WAWANCARA KHUSUS DENGAN KEPALA SMP NW JAKARTA PADA ACARA RAKER GURU DAN KARYAWAN DI CISARUA

Sinar5News.com – Bogor – Hari ini Kamis, 1 Juli 2021 dilaksanakan Rapat Kerja guru dan karyawan SMP Nahdlatul Wathan Jakarta di Villa Bumi Athalla Jalan Kartini Cisarua Bogor. Acara raker ini didukung dan diliput langsung oleh media kesayangan kita Sinar5News.com yang digawangi langsung oleh Pengurus Wilayah NWDI DKI Jakarta.

Untuk mengetahui kegiatan raker ini, sehingga benar-benar menjadi sesuatu yang bernilai, maka crew media Sinar5News.com melakukan wawancara secara khusus dengan Kepala SMP NW Jakarta, Drs. Badri HS, QH, M.Pd.

  1. Mohon dijelaskan kira-kira raker ini arahnya ke mana dan apa keuntungan dan kelebihan yang akan didapatkan khususnya bagi guru SMP NW Jakarta?

Raker ini bertujuan untuk  memberikan pembekalan bahwa setiap guru mesti memiliki ilmu tentang tugas dan tanggung jawab mereka sebagai guru dan tanggung jawab sebagai wali kelas, karena selama ini terkadang guru hanya mengajar saja dan kurang memahami akan tugas dan  fungsi sebagai guru. Apalagi kalau guru ditugaskan sebagai wali kelas, ini mesti paham betul  tugas dan fungsi sebagai wali kelas. Oleh karena itu melalui raker ini kita berusaha untuk membekali guru-guru agar memiliki pengetahuan yang baik tentang tanggung jawabnya sebagai guru dan wali kelas.

Sebenarnya ilmu yang kita berikan itu hanya untuk saling berbagi dan saling mengingatkan tentang tugas kita sebagai guru dan wali kelas. Kalau kita cari sebenarnya di Google itu semuanya ada, tapi terkadang tidak semua guru mengetahui fungsi dan tanggung jawabnya. Maka adanya raker ini bertujuan untuk saling mengingatkan, mungkin ada yang terlupa memberikan vaksinasi terhadap tugas sebagai guru dan wali kelas. Berbagai hal yang kita dapatkan dan vaksinasi yang dilakukan dalam rangka berbagi ilmu dan juga belajar tentang kekurangan-kekurangan kita, juga kelebihan-kelebihan kita untuk saling berbagi dan mengisi antara guru yang satu dengan lainnya.

Biasanya raker ini kita lakukan di sekolah, tapi untuk kali ini kita  raker di tempat lain yang jauh dari sekolah kita, sekalian sebagai pencerahan. Walau demikian ada beberapa guru yang tidak bisa hadir karena disebabkan kesibukan mungkin ada yang sakit dan sebagainya. Kita doakan mudah-mudahan tahun depan kita semuanya bisa ikut dan mudah-mudahan covid-19 ini tidak sampai tahun 2022 cukup sampai tahun 2021 saja.

  1. Dalam raker disampaikan bahwa SMP NW Jakarta dalam KBMnya berbasis pesantren, dengan adanya kendala covid-19 ini bagaimana menyampaikan kepada peserta didik agar benar-benar SMP ini terkesan seperti di pesantren walaupun kita dalam kondisi pandemi?

Nah inilah yang menjadi kendala terberat kita. Makanya nanti akan diupayakan karena ini basisnya Pesantren minimal bagaimana misi kita bisa kita sampaikan, walaupun dengan cara ketika peserta didik mulai belajar mereka diintruksikan membaca shalawat Nahdlatain dan diakhiri dengan doa atau awali dengan bismillah dan sebagainya yang ringan-ringan saja. Kemudian diupayakan guru-guru mengingatkan kepada anak-anak itu agar tidak lupa salat lima waktu, membantu orang tua dan sebagainya. Jadi amalan-amalan yang sifatnya yaumiyah (harian).  Semoga atsar (pengaruh) peran dari guru ini akan memberikan dampak positif kepada peserta didik walaupun tidak 100% tetapi kalaupun misalnya bisa 60/70% kita sampaikan itu sudah lumayan karena kita dalam kondisi pandemi seperti sekarang ini agak susah kita untuk menormalkan program-program yang direncanakan, tapi bisa berjalan dengan baik walaupun belum sempurna.

  1. Kemudian mengenai karakter yang telah disampaikan dalam raker ini sangat bagus sekali apalagi dikemas dalam bait-bait syair yang sangat indah dan nyaman bagi peserta didik. Kalau melihat muatan didalamnya terlihat melebihi karakter yang ada dalam kurikulum 2013, kira-kira bagaimana menerapkannya sedangkan karakter yang kurikulum 2013 saja agak sulit menerapkannya?

Alhamdulillah anak-anak kelas 9 sekarang ini ketika dulu  masih kelas 7 masuk  masih normal belum ada pandemi, disitulah saya memaparkan bagaimana seharusnya setiap peserta didik menunjukkan karakter yang baik. Lalu saya perintahkan mereka menulisnya satu persatu terlihat agak sulit dihafal. Akhirnya saya coba inisiasi dengan membuatkannya dalam seni syair, ternyata  mereka cepat sekali menghafalnya. Syair karakter itu saya perkenalkan pada saat saya mengajar di kelas atau ketika anak-anak mengikuti MPLS dan LDKS. Terlihat sekali anak-anak sangat senang dan menikmatinya, karena syair tersebut tidak hanya dibaca tapi dinyanyikan dengan nada-nada yang sesuai dengan ketentuan bahar yang ada.

