SELAMAT DAN SUKSES WISUDAWAN ANGKATAN KE 11 SMP LABORATORIUM JAKARTA

Hari ini Sabtu, 19 Juni 2021 pukul 07.30 – 09.00 WIB telah dilaksanakan acara yang sangat sakral, menyentuh dan berkesan yaitu wisuda dan pelepasan secara virtual siswa kelas IX SMP Laboratorium Jakarta. Acara ini dilaksanakan melalui aplikasi canggih “zoom meeting” yang dikemas dengan tertib, rapi dan otomatis yang dikoordinir langsung oleh ketua Panitia Bapak Dwi Santoso, S.Pd bersama timnya.

Hadir dalam acara ini Pembina Yayasan Pendidikan Acprilesma, Ketua Yayasan, Direktur Akademik, Direktur Rumah Quran Laboratorium, Kepala Sekolah, segenap dewan guru dan karyawan SMP Laboratorium Jakarta. Dengan kehadiran para petinggi Yayasan Pendidikan Acprilesma membuat acara wisuda ini terasa lengkap dan sempurna.

Yang bertugas sebagai pembawa acara Ibu Suluh Tiara Elmira dengan keterampilannya menyusun untaian kalimat yang rapi dan bagus menjadikan acara wisuda dan pelepasan ini berjalan lancar dan penuh khidmat. Dimulai dengan pembukaan, pembacaan ayat suci Al Quran, menyanyikan lagu Indonesia Raya, menyanyikan lagu mars Sekolah Laboratorium, sambutan, pengalungan medali, kesan dan pesan dan doa. Semua acara ini tersusun dengan rapi dan terlaksana tanpa ada gangguan dan hambatan yang berarti.

Sambutan pertama disampaikan oleh Kepala SMP Laboratorium Jakarta, Ibu Rosalina, S.Pd, M.Si. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa siswa siswi SMP Laboratorium Jakarta angkatan 11 tahun 2020-2021 lulus seratus persen. Beberapa wisudawan SMP Laboratorium Jakarta telah diterima di berbagai sekolah negeri terbaik melalui jalur prestasi. Sekolah telah berusaha memberikan yang terbaik walaupun di tengah ganasnya badai pandemi. Walau demikian guru-guru dengan segenap semangat perjuangannya dapat terus membimbing seluruh siswa dengan segala tantangannya. Terima kasih kami ucapakan kepada seluruh orang tua yang telah mempercayakan putra-putrinya selama tiga tahun sekolah di SMP Laboratorium Jakarta. Hari ini kami kembalikan putra putri Bapak Ibu untuk dilanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi. Segala pembiasaan yang baik seperti shalat duha, menghafal Al Quran dan shalat berjamaah tetap diistiqomahkan dalam kehidupan sehari-hari.

Selanjutnya sambutan dari Direktur Akademik Dr. Prima Sagita Setyowati, SE, M.Si. Beliau menyampaikan bahwa Covid-19 yang mengharuskan kita semua untuk belajar beradaptasi dalam mendidik anak-anak kita. Tentu ujian ini awalnya terasa sangat berat memaksa kita semua untuk berubah, memaksa kita untuk belajar dan memahami tahap perkembangan anak-anak kita melalui cara yang tidak biasa. Orang tua pasti berat karena harus bekerja mendampingi anak-anaknya belajar dari rumah.

Tugas yang selama ini di lakukan oleh bapak dan ibu guru di sekolah SMP laboratorium Jakarta, terpaksa harus dilakukan oleh orang tua di rumah. Akan tetapi bapak Ibu sekalian dalam setiap ujian dan musibah, Allah selalu memberikan pembelajaran yang dapat kita ambil hikmahnya. Salah satunya memberikan kesempatan bagi kita semua untuk dapat lebih mengenal anak-anak kita. Kita bisa meneliti sampai dimana tahap perkembangan mereka. Kita bisa meneliti apakah usia kronologisnya sudah sesuai dengan usia biologisnya. Kita juga memperhatikan cara belajar yang efektif dan efisien bagi mereka. Meneliti cara dan minat belajar mereka serta jika ada sikap dan perilaku yang perlu diperbaiki bisa langsung kita contohkan kepada mereka.

Saya selaku direktur akademik mengapresiasi kepada seluruh orang tua wali murid yang selama ini telah meluangkan waktu dan tenaganya untuk dapat mendampingi dan membantu anak-anak belajar dari rumah. Serta saya memohon maaf yang sebesar-besarnya karena keterbatasan kami guru-guru SMP laboratorium Jakarta yang masih terus beradaptasi dan masih mempelajari cara yang paling efektif untuk tetap memberikan pembelajaran dari jarak jauh (PJJ).

Terima kasih atas kepercayaan bapak dan Ibu yang sudah mempercayakan pendidikan anak-anak bapak Ibu sekalian di SMP laboratorium Jakarta. Walaupun raga terpisah oleh jarak mudah-mudahan tujuan pendidikan tetap bisa tercapai. Bapak dan ibu sekalian tidak ada dunia yang sempurna setiap pilihan pasti ada konsekuensi risiko tertentu. Begitu juga sistem pendidikan yang ada di sekolah kami, tentu masih ada kekurangan dan hal-hal yang perlu diperbaiki. Oleh karena itu di hari yang mulia ini saya mewakili seluruh guru dan karyawan memohon maaf yang sebesar-besarnya apabila selama anak-anak belajar bersama kami ada hal-hal yang kurang berkenan di hati bapak dan ibu sekalian.

Demikian yang bisa saya sampaikan mudah-mudahan anak-anak kita kelak dapat menjadi anak-anak yang memiliki akhlak yang mulia, anak-anak yang pandai belajar dan cinta belajar dan menjadi anak-anak yang memiliki kecerdasan majemuk, bermanfaat bagi agama dan negara serta menjadi pahala jariyah bagi kedua orang tua.

Selanjutnya sambutan dari Ketua Yayasan Pendidikan Acprilesam dr. Satria Ghaibi Saputra, M.Si. Beliau menyampaikan pentingnya mengikuti program pendidikan minimal 12 tahun terhitung dari SD sampai SMA dan dilanjutkan ke perguruan tinggi. Jangan sampai berhenti belajar selama hidup kita, bahkan ada ungkapan mengatakan bahwa tuntutlah ilmu walau ke negeri china. Setelah kita belajar, maka kewajiban selanjutnya adalah mengamalkan semua ilmu yang diperoleh. Ketahuilah bahwa saya dulu juga alumni dari SMP Laboratorium Jakarta dan sekarang saya sudah menjadi dokter, maka ilmu yang saya peroleh ini akan saya amalkan untuk membantu masyarkat mengobati berbagai penyakit yang mereka alami. Demikian juga kalian setelah mendapatkan ilmu apa saja, amalkanlah dalam kehidupan, agar hidup membawa arti bagi orang lain. Dalam Islam diajarkan bahwa ‘ilmu tanpa amal bagaikan pohon tanpa berbuah. (Mar)

Bekasi, 8 Dzulqa’dah 1442 H/19 Juni 2021 M

LAINNYA

- Advertisment -

Khutbah
Khutbah Terbaru & Terlengkap

Terpopuler

#1

#2

#3

#4

#5

Kolom
Kirim Tulisan Anda Ke Kami