Kisah Inspiratif : 24- Akibat Malu Seorang Pemuda & Umar ibn Al-Khattab

Diceritakan bahwa Sayyidina Umar Khalifah kedua dalam Islam berjalan menelusuri gang-gang di kota Madinah, tiba-tiba seorang pemuda terlihat dari kejauhan mendekat dan berpapasan, dan di dalam baju pemuda tersebut tersimpan sebuah botol minuman keras (khamar), lalu Umar berkata;” Wahai anak muda, ada apa di dalam bajumu?”, pemuda itu pun berkata dalam dirinya Ya Allah tolonglah jangan Engkau permalukan aku di hadapan Umar, jangan pula engkau buka aibku ini, tutupilah ya Tuhanku, maka aku tidak akan pernah meminum khamar setelah ini dan pemuda itu menjawab: ”Wahai Amirul Mukminin, botol yang aku bawa ini adalah cuka, Umar meminta untuk diperlihatkan dan pemuda itu membuka serta memberikan botolnya kepada Umar dan ternyata benar-benar telah terjadi pertolongan Allah, minuman keras (khamar) telah berubah menjadi cuka”.

Lihatlah bertapa ajaibnya, seorang makhluk (pemuda) bertobat karena makhluk (Umar bin Al-Khattab), Allah menggantikan khamar dengan cuka, ketika Allah menilai tobatnya pemuda tersebut benar-benar ikhlas. Maka sekiranya seorang pelaku maksiat benar-benar bertobat kepada Allah dengan tobat Nasuha, maka Allah pasti mengampuni semua kesalahan yang telah dilakukannya.

Inspirasi dari cerita tersebut ialah, seorang yang melakukan kesalahan, jika dia kembali kepada Allah (bertobat), maka tidak ada dosa besar apalagi kecil yang tidak dimaafkan oleh Allah. Syarat utama tobatnya ialah sadar, menyesal dan berniat untuk tidak lagi melakukan kesalahan yang sama pada waktu-waktu mendatang.

Namun jika kesalahan (dosa) yang kita lakukan berdampak sosial, maka diperlukan klarifikasi dan mengembalikan hak-hak orang banyak yang telah di eksploitirnya. Namun jika tidak dapat mengembalikan hak-hak orang lain, maka hendaklah meminta pertolongan dari Allah dan berdoa untuk mereka yang telah dizaliminya.

LAINNYA

- Advertisment -

Khutbah
Khutbah Terbaru & Terlengkap

Terpopuler

#1

#2

#3

#4

#5

Kolom
Kirim Tulisan Anda Ke Kami