Karena selama pandemi ini tidak ada tatap muka melalui pertemuan-pertemuan sepertinya mereka agak lupa. Coba nanti kita minta bantuan kepada wali kelas dan guru-guru untuk menyebar luaskan syair karakter ini, karena dengan bersyair tanpa disadari anak-anak hafal dengan sendirinya. Ini karena dikemas dalam bentuk sentuhan seni yang indah dan enak didengar. Setelah mereka hafal baru nanti dijelaskan apa itu karakter dan bagaimana mempraktikkan dalam kehidupan sehari-hari. Idealnya memang harus ada pertemuan-pertemuan secara langsung. Mungkin satu saat nanti kalau anak-anak sudah masuk kita upayakan syair karakter tersebut disebarluaskan kemudian kita suruh mereka menyanyikan sambil menghafalkannya.

  1. Supaya karakter syair ini dapat dijadikan sebagai acuan bagi peserta didik mohon dibacakan dan bagaimana menyebarluaskan ditengah masih mewabahnya virus corona, apa sebaiknya dibuatkan aransemen musiknya lalu kita share ke seluruh peserta didik SMP NW Jakarta?

Cinta Tuhan dan segenap ciptaan-Nya
Mandiri dan tanggung jawab tuk sesama
Jujur, diplomatis, hormat, santun  juga
Dermawan, tolong-menolong, kerjasama

Percaya diri dan juga kerja keras
Kerja tuntas, karna cerdas, juga ikhlas
Kepemimpinan yang adil  rendah hati
Dan bersatu, darma, penuh toleransi

Adapun masukannya untuk membuatkan aransemen musik dari syair tersebut itu ide yang sangat bagus. Nanti kita buatkan aransemennya dengan memilih vokalis yang suaranya bagus dan direkam secara rapi, kemudian kita sebar ke wali kelas lalu wali kelas sebar ke anak-anak. In sya Allah secara tidak sadar mereka dapat menghafal dan mengamalkannya sebagai suatu karakter dalam keseharian.  Enaknya nanti ketika awal mulai tahun ajaran baru kita perkenalkan syair ini. Dalam waktu dekat ini kita minta tolong kepada ahlinya untuk dibuatkan aransemen musiknya, sehingga syair karakter ini cepat tersebar luas kepada para peserta didik kita.

  1. Kemudian setelah Bapak melihat kinerja guru-guru kita ini secara umum seperti apa tanggung jawab terhadap KBMnya dan peran sertanya dalam membina peserta didik di SMP NW Jakarta.

Alhamdulillah saya perhatikan guru-guru ini terbukti sekali dengan segala tantangannya menghadapi pandemi, ternyata mereka senantiasa masuk seperti biasa mengajar secara daring, memberikan tugas-tugas melalui PJJ dan sebagainya. Ini yang saya kagumi bagus luar biasa semangat para guru kita, itu yang membuat saya salut. Walaupun hanya satu atau dua orang ada guru yang izin tidak masuk itu mungkin setiap sekolah juga ada. Saya berasumsi yang positif bahwa mereka tidak masuk karena ada suatu kesibukan, mereka ada urusan keluarga atau lainnya. Tapi umumnya rata-rata guru itu sangat bertanggung jawab terhadap tugas dan kewajibannya. Masalah ketercapaian 100% itu yang kita harapkan, tapi sudah sampai kepada 90% itu sudah luar biasa. Terbukti ketika ada rapat kenaikan kelas mereka hadir semua kecuali ada yang sakit. Mereka hadir di sekolah senantiasa saling mensuport dan saling memotivasi demi kemajuan sekolah kita.

Saya melihat program KBM terlaksana dengan baik, pembagian rapot tuntas sesuai dengan skedul yang telah ditetapkan. Semuanya ini sukses terlaksana karena  tanggung jawab guru kita itu luar biasa, itu yang saya salut.

  1. Saya melihat raker ini sangat bagus, bagaimana untuk bisa mengaplikasikan di dalam keseharian kepada anak-anak dan sekolah kita supaya tidak sia-sia raker ini, karena kita tahu raker ini terlaksana tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit?

Kita akui bahwa raker ini dari dulu sudah kita agendakan dan semua pembekalan selama raker ini untuk tahun ajaran baru yang akan datang, karena pembekalan ini tujuannya untuk guru dan wali kelas. Kita harapkan mudah-mudahan bisa teraplikasikan dengan baik. Yang penting kita sudah memberikan pembekalan berupa pengetahuan terhadap tugas-tugas yang mesti dilaksankan. Kalau sudah ada pembekalan, in sya Allah kalau ada izin Allah sehingga menghendaki bahwa kita di sekolah itu ada pertemuan secara tatap muka dengan anak-anak, maka kita sudah memiliki ilmu pengetahuan yang memadai. Jadi tidak ada yang sia-sia dari ilmu yang telah didapatkan selama raker dan nanti ada tindak lanjut dalam bentuk evaluasi dalam rapat-rapat yang rutin dilaksanakan bersama dewan guru dan wali kelas. (Redaksi)

Cisarua, 22 Dzulqa’dah 1442 H/2 Juli 2021 M

LAINNYA

- Advertisment -

Khutbah
Khutbah Terbaru & Terlengkap

Terpopuler

#1

#2

#3

#4

#5

Kolom
Kirim Tulisan Anda Ke Kami