus sejak awal berdiri, Ling and Mach dengan dunia kerja. Lulus lansung penempatan kerja, kampus Aip Nusra sebagai kampus pelayaran swasta satu-satunya di Nusatenggara. Hadir dengan konsep yang berbeda pada umumnya dengan kampus lain. Disini mahasiswa dicetak untuk siap kerja, entrepreneur, berdikari, memiliki skill dan keunggulan di bidang keilmuan jurusan masing masing. Dengan dilengkapi sertifikasi keahlian sebelum lulus. Sehingga taruna/i lulus siap pakai”. Demikian papar Direktur Aip Nusra Zulkarnain yang juga pengurus NWDI NTB ini ditemui di hotel tempat dia menginap.

Ikut dalam rombongan sekitar puluhan taruna/i gelombang/kolter pertama, mengingat kondisi Indonesia yang masih memberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PKM) di wilayah pulau Jawa Bali. Didampingi ketua jurusan lansung bapak Muhammad Faqihi. Selama di Jakarta beberapa agenda yang sudah disusun untuk berkunjung ke beberapa instansi dan lembaga terkait kerjasama pengembangan kampus terpaksa digantikan lewat telekomprance yang sejatinya dijadwalkan untuk pertemuan langsung.

Didampingi pengawas yayasan sekaligus dewan senat Bapak Samianto Athar mengadakan zoom meeting lewat WA gerup yang diinisiasi oleh wakil pembina Masyarakat Cinta Masjid mewakili bapak Mentri perhubungan selaku pembina utama Akademi Ilmu Pelayaran Nusatenggara yang juga pembina Masyarakat Cinta Masjid Indonesia (MCMI). Yang Jauhari sebelumnya sudah dilaporkan ke beliau. Atas keinginan Aip Nusra untuk menghadap. Demikian Samianto Athar utarakan.

Diawali dengan laporan dari Aip Nusra lansung disampaikan Direktur Bapak Zulkarnain terhadap jalannya roda perkuliahan serta seluruh aktivitas kelembagaan.” Upaya memenuhi dan melengkapi semua hajat bersama dalam menghadirkan kampus merdeka belajar dan lulusan yang profesional unggul berperadaban. bahwa saat ini, Aip Nusra sedang menyiapkan diri berbenah untuk kerjasama pelatihan di BPSDM setelah terlebih dahulu kami membereskan semua agenda dengan Kemenristek RI tahun-tahun sebelumnya. sehingga, Aip Nusra sudah dapat akreditasi pengakuan negara legalitas formal yang sah sebagai lembaga pendidikan tinggi. Saat ini, kami sedang berjuang untuk langkah selanjutnya untuk kerjasama dengan BPSDM.” Demikian laporan singkat beliau

Selanjutnya beberapa catatan penting disampaikan oleh Direktur Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta Bapak H.Amir untuk Aip Nusra dalam rangka persiapannya untuk mengambil approval sebuah izin kelautan yang dikeluarkan oleh BPSDM all : ”
a. Silahkan melengkapi petunjuk arahan yang disarankan oleh BPSDM.
b. Segera menghadap untuk MoU dengan STIP Jakarta pasca pemberlakuan PPKM
c. Mengingat STIP ini adalah milik negara maka kami di sini berkewajiban membina, memberikan pelatihan, menggunakan semua peralatan yang ada untuk kemajuan anak bangsa khususnya taruna/i dalam mengembangkan skilnya menghadirkan SDM unggul untuk Indonesia maju.
d. Kerjasama instansi dan lembaga mesti selalu diperkuat sebagai bagian dari filosopi pelaksanaan ajaran Pancasila. Upaya memperkuat taruna/i yang berkarakter berbudi sehingga nilai akhlak dan moralitas selalu terjaga sebagai ciri bangsa yang berkebudayaan.
e. Saya sebagai abdi negara, pelayan negara yang dibiaya negara, selalu siap sedia sangat bangga apresiasi terhadap semua pihak anak bangsa yang terus melakukan inovasi untuk kemajuan bersama.” Demikian beberapa saran beliau yang sangat luarbiasa mendukung penuh Aip Nusra untuk pengembangan kampus.

Sementara Bapak H.Indra yang mewakil pembina MCMI yang sekaligus Mentri perhubungan berpesan, “agar kerjasama ini dapat dilanjutkan dengan baik penuh tanggung jawab karena sebagai bangsa maritim terbesar dunia ummat muslim harus mengebalikan kejayaan laut Nusantara dan harus mampu bersaing dengan negara asing lainya. Memegang tuguh nilai dan budaya dengan senantiasa mengokohkan Iman dan akhlaq sehingga tidak goyah dengan budaya asing. Beliau juga sangat apresiasi Aip Nusra sebagai kampus pelayaran di dunia yang semi pesantren bercirikhas pesantren.” Demikian pesan beliau singkat padat jelas.

Demikian semua agenda berjalan lancar acara zoom meeting telekomprance diakhiri dengan bersepakat dilanjutkan dengan tatap muka pasca Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat. Suasana sangat cair penuh kesukuran selepas acara dilajutkan dengan santap malam bersama alias begibung. (Red)

LAINNYA

- Advertisment -

Khutbah
Khutbah Terbaru & Terlengkap

Terpopuler

#1

#2

#3

#4

#5

Kolom
Kirim Tulisan Anda Ke Kami